banner-detik
SELF

Pentingnya Minum Air Putih di Pagi Hari, Termasuk Bikin Kurus!

author

Katharina Menge21 Dec 2022

Pentingnya Minum Air Putih di Pagi Hari, Termasuk Bikin Kurus!

Minum air putih punya segudang manfaat, apalagi jika dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Salah satunya bikin tubuh jadi lebih kurus!

Minum air putih di pagi hari adalah hal yang penting untuk dilakukan. Itu karena air adalah nutrisi penting dan tubuh tidak bisa memenuhi kecukupannya sendiri. Butuh bantuan dari sumber eksternal, yaitu makanan dan minuman yang menghidrasi, untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan tetap sehat.

Sudah jadi rahasia umum kalau 60 persen tubuh manusia terdiri dari air, dan jumlahnya berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi.

Sayangnya, Dr William W. Li, M.D., dokter dan penulis buku Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself, megatakan bahwa tubuh manusia secara alami akan kehilangan air setiap hari melalui beragam proses normal, seperti buang air kecil, berkeringat, dan bahkan menghembuskan napas.

Untuk itu, penting sekali memenuhi kecukupan air harian dengan minum banyak air. Bukan hanya untuk itu, minum air punya banyak manfaat penting lainnya untuk tubuh, terlebih jika dilakukan di pagi hari.

BACA JUGA: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga, Salah Satunya Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri minum air putih di pagi hari, terlebih saat baru bangun tidur. Manfaat yang diberikan sangat maksimal, lho. Berikut Mommies Daily rangkum aneka manfaatnya!

1. Meningkatkan energi di pagi hari

Banyak orang sudah mencoba menerapkan untuk memulai hari dengan meminum air dingin ternyata bisa membantu tubuh lebih segar dan berenergi. Terlebih, dehidrasi yang bisa terjadi secara alami saat tidur bisa membuat tubuh jadi lelah dan pusing.

Mengisi ulang tubuh dengan segelas air di pagi hari bisa membantu mencegah dehidrasi dengan mendorong proses rehidrasi, atau memastikan jaringan dan organ tubuh mendapatkan cairan yang dibutuhkan secepatnya.

2. Tingkatkan mental dan konsentrasi

Minum air putih di pagi hari membantu memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas di sepanjang hari. Menurut Casey Kelley, M.D., ABoIM, pendiri dan direktur medis dari Case Integrative Health, dehidrasi juga terkait dengan kabut otak dan sakit kepala.

Jadi, minum segelas air putih adalah cara pertama yang bagus untuk meningkatkan kinerja mental. “Bahkan dehidrasi ringan dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek, jadi jika Anda ingin tetap tampil prima, minumlah segelas air itu,” tambah Dr Kelley.

3. Melembapkan kulit

Kulit mengandung sekitar 30% air, yang membantunya terlihat lebih segar dan lembap. Namun, sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin memiliki efek positif pada fisiologi kulit. Kondisi kulit kering juga bisa terhindar dengan rutin konsumsi air putih, terlebih di pagi hari.

4. Melancarkan pencernaan

Punya masalah pencernaan? Atau sulit buang air besar? Maka minum air putih tiap pagi adalah jalan keluarnya. Menurut Dr. Kelly, sangat disarankan untuk minum air putih hangat saat pagi.

“Itu karena air hangat berpotensi memecah makanan yang dimakan selama dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan air dingin,” jelasnya. Kalau tidak suka minum air hangat, maksimal hindari mengonsumsi air dingin untuk diminum di pagi hari.

5. Menurunkan berat badan

Dengan rutin minum air di pagi hari ternyata juga bisa melancarkan pencernaan, lho! Ketika air masuk ke dalam tubuh, dia akan memecah dan mendorong nutrisi sehingga menjadi ampas.

Ketika perut kosong dan kemudian Mommies minum air putih, maka akan terjadi proses pelepasan ampas yang optimal, yang secara jadi memperbaiki sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar akan membuat tubuh berada pada berat badan yang optimal.

Untuk bisa mendapatkan manfaat minum air di pagi hari yang maksimal, konsumsi air mineral yang mengandung mineral esensial di dalamnya, yang bermanfaat mengoptimalkan proses kerja organ-organ tubuh.

Mommies bisa coba konsumsi Le Minerale, yang mampu memenuhi kebutuhan air mineral sekeluarga.

Pengemasannya menggunakan teknologi Mineral Protection System, untuk melindungi kandungan mineral alaminya. Kandungan mineral di dalamnya juga bikin airnya terasa lebih segar sehingga bisa membuat keluarga jadi suka minum banyak.

Tak hanya itu, mineral esensialnya juga bantu optimalkan proses kerja organ-organ tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, seperti sembelit, kembung atau sakit perut, hingga diare.

BACA JUGA: Khawatir akan Air di Indonesia yang Tercemar? Ini Solusinya!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan