banner-detik
SPONSORED POST

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga, Salah Satunya Minum Air Putih

author

Dhevita Wulandari14 Dec 2022

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga, Salah Satunya Minum Air Putih

Menjaga kesehatan ginjal keluarga bisa dilakukan mulai dari hal kecil yang sehari-hari kita lakukan. Misalnya seperti minum air putih yang cukup.

Semenjak marak terjadinya kasus ginjal pada anak-anak, banyak orang tua yang semakin membuka mata dan menyadari betapa pentingnya kesehatan ginjal. Tidak hanya bagi anak, tapi juga penting bagi diri sendiri.

Sebagai salah satu organ terpenting di dalam tubuh, ginjal berfungsi untuk menyaring sekitar 200 liter darah per hari, membuang limbah seperti racun, hingga mengatur tekanan darah dan tingkat garam yang terdapat dalam darah.

Karena peran ginjal sangat vital dalam kehidupan seseorang, maka menjaga dan merawat kesehatan ginjal penting sekali untuk diperhatikan dan dilakukan. Ada beberapa cara yang Mommies bisa lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal keluarga seperti berikut ini.

1. Cek dan deteksi ginjal

Agar lebih jelas mengetahui kondisi kesehatan ginjal di dalam tubuh, ada baiknya Mommies dan keluarga melakukan pengecekan ginjal ke rumah sakit atau klinik kesehatan. Cek dan deteksi ginjal dapat dilakukan dengan beberapa prosedur pemeriksaan, seperti tes urine dan tes darah. Dengan cek kesehatan ginjal, Mommies bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal, mencegah ginjal mengalami gangguan, serta memperlambat tingkat keparahan jika terdapat gangguan atau penyakit.

BACA JUGA: Jenis Tes Kesehatan Ginjal yang Perlu Dilakukan dan Kisaran Biayanya!

2. Makan makanan yang sehat

Tubuh perlu vitamin dan mineral yang cukup untuk tetap sehat. Makan makanan yang sehat ini juga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal keluarga. Sehingga, makanan dengan gizi seimbang dan menjalani gaya hidup sehat sangat perlu diterapkan. Cobalah mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian setiap hari. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, asin, dan tinggi natrium seperti mie instan, minuman kemasan, dan lain-lain.

3. Jaga berat badan ideal

Mommies tentu sudah memahami berat tubuh yang berlebih bisa membawa dampak buruk pada kesehatan tubuh. Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal, lho! Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Mommies dan keluarga dapat melakukan olahraga ringan dengan teratur seperti berjalan kaki atau berenang, cek indeks massa tubuh (BMI), dan hindari makanan tinggi natrium.

4. Jangan merokok dan minum alkohol secara berlebihan

Sebagian orang dewasa yang juga merupakan orang tua menganggap rokok dan alkohol dapat menenangkan perasaan dan pikiran. Tapi tentu saja kedua aktivitas ini tidak baik bagi kesehatan tubuh, apalagi kesehatan ginjal. Terlalu banyak merokok dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah terlambat tersebar ke seluruh tubuh, termasuk ginjal. Sementara, terlalu banyak minum alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit ginjal.

5. Minum air mineral yang cukup

Kesehatan fisik, nutrisiyang cukup menjadi cara yang paling mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kebiasaan minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa membantu ginjal untuk berfungsi dan bekerja dengan baik. Melansir dari WebMD, air mampu membantu menghantarkan nutrisi penting ke ginjal dan memindahkan sampah ke kantung kemih dalam bentuk urine.

Jika tidak mengonsumsi air mineral yang cukup, proses penyaringan dan pemindahan sampah tersebut bisa terhenti dan menyebabkan munculnya penyakit pada ginjal. Kurang minum air mineral juga bisa menyebabkan urine menjadi berwarna kuning hingga lebih gelap. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadi batu ginjal dan infeksi. Namun kadang, kita sulit untuk minum banyak, karena rasa air yang membuat eneg. Oleh karena itu, Anda bisa memilih air mineral dengan kandungan mineral essensial yang membuat rasa segarnya berbeda, seperti Le Minerale.

Foto: Le Minerale

Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih di Indonesia dengan kandungan mineral alami yang baik bagi tubuh. Airnya diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia, sehingga terjamin kebersihannya.

Baiknya lagi, didalamnya sudah terkandung mineral esensial yang mampu membantu mengoptimalkan proses kerja organ-organ tubuh dan menghindari tubuh dari gangguan kesehatan. Kesegaran khas mineral pegunungan membuat Le Minerale memiliki sedikit rasa manis.

Foto: Le Minerale

Belum cukup sampai di situ, Le Minerale memiliki kualitas premium dengan harga yang terjangkau. Mommies juga tidak perlu khawatir airnya palsu, karena Le Minerale memiliki sistem pengaman ganda, botolnya keras sebelum dibuka dan disegel. Tidak hanya dalam bentuk kemasan botol, Le Minerale juga tersedia dalam kemasan galon yang selalu baru, bening dan tutup kedap udara, sehingga bisa mencukupi kebutuhan minum air mineral yang sehat, bersih dan terjamin aman untuk keluarga.

BACA JUGA: 7 Makanan yang Baik untuk Rawat Kesehatan Ginjal Anak

Cover image: master1305 on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan