banner-detik
EDUCATION

10 Ekskul Unik yang ada di Sekolah

author

RachelKaloh17 Nov 2022

10 Ekskul Unik yang ada di Sekolah

10 ekskul unik ini ada di beberapa sekolah di Indonesia, lho, Mommies! Penasaran apa aja?

Nggak melulu basket, futsal, computer yang bisa anak pilih! Ternyata masih banyak, lho, ekskul unik yang ada di sekolah di Indonesia. Apa aja, sih, dan, siapa tahu tersedia di sekolah anak-anak Mommies? 

Palang Merah Remaja

Sebetulnya, ini tidak unik, hanya sepertinya justru sudah jarang terdengar ada di sekolah-sekolah. Padahal, dengan mengikuti ekskul ini anak bisa mempelajari lebih dalam tentang pertolongan pertama. Tidak sedikit, lho, anak yang punya jiwa penolong, apalagi menolong orang sakit. Ekskul ini bisa membantu ia mewujudkan minatnya. 

Bisnis Online

Mommies nggak salah denger, ekskul ini beneran ada! Ya, tentu saja, lah, jaman sekarang ini anak saja sudah jauh lebih pintar mengoperasikan tab. Gak hanya buat nonton Youtube, tapi mereka bahkan sudah mahir bermain game. Maka, bukan tidak mungkin untuk anak bisa belajar bisnis online dan merealisasikannya. Bahkan, ekskul ini juga membekali anak cara menarik pelanggan tanpa tatap muka, lengkap dengan aplikasi yang memudahkan mereka berjualan online. Keren, ya!

Membatik

Senang, ya, mendengar kalau membatik ini ternyata masih ada ekskulnya, meski hanya diterapkan di berbagai sekolah di daerah. Padahal, dengan kemampuan membatik ini, anak juga bisa belajar untuk berwirausaha, lho. Apalagi batik adalah ciri khas Indonesia. Kalau saja anak bisa menjualkan via online, bukan tidak mungkin ia bisa berjualan sampai ke luar negeri. 

Community Service

Alias Pengabdian Masyarakat. Saya pun sempat bingung pertama kali membacanya, tapi, ekskul ini memang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, di mana anak akan belajar untuk melatih kepeduliannya terhadap sesama. Mereka akan melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti mengunjungi dinas sosial, panti asuhan, panti jompo, maupun berkumpul bersama anak-anak jalanan. Kalau ada di sekolahnya, kira-kira anak minat, nggak, Mommies?

Peduli Lingkungan

Ekskul ini berpusat pada perhatian terhadap lingkungan. Mengingat permasalahan lingkungan, seperti pemanasan global dan pertumbuhan ekononi banyak yang menggerus bahkan merusak alam, anak-anak dilatih untuk membangun cara pikir dan mendorong kontribusi nyata terhadap perbaikan di lingkungan sekitar sekolah. Keren, ya!

Robotik

Sudah banyak sekolah yang menyelenggarakan ekskul robotik ini, memang. Mungkin Mommies juga sudah paham apa saja yang dipelajari anak di ekskul ini. Ilmu robotik ini adalah sebetulnya merupakan cabang dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, biasanya ini tergantung pada ada atau tidaknya pihak yang mendukung sekolah, karena materi yang dibutuhkan cukup besar, sehingga membutuhkan dana lebih untuk merakit sebuah robot. Belum lagi kalau murid-murid harus mengikuti kompetisi dan lomba yang pasti membutuhkan bantuan dana. 

Baca juga: Kembangkan Bakat, Ini Rekomendasi Tempat Belajar Esports dan Kisaran Biaya

Coding

Selain Robotik, Coding juga merupakan ekstrakulikuler yang bisa anak ambil bila ia berminat mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menikmati bermain computer di rumah. Apalagi, kalau guru yang menyajikannya bisa mengemas materi pembelajaran dengan menarik, lewat games, mengulik aplikasi, bahkan ada juga yang menerapkan design thinking. Anak tidak hanya mahir sebagai pengguna gadget, tapi suatu saat mampu menciptakan aplikasi yang bertujuan positif, tentunya. 

Cosplay performance

Betul, di sini anak didukung untuk tampil menjadi cosplay karakter favorit mereka. Namun, tentunya dengan bimbingan dari pihak sekolah, ya, Mommies, artinya anak tidak diarahkan ke karakter yang tidak sesuai dengan usianya. Karena di luar sana, makin banyak juga kompetisi cosplay yang menawarkan hadiah yang menjanjikan, lho!

Podbox

Di sini, anak diajarkan untuk berpikir, membuat plan, dan berlatih berbicara. Seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali channel podcast yang bisa kita nikmati. Anak juga bisa, lho, membuat podcast, tetapi ia harus dibekali dulu cara yang tepat. Bukan hanya modal jago ngomong, tapi anak harus mampu membahas sebuah topik yang menarik dengan pengemasan kata-kata agar apa yang ia bicarakan bisa dinikmati orang lain tanpa bosan. 

Little herbalist

Di sini anak belajar tentang entrepreneurship, akan tetapi bisnisnya diarahkan kepada produksi dan penjualan produk herbal. Kebayang, nggak, Mommies? Nampaknya penting juga, nih, anak belajar membuat sesuatu dari bahan-bahan alami, mengingat sebenarnya negara kita ini kaya akan sumber daya alam. Kelak, anak juga akan terbiasa membuat sendiri kebutuhannya sehari-hari, dan tidak tergantung pada produk-produk dengan kandungan bahan kimia. 

Mommies penasaran sama ekskul yang mana, nih? Ada, nggak, di sekolah anak Mommies?

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Les Jarimatika dan Kisaran Biayanya

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS