banner-detik
LIFESTYLE

Kulit Berminyak dan Rentan Berjerawat Wajib Hindari 5 Kandungan Makeup Ini!

author

Katharina Menge26 Oct 2022

Kulit Berminyak dan Rentan Berjerawat Wajib Hindari 5 Kandungan Makeup Ini!

Jalan keluar untuk pemilik kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat adalah dengan menghindari aneka produk makeup berikut ini!

Setiap kulit wajah memerlukan perawatan yang berbeda, termasuk bagi para pemiliki kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat. Karena salah pilih produk justru malah membuat jerawat dengan mudahnya muncul atau breakout.

Sebagus-bagusnya sebuah produk makeup, tidak akan membawa keuntungan jika tidak cocok di kulit wajah. Selain kondisi wajah semakin parah, dompet pun juga terkuras.

Para ahli pun menyarankan bagi para perempuan yang punya kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat untuk menghindari beberapa kandungan bahan di dalam sebuah makeup, termasuk bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori.

BACA JUGA: 6 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kandungan Makeup yang Harus Dihindari Kulit Bermiyak

Lebih lengkapnya, intip aneka kandungan makeup yang sebaiknya dihindari oleh para pemiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat di bawah ini!

1. Minyak

Dikutip dari Byrdie, Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, dokter kulit bersertifikat, kalau kulit Mommies berminyak sebaiknya hindari pembersih wajah atau produk makeup yang mengandung minyak di dalamnya, termasuk minyak alami.

Beberapa produk, seperti cleansing oil atau cleansing balm seringkali memiliki kandungan minyak di dalamnya, seperti minyak kelapa, minyak alpukat, atau shea butter. Masih banyak juga orang yang menghapus riasan di wajahnya menggunakan mineral oil (baby oil) atau petroleum jelly.

2. Silikon

Kandungan silikon seringkali ditambahkan ke dalam primer. Primer yang membentuk lapisan di atas kulit bermanfaat untuk memberikan tekstur kulit yang lebih halus, menyamarkan pori-pori besar, dan juga hasil makeup yang waterproof.

Mengutip Vogue, pakar menyarankan agar perempuan yang memiliki kondisi kulit berjerawat dan berminyak yang cukup parah agar memilih primer dan pelembap berbasis air daripada varian berbasis silikon.

3. Alkohol

Ada banyak produk primer, tabir surya, dan setting spray mengandung alkohol, yang berguna untuk membantu mempertahankan formulanya sekaligus tidak berat di kulit wajah. Alkohol bahkan sering ditemukan juga di dalam cleansing toner usai memakai milk cleanser.

Namun, toner berbasis alkohol yang kuat hanya akan menghilangkan minyak di area kulit terluar, tidak sampai mendalam, dan bahkan bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Jadi, hindari aneka produk dengan kandungan alkohol jika ingin wajah berminyak dan rentan jerawat Mommies tetap sehat.

Untuk kandungan berikutnya, klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: 4 Kandungan Alami untuk Atasi Jerawat Selain Tea Tree

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan