banner-detik
SELF

7 Makanan yang Baik Untuk Rawat Kesehatan Ginjal Anak

author

Mommies Daily26 Oct 2022

7 Makanan yang Baik Untuk Rawat Kesehatan Ginjal Anak

Rawat kesehatan ginjal anak, berikut ini 7 makanan yang baik untuk merawat kesehatan ginjal anak.

Ditulis oleh: Putri Azzahra

Fenomena gagal ginjal akut pada anak telah tersebar di 26 provinsi di Indonesia. Pemerintah juga sudah mengeluarkan daftar obat sirup yang ditarik karena mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting pada kehidupan setiap orang. Organ tubuh yang satu ini berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah, mengatur sel darah merah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan memproduksi urin.

Saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun akan menumpuk dalam tubuh dan menyerang organ-organ vital lainnya. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal perlu memiliki pola makan khusus. Dengan peningkatan kasus gagal ginjal di Indonesia, tentu Mommies mau untuk memberikan pola makan gizi yang terbaik untuk anak agar memiliki ginjal yang sehat. Tidak usah khawatir, karena Mommies Daily sudah merangkum beberapa makanan untuk kesehatan ginjal anak. Yuk disimak.

1. Anggur Merah

Anggur merah merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan. Selain itu, anggur merah juga tinggi resveratol yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi dari diabetes. Nggak heran anggur merah jadi salah satu buah yang bagus untuk membantu mengobati penyakit ginjal.

2. Kale

Kale mengandung vitamin A dan C, kalsium, serta mineral yang dapat membantu fungsi normal organ ginjal. Selain itu kale merupakan sayuran yang mampu menjaga kesehatan ginjal karena mengandung rendah kalium.

BACA JUGA: 5 Gangguan pada Payudara Perempuan yang Sering Ditemukan, Kenali Sejak Dini!

3. Buah Apel

Buah apel  memiliki senyawa anti-radang yang dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal.. Apel juga tinggi akan antioksidan dan relatif rendah kalium. Jadi, buah apel baik untuk menjaga kesehatan ginjal anak, karena buah ini tidak akan memperberat kerja ginjal untuk memproses kalium.

4. Ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium dibandingkan  ayam dengan kulit. Maka ayam tanpa kulit masih dapat dikonsumsi untuk kesehatan ginjal anak karena memberikan tubuh protein berkualitas tinggi dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

5. Keluarga buah beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, hingga raspberry memiliki kandungan kalori rendah dan tinggi serat. Mengutip dari Cleveland Clinic, buah-buahan beri memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan sel termasuk jaringan ginjal.

6. Minyak zaitun

Penelitian di National Library of Medicine menunjukkan, konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, serta ginjal. Minyak zaitun juga kaya akan polifenol dan senyawa antioksidan yang mencegah peradangan dan oksidasi pada organ vital.

7. Ikan

Mengutip dari Cleveland Clinic, ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik dan memiliki asam lemak omega-3, hingga anti-inflamasi yang sehat. Asam lemak omega dikenal dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan tekanan darah yang kemudian memaksimalkan fungsi ginjal. Ikan jenis salmon, cod, dan tuna, secara alami rendah sodium sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal.

Selain makanan, jangan lupa untuk memberikan air putih yang cukup pada anak agar anak tetap terhidrasi dengan baik ya Mommies.

BACA JUGA: 8 Tanda Rambut Rontok Nggak Wajar

Cover photo: Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan