banner-detik
EDUCATION

SMP Millennia World School: Peduli Kesehatan Mental dan Didik Siswa Jadi Warga Digital yang Baik

author

Katharina Menge21 Oct 2022

SMP Millennia World School: Peduli Kesehatan Mental dan Didik Siswa Jadi Warga Digital yang Baik

Kalau Mommies butuh referensi SMP di daerah Tangerang Selatan, bisa intip Millennia World School, lho! Berikut reviewnya dari Mommies Daily!

Setiap sistem pendidikan kini menghadapi tantangan yang sama, yaitu mempersiapkan para siswanya, untuk tidak hanya pintar, tetapi juga mampu hidup di tengah masyarakat sosial dengan aneka karakter di dalamnya.

Melihat itu, Millennia World School (MWS) pun menawarkan metode pendidikan yang cukup berbeda, termasuk untuk jenjang SMP mereka.

Millennia World School memberikan pendekatan pengalaman belajar yang menyesuaikan perkembangan pendidikan yang ada. Dengan tujuan mengembangkan dan menginspirasi para siswa secara berkelanjutan, MWS juga membantu anak mengembangkan bakat, karakter, dan kemampuan diri mereka secara menyeluruh.

BACA JUGA: Biaya Masuk SD Tahun Ajaran 2023/2024 di Tangerang dan Tangsel

Bantu Anak Temukan Jati Diri

SMP Millennia World School punya visi agar para siswanya menjadi pembelajar berkelanjutan global yang mampu membuat perubahan untuk sekitarnya. Tidak hanya itu, di dalam perubahannya, setiap anak harus bisa menerapkan nilai kebenaran, penuh keindahan, dan juga tiap pengetahuan, kemampuan, dan tingkah laku mereka harus mengandung kebaikan.

Setiap anak juga didik untuk menemukan jati diri mereka, baik dalam bakat dan karakter, yang berguna untuk masa depan. Semua itu dilakukan lewat kurikulum dan metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lainnya.

MWS juga dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang proses pembelajaran terbaik. Mulai dari lingkungan yang aman dan hijau asri, euang kelas yang nyaman ber AC dan dukungan multimedia, perpustakaan, ruang ibadah, kitchen, UKS dengan suster, ruang art, Lab coding, Basket ball/Soccer Field, dan Mini Farm.

Penuh Aktivitas yang Membangun Kepala, Hati, dan Tangan

Di SMP Millennia World School, pembelajaran utamanya menjurus pada satu topik yang berisikan sebanyak mungkin mata pelajaran yang bisa diaplikasikan di dalamnya. Sehingga itu membuat anak-anak bisa belajar banyak hal dalam satu kesempatan.

Masing-masing pembelajaran utamanya juga sudah terstruktur dengan rinci sehingga para siswa harus mendengarkan, bekerja mandiri, ikut serta, dan berfikir dalam waktu yang berbeda-beda.

Aktivitas ini tentu akan membantu anak-anak membangun kemampuan kepala (intelektual), hati (perasaan), dan tangan (praktik) mereka.

MWS menggunakan Finnish Waldorf Framework yang terintegrasi dengan Kurikulum Nasional Indonesia. Mata pelajaran utama (Bahasa, English, Math, Science, dan Social) diajarkan dalam “blok pelajaran utama” selama dua jam tiap pagi, selama periode 3 sampai 6 minggu.

Peduli Kesehatan Mental Siswa

Kesehatan mental kini jadi salah satu hal yang banyak diperhatikan oleh orang tua dan pihak sekolah dalam tumbuh kembang anak-anak. MWS pun turut peduli akan hal tersebut dengan memiliki niche program Social Emotional well-being (mental Health).

Para siswa akan diajarkan untuk memahami kondisi sosial emosional dan kesehatan mental diri sendiri dan juga lingkungannya. Tak hanya itu, anak-anak juga diajak memiliki Social Responsibility agar mereka menyadari perannya di dalam lingkungan social dan turut berkontribusi aktif di dalamnya.

Satu lagi yang membuat MWS berbeda adalah di sini ada program Responsive Classroom di mana kelas yang merespon terhadap kebutuhan siswa baik secara akademik maupun sosial emosional.

Anak-anak juga dididik menjadi warga digital yang baik untuk menciptakan dunia digital yang aman dan nyaman bagi orang lain. Ini adalah bagian dari program Digital Citizenship yang juga bantu anak-anak punya kemampuan untuk menghadapi berbagai situasi dalam dunia digital.

Lewat program Compassion in Action, anak-anak juga diajak melakukan kebaikan untuk diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Millennia World School terintegrasi dengan organisasi gerakan dunia yang bertujuan untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik, mulai dari Compassion Charter, Iearn, TED-Ed, Common Sense, dan Taek Action Global.

Tak Ada Tes Masuk dan Tes Kenaikan Kelas

Di Millennia World School ternyata tidak ada tes masuk dan kenaikan kelas. Sekolah ini hanya melakukan tes diagnostik dan observasi yang tujuannya lebih untuk mengetahui kemampuan yang sudah dimiliki siswa dan kebutuhan dari masing-masing mereka.

Observasi ini bertujuan untuk sekolah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.

SMP Millennia World School
Alamat: Jl. Merpati Raya No.103, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413
Telp: 021 2274 6300, 0821 1150 7100
Website: www.millenniaws.sch.id

Biaya sekolah:
Uang Pangkal: Rp 25.500.000 (sudah termasuk seragam, kegiatan, karyawisata, dll)
SPP: Rp 2.980.000
Uang Tahunan: Rp 11.900.000 (pada saat naik kelas)

BACA JUGA: Biaya Masuk SD di Tangerang dan Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2023/2024

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan