banner-detik
LIFESTYLE

Hindari Peralatan Listrik Rusak Akibat Banjir, Ini Cara Penanganan Listrik di Rumah Saat Banjir

author

Mommies Daily21 Oct 2022

Hindari Peralatan Listrik Rusak Akibat Banjir, Ini Cara Penanganan Listrik di Rumah Saat Banjir

Waspada bahaya sengatan listrik saat banjir, berikut cara penanganan  listrik di rumah selama banjir.

Ditulis oleh: Putri Azzahra

Mommies, apakah daerah tempat tinggal Mommies diguyur hujan lebat belakangan ini? Jika iya, waspadalah karena banjir dapat membawa beberapa penyakit dan rawan bahaya dari sengatan listrik. Selain itu, Mommies juga harus pahami bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penangan listrik di rumah selama banjir berlangsung.

Baca juga: 10 Hal yang Wajib dilakukan Saat Ular Masuk Rumah dan Nomor Kontak Bantuannya

Image dari sini

Berikut cara penanganan listrik sebelum, saat, dan sesudah banjir berikut ini untuk Mommies

Sebelum Banjir

Jika Mommies tinggal di daerah yang memungkinkan akan terjadi banjir, segera cabut perangkat listrik dan matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) saat air mulai masuk ke dalam rumah. Jika memungkinkan, pindahkan barang/perangkat listrik ke tempat yang lebih tinggi di dalam rumah agar tidak terkena air. Bila aliran air listrik yang terkena banjir masih belum juga padam, segera hubungi contact center PLN di 123. Jangan lupa juga untuk menghubungi instansi penanggulangan bahaya banjir agar Mommies tidak terjebak banjir di rumah dengan volume air yang besar.

Saat Banjir

Saat banjir pastikan Mommies sudah melakukan evakuasi. Kemudian jangan menyentuh perangkat atau peralatan listrik yang berada dalam air. Waspada juga terhadap area di mana terdapat kabel di bawah air yang dapat menimbulkan resiko tersengat listrik dan jangan menyentuh atau bersentuhan dengan kabel listrik yang jatuh. Jika mengharuskan Mommies untuk melewati genangan air, gunakan sepatu boots atau sepatu yang kedap air agar terhindar dari resiko tersengat tegangan listrik. Jika menjumpai instalasi listrik yang berpotensi bahaya, beri tanda bahaya dan laporkan ke PLN di 123

Setelah Banjir

Setelah mendapat pengumuman bahwa kondisi sudah aman untuk kembali ke rumah, pastikan peralatan listrik Mommies sudah kering. Jika peralatan listrik Mommies masih ada yang basah, pastikan sudah diperiksa oleh teknisi dan dinyatakan aman. Sedikit uap air yang terperangkap di dalam peralatan listrik dapat menyebabkan kerusakan yang besar. Normalisasi listrik akan dilakukan oleh PLN jika area sudah siap dialiri listrik.

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan