banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

7 Tanda Anda Underpaid. Saatnya Minta Kenaikan Gaji!

author

dewdew17 Oct 2022

7 Tanda Anda Underpaid. Saatnya Minta Kenaikan Gaji!

Jangan sampai tanggung jawab makin besar, tapi gaji tetap kecil. Pelajari tanda-tanda Anda underpaid. Bicarakan segera pada atasan untuk penyesuaian gaji.

Sebagai working mom, mommies sudah merasa bekerja keras untuk penghasilan yang lebih baik. Tapi seberapa banyak, sih? Apakah menurut mommies penghasilan selama ini tidak sepadan dengan apa yang sudah dikerjakan? Berikut ini adalah beberapa tanda gaji Anda underpaid, alias nggak sepadan dengan tanggung jawab di kantor. 

Data online mengatakan demikian

Kalau mommies merasa underpaid, coba browsing tentang gaji rata-rata jabatan atau role yang kurang lebih sama dengan mommies.  Data online akan memberikan mommies informasi tentang berbagai pekerjaan di wilayah mommies dan gaji seperti apa yang bisa diharapkan. Dengan informasi ini, mommies bisa mendapatkan gambaran apakah penghasilan saat ini setara atau terlalu rendah.

Baca juga: 4 Masalah Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar

Gaji nggak sampai UMR (Upah Minimum Regional)

Pertama-tama ketahui dulu kalau UMR di tiap wilayah itu berbeda. UMR di wilayah mommies bisa jadi berbeda dengan UMR di kota lain seperti Bandung misalnya. Jika mommies merasa gaji yang dibayarkan rendah, cari tahu segera UMR di wilayah mommies sendiri.  

Rekan kerja gajinya lebih besar padahal tanggung jawabnya sama

Kalau yang ini, mungkin mommies harus pandai-pandai mencari tahu sebab tak semua kolega mau menjawab berapa gaji yang ia terima bila ditanya. Mungkin mommies bisa mencari info kisaran gajinya saja. Dengan begitu, mommies bisa mengetahui jika gaji kolega yang posisinya atau punya tanggung jawab sama bergaji lebih besar. 

Terbuka lowongan pekerjaan yang sama dengan gaji lebih tinggi

Rajin-rajin cek Linkedin perusahaan Anda bekerja. Biasanya HRD suka memposting lowongan pekerjaan di situ. Jika mommies menemukan lowongan pekerjaan dibuka yang posisinya setara dengan posisi mommies saat ini, sementara gaji yang ditawarkan lebih besar, bisa jadi itu tanda gaji Anda underpaid. 

Hasil evaluasi positif tapi gaji nggak naik-naik

Biasanya, nih, dalam periode tertentu mommies akan dievaluasi oleh atasan. Jika penilaian dari bos ternyata positif semua tapi tidak ada kenaikan gaji yang ditawarkan, padahal sudah waktunya, maka ini bisa jadi tanda underpaid. Jika Anda merasa pantas untuk naik gaji, bicarakan dengan atasan mommies. Gunakan ulasan kinerja positif sebagai bukti bahwa sudah waktunya mommies naik gaji.

Tanggung jawab tambah besar, tapi gaji tetap kecil

Pusing, ya, kalau atasan nambah-nambahin tanggung jawab tapi gaji dikurang-kurangin. Idealnya tambah tanggung jawab, posisi naik, gaji pun menyesuaikan. Bukan sebaliknya. 

Gaji segitu-segitu aja, padahal perusahaan berkembang

Sebuah perusahaan yang sukses harus menghargai karyawannya dengan memberikan gaji yang sesuai. Terutama ketika perusahaan berkembang dengan baik dan pesat. Itu artinya Anda adalah bagian dari kesuksesan tersebut. Tapi jika ternyata gaji segitu-segitu aja sementara perusahaan menghasilkan keuntungan, ini bisa jadi tanda gaji mommies underpaid. 

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan