banner-detik
SELF

5 Gangguan pada Payudara Perempuan yang Sering Ditemukan, Kenali Sejak Dini!

author

Dhevita Wulandari13 Oct 2022

5 Gangguan pada Payudara Perempuan yang Sering Ditemukan, Kenali Sejak Dini!

Bagi perempuan, kesehatan payudara merupakan salah satu yang terpenting. Sudah seharusnya cek sejak ini agar bisa mencegah gangguan pada payudara sebelum terlambat.

Mengenali bentuk payudara sedini mungkin penting sekali dilakukan setiap wanita. Tujuannya adalah untuk mengetahui jika ada perubahan bentuk atau sesuatu yang terasa mencurigakan, sehingga bisa segera menghubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Hal ini juga diperlukan untuk menghindari risiko penyakit atau kelainan payudara.

Perubahan bentuk atau sesuatu yang mencurigakan bisa disebabkan oleh adanya kelainan pada payudara. Gangguan payudara yang sering ditemukan pada wanita dapat terjadi pada remaja putri hingga dewasa muda, bahkan juga pada wanita yang lebih tua.

Untuk mengetahui lebih awal dan meminimalisir terjadinya kelainan pada payudara yang lebih kompleks, dirangkum dari Boston Children’s  Hospital, berikut 5 gangguan pada payudara perempuan yang sering ditemukan.

1. Nyeri payudara

Nyeri payudara umumnya sering dikaitkan dengan pembengkakan jaringan payudara selama siklus menstruasi yang diakibatkan hormonal. Seringnya, gangguan ini terjadi pada perempuan dewasa muda yang mulai merasakan nyeri di sekitar waktu ovulasi yang berlanjut hingga awal siklus menstruasi.

Meski terasa nyeri, namun biasanya sensasi nyeri yang terasa di daerah ketiak hanya akan muncul pada salah satu payudara saja. Jika Mommies merasakan nyeri seperti ini tetapi tidak sedang dalam masa menstruasi, maka ini bisa saja disebabkan adanya infeksi atau cedera pada payudara.

2. Kista

Mengutip dari Mayo Clinic, kista payudara adalah kantung berisi cairan di dalam payudara yang tidak bersifat kanker, menurut Mayo Clinic. Gangguan ini biasanya terjadi pada wanita yang lebih tua, tetapi terkadang dapat ditemukan pada remaja.

Kista dapat terasa lunak atau keras, dan ketika berada di dekat permukaan payudara, kista dapat terasa seperti lepuh besar yang halus di bagian luar tetapi berisi cairan di bagian dalam. Namun, bila sudah tertanam dalam di jaringan payudara, kista bisa terasa seperti benjolan keras karena tertutup oleh jaringan.

3. Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah benjolan dengan berbagai ukuran yang dapat tumbuh di mana saja di jaringan payudara. Juga dikenal sebagai tumor payudara non-kanker, penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit dan mudah diraba. Fibroadenoma paling sering terjadi pada wanita di usia remaja dan awal dua puluhan, tetapi ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada wanita dari segala usia.

Untuk mengetahui gangguan pada payudara lainnya, Mommies bisa baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Jenis Tes Kesehatan untuk Memeriksa Kondisi Payudara dan Kisaran Biayanya

Cover image: Photo by Anna Shvets on Pexelsg

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan