banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Tips Membuat Anak Bahagia, Pastikan Lakukan Hal-hal Ini

author

Dhevita Wulandari11 Oct 2022

7 Tips Membuat Anak Bahagia, Pastikan Lakukan Hal-hal Ini

Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan baik dan bahagia. Ini beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk membuat anak bahagia.

Kebahagiaan seorang anak pertama kali ditemukan dalam lingkungan keluarga. Dan pastinya semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh dengan bahagia, Oleh karena itu, kedua orang tua harus menciptakan lingkungan rumah yang menyenangkan, agar anak bisa mendapatkan emosi positif setiap hari.

Menurut Dr. Bob Murray, penulis Raising an Optimistic Child: A Proven Lifetime Antidepressant Program, sebuah penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa anak-anak yang bahagia dan optimis adalah hasil dari keluarga dan rumah yang bahagia.

Tentunya ada banyak cara untuk membuat anak bahagia. Melansir dari Parents, ini rangkuman tips agar anak tumbuh bahagia

1. Tumbuhkan koneksi

Cara paling efektif untuk menumbuhkan kebahagiaan emosional seumur hidup adalah dengan membantunya tetap terhubung dengan ibu, ayah, teman, tetangga, dan bahkan hewan peliharaan.

Menurut psikiater anak Edward Hallowell, MD, anak-anak yang menjalin hubungan merupakan kunci dari kebahagiaannya.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang melibatkan 90.000 remaja yang memiliki hubungan dengan perasaan dicintai, dipahami, diinginkan, dan diakui, membuat mereka jauh dari tekanan emosional, serta pikiran untuk bunuh diri.

2. Jangan memanjakan anak

Jangan coba-coba membahagiakan anak dalam jangka pendek ya, Mommies.. Agar tidak terlalu memanjakannya, sadarilah bahwa orang tua tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan anak.

Orang tua yang merasa bertanggung jawab atas emosi anak akan mengalami kesulitan untuk membiarkan anak tersebut merasa amarah, sedih, serta frustasi. Jadi, biarkan anak untuk memperbaiki perasaan dan mengembangkan emosinya sendiri.

3. Pujilah dengan benar

Penelitian secara konsisten menghubungi harga diri dengan kebahagiaan. Memuji anak karena melakukan hal yang baik dan benar bisa membuatnya merasa bahagia.

Untuk mengetahui tips lainnya, Mommies bisa baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Orang Tua, Kenali Tanda-tanda Kita Memaksakan Cita-Cita Kita ke Anak

Cover image: Photo by Agung Pandit Wiguna on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan