banner-detik
SELF

Tes Deteksi Dini Kanker Payudara Sekarang! Ini 7 Rekomendasi Tempatnya di Indonesia

author

Dhevita Wulandari05 Oct 2022

Tes Deteksi Dini Kanker Payudara Sekarang! Ini 7 Rekomendasi Tempatnya di Indonesia

Bagi perempuan, tes deteksi dini kanker payudara penting dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada payudara.

Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan pertama kanker tertinggi. Berdasarkan data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 16,6% dengan 68.858 kasus dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara, jumlah kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Dengan jumlah angka kematian yang tinggi, tentu saja kanker payudara sangat berbahaya dan harus diperiksa atau dideteksi sejak dini. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), kemudian dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) secara berkala oleh tenaga kesehatan profesional dan terlatih.

Bulan peduli kanker payudara ini juga bisa dijadikan momentum untuk para perempuan agar lebih sadar dan peduli dengan kesehatan payudaranya dengan mengecek ke dokter atau tenaga medis. 

Ini beberapa rekomendasi rumah sakit dan laboratorium yang bisa Mommies dan anak perempuan kunjungi untuk tes deteksi dini kanker payudara.

Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat

Rumah Sakit Dharmais sudah dikenal sebagai rumah sakit Pusat Kanker Nasional yang terletak di Jakarta. Selain merawat pasien-pasien pengidap kanker, rumah sakit ini juga menyediakan tes deteksi kanker payudara. Harga tes bervariasi berdasarkan jenis paket, mulai dari Rp600.000 – Rp3.800.000

Lokasi: Letjen S. Parman St No.84, RT.4/RW.9, Kota Bambu Selatan Palmerah, Jakarta Barat

Telepon: (021) 5681570

BACA JUGA: Hari Kanker Sedunia: Tes untuk Deteksi Gen Kanker dan Kisaran Biayanya di Indonesia

Rumah Sakit Siloam

Rumah Sakit Siloam menyediakan paket pemeriksaan skrining atau deteksi payudara dengan pemeriksaan kanker Ca 15-3 dan Mamografi/USG Payudara sesuai dengan kondisi peserta dan ketersediaan unit di masing-masing rumah sakit Siloam Group.

Untuk pemeriksaan mammografi hanya tersedia di Siloam Hospitals Lippo Village dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Sementara di lokasi lainnya hanya berupa USG Payudara. Harga tes mulai Rp1.750.000

Website: https://www.siloamhospitals.com/mcu/paket/1101

Mayapada Hospital, Jakarta Selatan

Rumah Sakit Mayapada juga menyediakan tes skrining kanker payudara. Tes yang disediakan antara lain USG Mammae dan USG Affinity Breast. Tes USG Affinity Breast punya kelebihan dibandingkan dengan tes USG Mammae karena bisa melihat gambaran payudara secara keseluruhan dan detail hanya dengan 1x pemeriksaan. Waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat.

Untuk biaya tes berbeda di setiap cabangnya. Berikut detailnya:

  • USG Mammae mulai dari Rp800.000 di Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Mayapada Hospital Kuningan, dan Mayapada Hospital Surabaya.
  • USG Mammae mulai dari Rp550.000 di Mayapada Hospital Bogor.
  • USG Affinity Breast mulai dari Rp1.250.000 di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.
  • Harga sudah termasuk konsultasi dokter dengan Dokter Spesialis Bedah atau BEdah Konsultan Onkologi.

Website: https://mayapadahospital.com/news/deteksi-dini-kanker-payudara-dengan-usg

Prodia

Prodia juga menyediakan tes antigen kanker 27,29 atau CA 27.29. Tes ini merupakan tes darah untuk mendeteksi antigen yang terkait dengan kanker payudara.

Bethsaida Hospital, Tangerang

Bethsaida Hospitals juga menyediakan pengecekan deteksi dini untuk kanker payudara dengan Mammografi dan USG Mammae.

Lokasi: Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav. 29 Curug Sangereng Kelapa Dua, Gading, Kec. Serpong, Tangerang, (021) 29309999

Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat

Untuk Mommies yang tinggal di sekitar daerah Jakarta Barat, Royal Taruma juga memiliki tes deteksi dini kanker payudara dengan menggunakan Mammografi dan USG.

Lokasi: Jl. Daan Mogot No.34 Jakarta Barat

Telepon: (021) 56967788, 56958338

Instagram: @rsroyaltaruma

Rumah Sakit Permata Keluarga Husada Grup

Rumah Sakit Permata Keluarga Husada menyediakan deteksi dini kanker payudara dengan menggunakan USG payudara. Metode ini menggunakan gelombang ultrasound untuk menghasilkan dan mendapatkan gambar yang diinginkan.

Selain itu, USG payudara salah satu jenis pemeriksaan yang rendah radiasi dan minim efek samping, serta lebih aman. Sehingga USG payudara juga dapat dilakukan pada ibu hamil, sedang menyusui, perempuan di bawah 25 tahun, dan orang dengan implan payidara silikon.

Lokasi: RS Permata Depok, Bekasi, Dalima Serpong.

BACA JUGA: 8 Jenis Kanker Anak yang Paling Sering Dialami Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Cover image: Photo by Anna Tarazevich on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan