banner-detik
LIFESTYLE

10 Rekomendasi Film Terbaik Membahas Kesehatan Mental

author

Mommies Daily05 Oct 2022

10 Rekomendasi Film Terbaik Membahas Kesehatan Mental
Kesehatan mental tidak boleh dianggap sepele. Memperingati bulan kesehatan mental, yuk belajar lewat 10 rekomendasi film terbaik membahas kesehatan mental berikut ini.
Ditulis oleh: Putri Azzahra

Cara kita untuk memahami dan belajar itu banyak sekali mediumnya. Salah satu medium yang bisa digunakan untuk edukasi adalah lewat film. Ternyata, ada beberapa film yang pernah kita tonton di bioskop maupun platform streaming yang membahas mengenai kesehatan mental.

Kalau Anda ingin kembali memahami mengenai kesehatan mental, 10 film ini bisa jadi rekomendasi untuk ditonton sendiri maupun bersama orang-orang terdekat bahkan keluarga sekalipun. Jika tertarik menontonnya, film-film ini sudah bisa ditonton diberbagai platform streaming kesayangan, berikut ini rekomendasinya.

All the Bright Places (2020)

Foto: All the Bright Places

Bercerita tentang Violet yang mengalami Post-Traumatic Disorder atau PTSD akibat masih terus merasa bersalah atas kecelakaan yang menyebabkan kematian kakaknya. Bertemu dengan seorang Theodore yang menderita depresi dan bipolar yang membuatnya selalu dikucilkan oleh teman-temannya. Violet dan Theo akhirnya berjuang untuk berdamai dengan masa lalunya masing-masing.

Film ini menyampaikan pesan kuat tentang bertahan dan terus menjalani hidup yang memberikan pelajaran lewat momen paling berharga dan singkat dalam hidup. Betapa pentingnya kekuatan satu tindakan yang dapat memberikan pengaruh terhadap seseorang.

Silver Linings Playbook (2012)

Foto: Silver Lining Playbooks

Membahas tentang kesehatan mental yang secara spesifik mengisahkan tentang penyintas bipolar. Film ini menggambarkan bagaimana keseharian para penderita bipolar di masyarakat, lengkap dengan ketidakstabilan emosi yang dialami. Film ini membantu kita mendefinisian kembali apa artinya memiliki penyikit mental dan menyoroti stigma ‘gila’ yang sering dilayangkan untuk orang dengan gangguan jiwa. Penyakit mental tidak hanya mempengaruhi individu tetapi juga orang-orang yang dicintai. Film ini juga memberikan gambaran tentang apa yang harus ditanggung sebuah keluarga ketika seseorang didiagnosis dengan gangguan kesehatan mental.

BACA JUGA: Rekomendasi Drama Korea Baru Bulan Oktober 2022, Siwon Kembali ke Layar Kaca!

To the Bone (2017)

Foto: IMDb

Rekomendasi film terbaik yang membahas tentang kesehatan mental adalah To the Bone. Ellen (Lily Collins) adalah seorang wanita berusia 20 tahun yang berjuang dengan anoreksia. Di tengah masalah keluarga dan ketakutan dirinya sendiri, dia diterima di sebuah rumah dukungan yang dikelola oleh seorang dokter. Melalui orang-orang yang dia temui dan perjalanan yang dia ambil, Ellen menemukan jalan penemuan dan penerimaan diri yang membawanya ke tempat yang mengejutkan yang tidak pernah dia pikirkan sebelumnya. Menonton film ini memberikan kita gambaran tentang bagaimana seseorang berjuang dengan anoreksia dan lika-liku proses penyembuhannya.

A Beautiful Day in the Neighborhood (2019)

Foto: IMDb

Belajar tentang pengampunan dan kasih sayang lewat film A Beautiful Day in The Neighborhood. Lewat film ini kita bisa belajar bagaimana Mr. Rogers berusaha untuk bersikap baik setiap harinya. Dari usaha dan niat baik yang konsisten, Mr. Rogers mengingatkan kita untuk bersikap baik dan menjalani hidup yang kita inginkan. Berbeda dari film yang mengangkat tema kesehatan mental yang didukung oleh kekerasan dan keputusasaan, film ini memilih untuk memberikan harapan. Harapan untuk percaya pada betapa baiknya orang-orang disekitar kita.

A Beautiful Mind (2001)

Foto: Wikipedia

Film biografi yang menyoroti kisah hidup seorang matematikawan asal Amerika Serikat, John Nash yang diperankan oleh Russell Crowe yang diketahui mengidap skizofrenia-paranoid. Penyakit mental tersebut perlahan menggerogoti hidup dan pikiran Nash karena ia kerap mengalami episode delusional yang cukup mengganggunya. A Beautiful Mind menggambarkan bagaimana naik-turunnya perjalanan kesehatan mental. Film ini berhasi menciptakan kesadaran global tentang penyakit mental skizofrenia dan menginformasikan kepada penonton bahwa meski dalam kondisi mental seperti apapun, penderita masih dapat berjuang mengatasinya.

Inside Out (2015)

Foto: IMDb

Film yang satu ini bisa ditonton bersama anak. Film garapan Disney Pixar menceritakan kisah tentang emosi pada seorang remaja bernama Riley. Sepanjang film, penonton dibawa untuk bisa memahami bahwa segala bentuk emosi itu penting untuk dirasakan. Kesedihan, marah, dan rasa sakit justru bisa menjadi penyeimbang emosi dan tidak boleh diabaikan, terutama di usia remaja saat anak sedang bertumbuh dan kesulitan untuk mengidentifikasi perasaanya. Lewat film ini, penonton akan diajak untuk memahami cara mengelola emosi dengan baik.

The Perks of Being a Wallflower (2012)

rekomendasi film terbaik

Foto: IMDb

The Perks of Being a Wallflower adalah film yang berlatar belakang seorang siswa SMA. Sebagai penonton kita diajak untuk melihat realita gangguan jiwa pada anak-anak usia SMA. Saat SMA mungkin adalah salah satu masa yang paling membuat frustrasi dan menantang dalam hidup kita. Film ini menunjukan kenyataan hidup melalui gangguan stres pasca-trauma membuatnya semakin sulit dan bagaimana rasanya harus berurusan dengan orang-orang yang tidak mengerti atau peduli untuk mengerti. Film ini mengingatkan untuk kita merayakan kisah yang membentuk hidup kita orang-orang yang membantu kita untuk bertahan lewat cinta yang mereka berikan yang dapat membantu kita menyembuhkan luka.

Ku Kira Kau Rumah (2022)

Foto: IMDb

Ku Kira Kau Rumah juga menjadi salah satu film yang mengangkat tentang isu kesehatan mental bipolar. Film ini menceritakan Niskala yang memiliki penyakit bipolar, kemudian ia bertemu dengan Pram yang kesepian dan melakukan apa-apa sendirian. Film ini tidak hanya memberikan kisah romantis antar remaja, tetapi juga mengangkat isu kesehatan mental yang menjadi salah satu permasalahan utama di jaman sekarang. Film ini menyajikan film yang emosional bagi penonton yang dibalut dengan isu kesehatan mental dan masalah keluarga yang dialami oleh kedua tokoh utama.

Soul (2020)

rekomendasi film terbaik

Foto: IMDb

Film animasi Soul ini dapat disaksikan bersama anak-anak dan ringan untuk dinikmati. Bercerita tentang Joy Gardner, seorang pianis jazz yang menemukan dirinya terjebak di ruang antara hidup dan mati. Film ini mengajarkan kita untuk menghargai kehidupan yang kita miliki dan menjalaninya dengan sepenuh hati setiap hari. Film yang mengharukan dan dieksplorasi dengan baik tentang makna hidup yang menyentuh hati.

Joker (2019)

rekomendasi film terbaik

Foto: IMDb
Rekomendasi film terbaik tentang kesehatan mental yang terakhir adalah Joker. Film yang satu ini memiliki trigger warning untuk beberapa orang. Film yang mengisahkan tentang ‘Joker’ sosok villain dari seri ‘Batman’. Film ini memberikan gambaran bagaimana seseorang yang mengalami kekerasan dan berbagai kejadian buruk akhirnya berakibat pada memburuknya kondisi mental sehingga tokoh utama dalam film ini mulai berubah menjadi orang jahat.BACA JUGA: Berencana Liburan ke Singapura bersama Keluarga? Ini Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel yang Bisa Dikunjungi

Cover image: Netflix

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan