banner-detik
SELF

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan dan Laki-laki

author

Sisca Christina28 Sep 2022

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan dan Laki-laki

Setiap pasangan punya merek kontrasepsi favorit masing-masing. Sebab, beda merek, beda efek, beda sensasi, walau tujuan akhirnya sama: mencegah kehamilan. Berikut rekomendasinya.

Bicara kontrasepsi, selalu berkaitan dengan preferensi. Ada pasangan yang lebih menyukai jenis kontrasepsi berupa pil KB, yang dikonsumsi sang istri. Ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan kondom oleh suami. Bahkan ada juga pasangan yang lebih sreg dengan proteksi ganda: menggunakan pil KB dan kondom.

Walau kondom dikenakan pria, tetapi para wanita seringkali ikut andil dalam memilih merek kontrasepsi kondom favorit. Jelas, karena demi kenikmatan bersama, tho? Memilih pil KB pun sekarang sudah didiskusikan bersama pasangan. Jadi, keduanya sama-sama aware dengan kontrasepsi yang digunakan oleh pasangan.

Buat mommies dan daddies yang masih bingung mencari merek kontrasepsi yang tepat, berikut kami berikan rekomendasinya, baik pil KB maupun kondom.

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit

Pil KB dipercaya punya efektivitas hingga 99% jika dikonsumsi dengan benar. Ada beberapa jenis pil KB, antara lain pil KB kombinasi, pil mini, pil KB darurat, pil KB konvensional ataupun pil KB extended cycle yang bisa memperpanjang jarak siklus menstruasi. Sebaiknya pilih yang sesuai kebutuhan mommies. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan.

Baca juga: Jenis-Jenis KB dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Rekomendasi Merek Pil KB

1. Andalan

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan

Salah satu merek pil KB terpopuler yang mudah didapat. Keunggulan pil ini yaitu nggak memicu kenaikan berat badan secara drastis serta kemunculan flek hitam. Tentu idaman para wanita, ya. Sebab, ada pil KB yang membuat berat badan atau kondisi kulit jadi berubah. Jika ingin membuktikan efektivitas pil KB Andalan, mommies bisa mencarinya di apotek. Harga sekitar Rp14.000.

2. Andalan Laktasi

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan dan Laki-laki

Jika mommies sedang menyusui, pil KB ini bisa jadi pilihan yang relatif aman. Dosis progesteronnya rendah sehingga nggak membuat ASI berkurang atau kering, dan nggak mengganggu kualitas ASI. Jadi, aman bagi mommmies dan bayi. Pil KB Andalan Laktasi bisa dibeli mulai dari Rp10.000.

3. Planotab

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan

Ini adalah pil yang disebut-sebut aman untuk penderita maag. Tabletnya dilapisi selaput gula tipis sehingga nggak mengiritasi lambung. Namun demikian, efek samping lainnya bisa saja terjadi, seperti berat badan bertambah, sakit kepala, mood swing, hipertensi hingga flek hitam pada wajah. Harganya sekitar Rp4.500 isi 28 tablet.

4. Yasmin

Ini adalah pil KB kombinasi yang mengandung hormon progestin dan estrogen berupa drospirenone 3 mg dan ethinyl estradiol 0.03 mg di dalam tiap tabletnya. Pil ini bekerja secara efektif untuk mencegah kehamilan dengan cara menghentikan pembentukan sel telur, sehingga sel telur tidak bisa bertemu dengan sel sperma. Selain mencegah kehamilan, pil ini juga bisa melancarkan haid. Pil KB Yasmin juga dapat mengurangi darah berlebihan dan nyeri saat haid hingga menurunkan risiko kista pada ovarium. Dibanding pil lain, harga pil KB Yasmin relatif mahal, yaitu Rp230.000.

5. Diane 35

Pil KB Diane 35

Merek kontrasepsi ini menggabungkan hormon progestin dan estrogen, yaitu cyproterone dan ethinyl estradiol. Manfaat pil KB Diane selain untuk mencegah kehamilan, yaitu untuk mengurangi jerawat. Namun ingat, jangan gunakan pil ini utamanya sebagai obat jerawat, ya. Harga pil ini yaitu  Rp148.000.

6. Elzsa

Pil KB Elzsa

Kalau mencari pil KB tanpa khawatir dengan efek samping, mommies bisa coba Elzsa. Kandungan kombinasinya yaitu hormon progesteron (cyproterone Acetate) dan hormon estrogen (ethinyl estradiol). Elzsa disebut-sebut mampu mengontrol siklus menstruasi, kulit wajah bebas jerawat, menjaga berat badan tetap stabil, mengurangi nyeri dan risiko kekurangan zat besi saat menstruasi. Harga Pil KB Elzsa mulai dari Rp60.000.

7. Microlut

Dengan kandungan progesteron berupa levonorgestrel sebesar 0,03 mg, merek ini cocok untuk mommies yang ingin mencegah kehamilan namun sedang menyusui. Obat ini juga cenderung aman untuk lambung. Keunggulan lainnya, pil ini bisa digunakan sebagai rutin maupun pil darurat. Harganya mulai dari Rp50.000-an.

8. Microgynon

Pil KB Microgynon

Merek kontrasepsi ini digolongkan dalam kategori pil KB darurat. Penggunaannya dikhususkan dalam situasi darurat, misalnya kondom sobek atau lupa minum pil KB rutin. Kandungan dua jenis hormon di dalam pil ini yaitu ethinyl estradiol dan levonorgestrel mampu mempertebal lapisan rahim agar sperma tidak bertemu dengan sel telur. Selain itu, pil kontrasepsi darurat ini juga mampu menonaktifkan sperma. Karena tujuannya untuk darurat, maka merek kontrasepsi ini nggak boleh diminum setiap hari. Harga mulai dari Rp19.000 isi 28 tablet.

9. Andalan Postpil

Rekomendasi Merek Kontrasepsi Favorit Untuk Perempuan dan Laki-laki - Andalan Postpil

Serupa dengan Microgynon, Andalan Postpil juga jenis pil KB darurat yang dikonsumsi dalam kondisi mendesak. Mommies bisa minum pil ini setelah berhubungan paling lambat 5 hari pasca berhubungan, sebanyak 2 tablet sekaligus. Semakin cepat diminum, semakin efektif. Andalan Postpil bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma juga dengan hormon progestin yang mampu mengentalkan lendir pada rahim sehingga mempersulit sperma memasukinya. Harga sekitar Rp30.000.

Baca juga: Lima Keunggulan Pil KB Sebagai Alat Kontrasepsi

Next: Rekomendasi Merek Kondom

PAGES:

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan