banner-detik
PARENTING & KIDS

Kapan Operasi Amandel Anak Harus Dilakukan? Ini Jawaban Dokter

author

Mommies Daily28 Sep 2022

Kapan Operasi Amandel Anak Harus Dilakukan? Ini Jawaban Dokter

Mommies khawatir kapan amandel anak harus operasi? Menurut dokter anak berikut adalah tanda-tandanya yang harus Mommies perhatikan!

Jika sudah pergantian musim seperti ini, menjaga daya tahan tubuh anak menjadi prioritas setiap orang tua agar anak tidak terkena virus dan bakteri sehingga menyebabkan penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri dan mudah terjangkit oleh anak-anak adalah peradangan amandel. Peradangan amandel ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri.

Peradangan amandel bisa memberikan efek ke organ tubuh yang lain, sehingga jika ada kecurigaan keganasan perlu dilakukan operasi amandel untuk diangkat. Jangan khawatir, Mommies Daily bersama dokter anak dr. Margareta Komalasari, Sp.A berbincang mengenai kapan operasi amandel pada anak harus dilakukan dan bagaimana efeknya.

BACA JUGA: Radang Tenggorokan pada Anak, Apa yang Mesti Diwaspadai?

Penyebab dan Gejala Peradangan Amandel

Peradangan Amandel merupakan perandangan pada kelenjar limfoid. Penyebab peradangan amandel pada anak dapat terjadi karena terdapat virus pada saluran pernafasan selain itu bisa disebabkan oleh bakteri. Selain itu ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi yaitu kekebalan tubuh, alergi, asap rokok, hingga makanan yang berminyak, pedas asam, dan dingin.

Gejala peradangan amandel pada anak biasanya diawali dengan batuk pilek disertai demam. Kemudian terasa ada yang mengganjal dan menimbulkan nyeri di bagian tenggorokan, nafas yang berbau, hingga disertai badan yang terasa ngilu.

Keluhan Amandel Tidak Bisa Disepelekan

Setelah melalui beberapa gejala di atas, biasanya rentang waktu untuk sembuh peradangan amandel ini adalah 3-4 hari tanpa pengobatan jika disebabkan oleh virus. Namun jika keluhan seperti panas dan keluhan lainnya semakin bertambah maka ada kemungkinan disebabkan oleh bakteri dan perlu diberikan obat seperti antibiotik dan anti radang pada anak.

Keluhan peradangan amandel tidak bisa kita sepelekan, loh, Mommies, karena bakteri streptococcus yang menyebabkan peradangan amandel ini bisa menyerang beberapa organ tubuh lain seperti gangguan radang pada ginjal, tidak nyaman dibagian sendi yang menyebabaan demam rematik dan rematik, radang pada jantung, dan peradangan pada telinga sehingga anak merasa nyeri pada telinga-nya.

Kapan Anak Harus Melakukan Operasi Amandel?

Tidak semua peradangan amandel perlu melakukan operasi amandel. Ada dua indikasi peradangan amandel yang perlu melakukan operasi amandel. Pertama, jika peradangan amandel di tenggorokan berulang tiga kali dalam setahun, adanya bau mulut yang menetap walaupun sudah dilakukan terapi.

Jika memiliki keluhan tersebut maka perlu diobservasi kembali apakah perlu atau tidak diangkat peradangan di tenggorokan yang memang mempunya carier dari bakteri streptococcus.

Sedangkan, jika Anak memiliki gangguan tidur seperti terhentinya napas yang berulang disela waktu tidur (sleep apnea), amandel bernanah, peradangan yang menyebabkan kejang demam maka perlu dilakukan operasi amandel jika ada kecurigaan keganasan peradangan amandel.

Agar ditangani secara optimal dan mendapatkan pengobatan yang maksimal, Mommies dapat membawa anak berobat ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan terdekat. Selain itu, untuk merawat agar terhindar dari peradangan amandel maka tingkatkan daya tahan tubuh Anak dengan cara tidur yang cukup, asumsi air putih sesuai kebutuhan, mengonsumsi vitamin, dan menjaga dari makanan berminyak, pedas asam, dan dingin.

BACA JUGA: Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Cara Cerdas dan Aman

Cover: Unsplash

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan