banner-detik
LIFESTYLE

Merasa Terlalu Kurus? Ini Cara Cepat dan Aman Menaikkan Berat Badan

author

Katharina Menge14 Sep 2022

Merasa Terlalu Kurus? Ini Cara Cepat dan Aman Menaikkan Berat Badan

Tidak hanya orang yang merasa tubuhnya gemuk dan ingin berubah, mereka yang merasa terlalu kurus juga ingin menaikkan berat badan supaya lebih berisi, lho!

Untuk beberapa orang mungkin menaikkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Sudah makan dalam porsi banyak dan mencoba aneka makanan, tetapi hasilnya tetap nihil. Selain tak ada perubahan, ada juga yang malah terus mengalami penurunan berat badan.

Lha, gimana? Niatnya mau menambah berat badan malah berujung semakin kurus!

Tenang, untuk Mommies yang merasa tubuhnya terlalu kurus dan mau menaikkan berat badan dengan cepat serta aman, maka wajib intip caranya di bawah ini!

BACA JUGA: Jenis Olahraga yang Tepat untuk si Obesitas dan si Kurus

Cara Cepat dan Aman Menaikkan Berat Badan

Kunci untuk menaikkan berat badan adalah dengan tidak asal-asalan makan dan harus memantau apa yang dikonsumsi. Lebih lengkapnya lihat cara berikut ini!

1. Meningkatkan kalori

Karena tubuh terlalu kurus dan berat badannya kurang berarti Mommies perlu menambah kalori lebih banyak. Dikutip dari Healthline, bila ingin menaikkan BB dengan santai, maka bisa menambah 300-500 kalori, tetapi jika ingin lebih cepat maka bisa menambahkan 700-1000 kalori.

Namun penting juga untuk memilih asupan makanan tinggi kalori yang sehat, seperti alpukat, kacang almond, dan daging tanpa lemak. Walau pun makanan cepat saji dan tinggi gula juga bisa menaikkan berat badan, tetapi Mommies perlu hati-hati karena di banyak risiko penyakit yang bersembunyi di belakangnya, mulai dari obesitas, diabetes, hingga kolestrol tinggi.

Jika Mommies masih kerepotan dalam mempersiapkan deretan makanan di atas, coba akali dengan makan lebih sering dari biasanya tapi dalam porsi kecil, misal yang awalnya hanya tiga kali jadi 4-5 kali sehari.

2. Konsumsi minuman padat kalori

Selain dari makanan, Mommies juga bisa mendapat asupan nutrisi yang padat kalori dari minuman, lho. Dikutip dari Livestrong, asupan cair ini sangat berguna ketika Anda mencoba menambah berat badan. Apalagi perut tidak harus bekerja keras untuk mencerna cairan seperti halnya makanan padat.

Namun bukan berarti Anda harus memblender semua bahan makanan sampai cair dan meminumnya, ya. Kini sudah tersedia minuman penambah berat badan instan yang bisa langsung diseduh dan dikonsumsi. Atau Anda bisa mencoba aneka minuman padat kalori lainnya yang lebih sehat, seeprti susu, smoothies, jus, hingga yoghurt.

Untuk melihat cara selanjutnya klik DI SINI!

BACA JUGA: 5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS