banner-detik
EDUCATION

5 Tips Memilih Guru Privat dan Rekomendasinya

author

dewdew11 Sep 2022

5 Tips Memilih Guru Privat dan Rekomendasinya

Guru privat bukan cuma membantu anak membuat PR, atau mengerjakan ulangan. Tapi juga menemukan cara belajar yang tepat. Ini dia tips memilih guru privat.

Pada dasarnya ada banyak pertimbangan bagi orangtua untuk akhirnya memutuskan menyewa jasa guru privat demi membantu anak-anak belajar. Bisa jadi apa yang diajarkan di sekolah belum bisa sepenuhnya dipahami, sehingga anak butuh tambahan di luar jam sekolah. Bisa juga untuk drilling anak dalam menghadapi ujian masuk universitas, atau bahkan SMP, SMA swasta favorit. Kenapa nggak di lembaga bimbingan belajar? Mungkin guru privat dirasa lebih nyaman. Nggak semua anak cocok juga belajar di lembaga bimbel beramai-ramai, kan? Jika memang mommies ada rencana untuk menyewa jasa guru privat demi membantu anak belajar, pelajari dulu tips memilih guru privat ini, ya.

Pastikan kualifikasi guru privat

Kualifikasi dan keterampilan guru privat sangat penting. Mommies harus memastikan bahwa guru privat memiliki kredensial, atau istilahnya punya pengalaman yang diperlukan untuk membantu anak. Syukur-syukur mereka lulusan jurusan mata pelajaran yang diajarkan. Misal dalam pengajaran Bahasa Indonesia, calon guru privat merupakan lulusan Sastra Indonesia, Sarjana Linguistik, atau Sarjana Pendidikan.

Punya pengalaman mengajar

Pastikan calon guru privat memiliki pengalaman mengajar, dalam hal ini mengajar anak dengan usia yang sesuai dengan anak mommies. Misal untuk guru privat SD, ya, sebaiknya punya pengalaman mengajar anak SD juga, bukan mengajar anak di jenjang atas.

Dapatkan rekomendasi

Alangkah baiknya jika mommies mendapatkan rekomendasi guru privat dari orangtua lain, atau bahkan guru. Hal ini akan memudahkan mommies untuk melihat apakah calon guru privat tersebut cocok dengan gaya belajar anak, atau misalnya sudah terbukti kepiawaiannya membantu anak belajar di sekolah. Mommies juga bisa ancer-ancer budget dari rekomendasi tersebut. Saat ini juga banyak situs yang menyediakan layanan guru privat lengkap dengan review serta rekomendasi dari orangtua, bahkan murid itu sendiri.

Minta sesi trial

Jika memungkinkan, diskusikan dengan calon guru privat bahwa mommies menginginkan adanya sesi trial terlebih dahulu. Perkara apakah sesi trial tersebut berbayar atau tidak itu tergantung kesepakatan. Di sesi trial ini mommies bisa memerhatikan cara calon guru dan anak berinteraksi satu sama lain. Mommies akan bisa melihat apakah dia orang yang tepat untuk mengajar anak atau tidak. Setelah sesi trial pun, mommies bisa berdiskusi dengan anak apakah ia cocok dengan gurunya.

Guru privat aktif

Bukan hanya mampu approaching anak, guru privat juga sebaiknya memberikan feedback pada orangtua. Bisa berupa evaluasi, report, atau ngobrol ringan tentang proses belajar anak. Jadi sebaiknya hindari memilih guru privat yang pasif, meski mungkin dia sangat ahli di bidang mata pelajaran yang diajarkan.

Baca juga: Usia Terbaik Anak Mulai Ikut Les

Rekomendasi guru privat

Gurulesprivat.co.id
Mommies bisa mencari guru privat sesuai dengan kebutuhan di situs ini. Apakah hanya sekadar untuk tambahan belajar, bisa juga untuk mempersiapkan anak menghadapi Olimpiade Matematika misalnya. Guru bisa datang ke rumah. Klik di sini untuk info detil.

Kak Dinal
S2 Jurusan Linguistik Universitas Indonesia
Berpengalaman mengajar Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sosiologi, terutama untuk UTBK. Klik di sini untuk menghubungi kak Dinal.

Mayang
S1 Akuntansi Universitas Sebelas Maret
Berpengalaman mengajar calistung untuk usia TK dan SD. Klik di sini untuk menghubungi Mayang.

Tiva
S1 Fisika Universitas Indonesia
Berpengalaman mengajarkan mata pelajaran Fisika dan Matematika untuk semua usia mulai dari SD hingga SMA, termasuk persiapan memasuki Perguruan Tinggi. Klik di sini untuk menghubungi Tiva.

Miftah
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip
Berpengalaman mengajar mata pelajaran Matematika dan Ekonomi untuk usia SD hingga SMA. Klik di sini untuk menghubungi Miftah.

Gusti
Pasca Sarjana Sosiologi Universitas Brawijaya
Memiliki pengalaman dalam mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk usia SD-SMA. Mendapat rekomendasi sangat baik dari murid-muridnya. Klik di sini untuk info detil.

Jessica
Memiliki pengalaman dalam mengajar seluruh mata pelajaran untuk anak usia SD hingga SMA. Hubungi +62 838-9885-4875 untuk info lebih lanjut.

Riri
Saat ini melayani les privat untuk seluruh mata pelajaran untuk anak usia SD hingga SMA. Hubungi +62 857-8200-6215 untuk info lebih lanjut.

Baca juga: Rekomendasi Les Balet Untuk Anak di Jabodetabek

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS