banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Nazyra C Noer: Quality Over Quantity Adalah Cara Saya Untuk Tetap Dekat dengan Suami dan Anak Saat Sibuk Bekerja

author

fiaindriokusumo07 Sep 2022

Nazyra C Noer: Quality Over Quantity Adalah Cara Saya Untuk Tetap Dekat dengan Suami dan Anak Saat Sibuk Bekerja

Nazyra C Noer, perempuan yang aktif di industri film sekaligus founder dari Poplicist, perusahaan yang bergerak di bidang publikasi film berbagi tips menjalani ragam peran di dalam hidupnya. 

Nazyra C Noer akrab dipanggil Bubu adalah anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Arifin C Noer dan Jajang Pamoentjak C Noer. Menjalani peran sebagai founder dari Poplicist, pemain film, pekerja seni sekaligus istri dari Michael Turangan serta ibu dari Hunter, Cache, dan Paloma. Di tengah kesibukannya, Nazyra berbagi cerita mengenai sosok inspiratif yang membuatnya menjadi seperti sekarang.

Dua kata yang sangat mewakili sosok Bubu adalah cerdas dan ramah selama perkenalan saya dengan perempuan modis ini. Berikut hasil wawancara saya Nazyra C Noer aka Bubu.

 

Siapa sosok yang menginspirasi Nazyra C Noer untuk menjadi perempuan bekerja dan kenapa?

Ibu saya. Karena ibu dulu selalu menjadi tangan kanan papa dan belum pernah bekerja sama sekali hingga papa meninggal Ibu dilahirkan dengan silver spoon dan ketika papa meninggal, mau tidak mau ibu harus mencari jalannya sendiri agar diakui sebagai pekerja di industri film Indonesia, karena saat itu ibu bertanggung jawab terhadap dua anaknya juga kan. Ibu menciptakan sendiri kesempatannya dengan me-lobby seorang produser India ternama untuk memberikannya kesempatannya membuat film atau FTV papa. Walau sempat ditolak, namun ibu tetap gigih berusaha selama 1,5 tahun hingga akhirnya mendapat kesempatan, dan ibu berhasil memenangkan Best Director untuk FTV tersebut.

Faktor apa saja yang menurut Bubu membuat perempuan mampu menjadi seorang pemimpin?

Determinasi, keberanian, integritas serta peduli.

Mengapa perempuan penting untuk menjadi mandiri?

Karena perempuan mampun untuk tidak bergantung. Bukan berarti kita lebih atau kurang dari laki-laki. Tapi karena kita semua sama. Mandiri dengan tetap saling menghargai dan mendukung.

Apa yang seorang Nazyra C Noer lakukan untuk mendukung perempuan untuk lebih maju?

Inklusifitas. Merangkul semua perempuan dan saling mengangkat, bukan menjatuhkan. Bersama, perempuan semakin kuat dan menguatkan.

Tiga support system terbaik yang membuat Nazyra C Noer bisa menjalani pekerjaan dan kesibukannya?

Keluarga yang tak berhenti mendukung. Teman-teman yang membuat kita berkembang serta lingkungan yang terus membuat kita bertumbuh dan mau belajar.

Tantangan besar untuk orang tua Indonesia saat ini dan bagaimana Anda menangani tantangan tersebut?

Anak-anak yang terlalu lengket dengan gadget. Teknologi pada dasarnya bagus, tapi kembali ke keseimbangan. Saya dan suami sebisa mungkin mengajak anak-anak untuk main di alam dan interaksi bersama tanpa gadget sebisa mungkin. Nggak mudah tapi harus terus diupayakan, ahahaha.

Di tengah kesibukan Anda menjadi perempuan, ibu dan juga istru, bagaimana tips mengatur waktu agar tetap memiliki hubungan berkualitas dengan anak dan suami?

Aku belajar dari bapak dan ibu mengenai quality over quantity.  Sejak kecil kami kan kerap ditinggal bapak dan ibu syuting ya, berbulan-bulan dengan lokasi yang jauh. Tapi, aku dan adikknya tidak merasa kekurangan perhatian, cinta dan kasih sayang. Kami memiliki masa kecil yang bahagia, memori kami tentang masa kecil kami ya happy. Dari sini  aku menerapkan hal yang sama ke anak dan suami, bahwa ketika aku bekerja, mereka tidak pernah merasa kekurangan atau kehilangan sosok aku. Caranya bagaimana? kami masih tidur bareng, dan saat aku pulang kerja malam anak-anak masih banngun, aku fine-fine aja. Karena kami jadi bisa ngobrol, diskusi dan bercanda.

Dan anakku Paloma, juga suka mengingatkan aku ketika  kita sedang main bareng terus aku ke-distract dengan handphone, dia akan bilang supaya aku meletakkan handphone atau laptop aku. Jadi semacam reminder untuk akunya juga.

Tiga hal yang Anda ingin selalu dipegang teguh oleh anak-anak?

Kindness, Integrity. Determination.

Bagaimana Anda dan pasangan mendidik anak perempuan untuk berani bersuara dan berdaya?

Kami selalu memberikan Paloma (3,5 tahun) untuk memiliki opini. Dari memilih pakaian sendiri, mendengarkan kemauannya serta alasannya hingga cerita-cerita tentang keinginannya. Alhamdulillah, Paloma, seperti kakak-kakaknya, Hunter dan Chahe, tumbuh menjadi anak yang aktif, ceria, punya keberanian dan pemikiranna sendiri yang membuatnya selalu berkembang.

Tantang besar untuk perempuan Indonesia dan cara mengatasinya?

Rasa tidak enakkan dan rasa insecurity terhadap sesama perempuan. Selalu hargai perempuan lain supaya dia juga menghargai perempuan lainnya tanpa rasa takut, iri, dan segan. Sehingga lingkungan selalu positif di mana empowered women really empowered women.

Pesan untuk para perempuan Indonesia dari Nazyra C Noer

Jadilah pemimpin bukan untuk orang lain, tapi untuk diri sendiri. Biasanya punya tujuan dan punya opini. Punya keluarga juga bisa menjadi perempuan bekerja, dan perempuan bekerja juga bisa memiliki keluarga yang bahagia. Jangan pernah merasa harus memilih. It is never this OR that. Career OR family. We always can have both. Choose to have this AND that.

Baca juga:

Joy Roesma, Ajarkan Anak Untuk Tidak Bandingkan Dirinya dengan Orang Lain

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan