banner-detik
EDUCATION

8 Rekomendasi Tempat Psikotes Untuk Anak Usia Sekolah

author

dewdew05 Sep 2022

8 Rekomendasi Tempat Psikotes Untuk Anak Usia Sekolah

Bukan untuk menilai anak itu pintar atau tidak. Tapi justru untuk menemukan potensi tersembunyi. Cek tempat psikotes yang mumpuni untuk anak di sini.

Seringkali orangtua maju mundur mau mengajak anak Psikotes. Beneran perlu nggak, sih? Toh, sudah ada guru yang menilai di sekolah. Ada orangtua yang menilai anak di rumah. Apa masih perlu melakukan Psikotes lagi di lembaga psikologi? Seyogyanya Psikotes terbilang penting untuk mengukur kemampuan dan kecerdasan seorang anak. Ini bukan buat melihat anak kita pintar atau tidak. Tapi dari hasil tes tersebut, akan menggambarkan potensi yang dimilikinya. Sehingga kita sebagai orang tua punya arahan lebih jelas dalam mengembangkan minat dan bakat anak. Kita juga bisa bantu anak untuk memilihkan jenis sekolah, ekstra kurikuler, hingga aktivitas untuk mereka. Berikut beberapa rekomendasi tempat psikotes untuk anak usia sekolah. Rata-rata lembaga psikologi berikut ini menyediakan layanan psikotes mulai dari usia TK hingga Sekolah Menengah Atas. 

Klinik Pela9

​​Jl. Kramat Pela No.9 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan
Menyediakan tes minat bakat, tes psikologi, tes IQ, untuk mengenali minat bakat anak.
Saat ini sudah tersedia 4 cabang di area Jakarta, yaitu di Kebayoran Baru, Bintaro, Tomang, dan Kemang. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Tiga Generasi

Klinik Brawijaya Kemang Jl. Kemang Raya No.83, Bangka – Jakarta
Di klinik yang memiliki 4 cabang di Jakarta ini, mommies bisa meminta dilaksanakan Tes Kesiapan Sekolah, Tes Minat Bakat, dan Tes IQ. Info pendaftaran bisa klik di sini.

Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi Kampus Baru Universitas Indonesia-Depok
Klinik yang terletak di dalam komplek UI Depok dan Salemba  ini menyediakan layanan Tes Kematangan Sekolah, Tes Minat Bakat, Tes IQ, dan Tes Potensi Akademik. Info lengkap bisa klik di sini.

Insight Psikologi

Jl. Lumba-Lumba II no 8 Rawamangun – Jakarta
Lembaga psikologi yang beralamatkan di Rawamangun, Jakarta ini punya layanan tes psikologi berupa Tes Minat Bakat, Tes Kematangan Sekolah, Tes IQ, Tes Kesulitan Belajar, hingga Seleksi Siswa. Jika ada yang ingin ditanyakan klik di sini.

Baca juga: Daftar Bimbel Untuk Persiapan Kuliah dan Kisaran Harganya

Grahita Indonesia

Biz Loft Apt 21- 31 ,Wisma U Residence,Lippo Karawaci- Tangerang
Tes psikologi di lembaga ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Setiap psikotes disesuaikan dengan kelompok umur. Misalnya saja, untuk kelompok usia SD usia 7-8 bertujuan untuk mengetahui Dinamika Perkembangan Memori. Sementara untuk usia 7-8 tahun, tes psikotes ditujukan untuk mengetahui sejauh mana Perkembangan Persepsi/Pemahaman anak. Tes IQ dan Minat Bakat juga ada. Klik untuk info lebih lanjut.

Schema Psikologi

Ruko Depok Maharaja, Blok A9 No.2 Jl. Raya Sawangan Pancoran Mas-Depok
Layanan asesmen psikologis di lembaga ini meliputi Tes IQ, Tes Kematangan Sekolah, Konseling, hingga pendampingan. Untuk info lebih detil bisa cek di sini.

Astagina Praptama

Perumahan Griya Timur Indah (GTI), Blok A3 No.28 Jatimulya, Tambun Selatan-Bekasi
Selain tes Potensi Kecerdasan alias tes IQ, Kesiapan Sekolah, dan Minat Bakat, di lembaga ini menyediakan tes Diagnostik Kesulitan Belajar. Klik di sini untuk info pendaftaran.

Biro Psikologi Rumah Cinta

Jl. Raya Pemda-Karadenan No. 25, Cibinong-Bogor
Layanan psikotes di biro psikologi akan  membantu anak memetakan (mapping) potensi dirinya. Misalnya melalui tes minat bakat, tes evaluasi diri, serta tes IQ. Info lebih lanjut klik di sini.

Photo by Ben Mullins on Unsplash

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan