banner-detik
EDUCATION

SMA Harapan 3 Medan: Punya Kelas Khusus untuk Persiapan Masuk PTN Kedokteran

author

Katharina Menge30 Aug 2022

SMA Harapan 3 Medan: Punya Kelas Khusus untuk Persiapan Masuk PTN Kedokteran

Sebagai sekolah penggerak, SMA Harapan 3 Medan ternyata punya kelas khusus bagi siswa yang ingin fokus masuk ke fakultas kedokteran.

Sebagai salah satu sekolah terbesar dan terfavorit di Medan, SMA Harapan 3 Medan memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya spesial. Mommies Daily pun berkesempatan untuk berbincang dengan Pak Suryahadi Marwan, M.Pd, Kepala Sekolah SMA Harapan 3 Medan, untuk bertanya lebih lanjut tentang sekolah favorit berikut ini!

BACA JUGA: Daftar Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Rekomendasi Sekolah Anak!

Menitikberatkan pada Pendidikan Karakter

Diambil dari moto yayasan, yaitu iman, ilmu, amal, visi SMA Harapan 3 Medan adalah ingin menjadikan para anak didiknya jadi sosok yang beriman, berilmu, memiliki amal karakter, bermartabat, berintelektual, yang semuanya berlandaskan kepada pancasila.

“Jadi untuk misi sekolah kami itu adalah menjadikan SMA Harapan 3 sebagai sekolah para juara, yang menguasai ilmu pengetahuan dan tekonologi, yang berpedoman ajaran agama islam dan pancasila, sehingga pendidikan agama dan intelektual itu nantinya berjalan beriringan dengan sesuai rancangan SMA Harapan 3,” ungkap Pak Marwan yang dihubungi tim Mommies Daily via online.

Untuk mencapai itu, ada banyak cara yang diterapkan, salah satunya adalah menumbuhkembangkan atau menitikberatkan kepada pendidikan karakter. Menurut Pak Marwan, pendidikan karakter yang maksud adalah dengan menguatkan ajaran agama Islam.

Budaya membaca Al-Quran juga jadi hal utama di sekolah ini. Hal itu merujuk para arahan pemerintah untuk menguatkan literasi anak, dan sekolah ini menerapkan literasi dalam membaca Al-Quran. “Kami juga membiasakan di setiap pembelajaran, semua guru harus menagih hapanlan-hapalan yang sudah ada di daftar,” tambah Pak Marwan.

Terakhir, anak-anak juga dididik unggul dalam amal. Untuk mencapai itu, anak-anak dibiasakan melakukan kegiatan bakti sosial. “Seiap tahun kami mengajak siswa menyisihkan uang jajannya untuk ditabung yang kemudian disedekahkan atau infaqkan di bulan Ramadhan kepada masyarakat kurang mampu di sekiar sekolah.”

Menerapkan Tiga Kurikulum

Supaya anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang unggul ilmu, SMA Harapan 3 Medan memberikan pengetahuan yang tidak tertinggal melalui beberapa kurikulum. “Karena SMA Harapan 3 ini dari awal sudah ditunjuk sebagai sekolah penggerak oleh pemerintah, jadi beberapa kurikulum itu kami sadur. Mulai dari Kurikulum Sekolah Penggerak, kemudian Kurikulum Plus, dan ada juga dari kurikulum Cambridge dan Edexcel.”

“Harapan kami siswa yang tadinya sudah memiliki karakter iman juga memiliki ilmu, baik standar nasional maupun internasional,” tambah Pak Marwan. Dengan menggabungkan Kurikulum Merdeka dengan sekolah penggeraknya, Kurikulum Cambrige dengan buku-bukunya, dan kurikulum perguruan tinggi, tahun ini SMA Harapan 3 Medan menargetkan nilai UTBK siswanya masuk ke dalam 100 nasional.

Punya Kelas Fokus

SMA Harapan 3 Medan juga punya kelas fokus yang dikhususkan bagi siswa yang ingin melanjutkan ke PTN kedokteran. “Jadi di dalam kurikulumnya sendiri kami bedakan. Untuk kelas fokus kami pakai Kurikulum Penggerak atau Merdeka yang wajib sudah selesai di kelas 1. Waktu belajarnya juga satu hari full, dari pukul 7.15-17.30.”

Selain itu, materi pelajaran yang disajikan sudah pasti menuju kepada materi-materi UTBK, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia, juga kemampuan TPS). “Materi yang dianggap kurang mendukung untuk tujuannya dikurangi.”

Setiap minggu para siswa di kelas fokus dilatih dengan tes uji kemampuan dan setiap bulan disajikan try out. Harapannya saat ujian UTBK anak-anak tidak lagi merasa canggung. Namun untuk masuk ke kelas fokus ini tidak bisa sembarangan. Menurut Pak Marwan, untuk masuk ke kelas fokus unggulan anak-anak harus menjalani tes akademi, psikotes, tes mengaji, tes kesehatan mata, juga melampirkan surat keterangan berbadan sehat.

SMA Harapan 3 Medan
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.32, RT.00, J A T I, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Biaya masuk:
Kelas Reguler: Rp900 ribu/bulan
kelas Fokus Unggulan: Rp1,9 juta/bulan

Uang Masuk Reguler: Rp8,4 juta (uang pangkal dan sudah termasuk uang sekolah 1 bulan sebesar Rp900 ribu)
Uang Masuk Fokus: Rp13,5 juta (uang pangkal dan sudah termasuk uang sekolah 1 bulan sebesar Rp1,9 juta)

BACA JUGA: 7 Kegiatan Sekolah untuk Dukung Kesehatan Mental Remaja

Cover: Dok. SMA Harapan 3 Medan

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan