banner-detik
EDUCATION

Daftar SMA di Jabodatabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN

author

Katharina Menge26 Aug 2022

Daftar SMA di Jabodatabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN

Mommies, coba cek daftar SMA di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN untuk pertimbangan sekolah anak di masa depan nanti!

Ada banyak SMA di Jabodetabek yang lulusannya berhasil di terima di PTN atau universitas negeri. Ada yang berhasil melalui jalur undangan, jalur mandiri, hingga mengikuti SMBPTN atau UTBK. Tak hanya SMA Negeri, SMA Swasta pun berhasil menorehkan prestasi baik dalam hal ini.

Mommies Daily pun merangkum daftar beberapa SMa di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN, baik sekolah negari atau swasta! Mungkin Mommies membutuhkannya untuk memilih sekolah lanjutan terbaik untuk anak di masa depan.

BACA JUGA: Daftar Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Rekomendasi Sekolah Anak!

SMA di Jabodetabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN

Ini dia daftar SMA di daerah Jabodetabek!

1. SMAN 1 Depok

SMAN 1 Depok adalah salah satu SMA yang lulusannya banyak diterima di universitas negeri. Terletak di area Pancoran Mas, pada semester ganjil 2021 lalu 80-90 persen dari sekitar 300 murid lulusannya berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri.

sebanyak 288 murid tersebut diketahui diterima melalui tiga jalur, yaitu jalur undangan, SMBPTN atau UTBK, dan jalur mandiri untuk Universitas Indonesia. Selain itu, untuk masuk ke UI dan IPB juga ada murid yang masuk melalui jalur minat atau bakat. Di tahun 2022 ini diketahui ada 111 siswa yang berhasil masuk PTN dan 14 siswa masuk universitas di luar negeri.

2. SMAN 1 Cibinong

Sekolah yang terletak di Cibinong ini berhasil mengantarkan 114 muridnya masuk ke universitas negeri. Jalur yang dilewati juga beragam, ada yang lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan ada juga yang berhasil masuk lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Sebanyak 16 masuk ke Universitas Indonesia, 25 siswa berhasil masuk ke IPB, dan sisanya masuk ke PTN favorit lainnya, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, dan banyak lainnya.

3. MAN 13 Jakarta

Ratusan lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 13 Jakarta berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Untuk tahun ajaran 2021/2022 alias lulusan tahun ini, ada 96 persen siswa yang lolos.

Ada sebanyak 202 siswa sudah diterima di PTN dan PTKIN dari total 305 siswa yang lulus. Para murid tersebut tercatat diterima UI, ITB, UGM, Brawijaya dan banyak PTN favorit lainnya. Angka ini sudah mengalami peningkatan dari tahun 2021 lalu yang berhasil mengantarkan 255 dari 265 siswa masuk PTN.

4. SLTAK PENABUR Jakarta

Lulusan dari SLTAK Penabur Jakarta sendiri yang berhasil masuk ke universitas negeri di tahun 2022 ini ada sekitar 185 anak. Semuanya berhasil masuk lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Info tersebut dibagikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tanggal 29 Maret 2022 silam. Angka tersebut sudah berhasil mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021 lalu yang berjumlah 151 anak. Mereka banyak diterima di Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan Institut Tekonologi Sepuluh November.

5. SMA Labschool Kebayoran

Sebanyak 42 murid dari SMA Labschool Kebayoran dinyatakan berhasil lolos dalam seleksi SNMPTN 2022 melalui jalur prestasi akademik yag berupa nilai rapor dan non-akademik.

Ke-42 siswa siswi tersebut berasal dari kelas IPA dan IPS yang diterima di Universitas Indonesa, Institur Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

6. MAN Insan Cendekia Serpong

Di tahun 2021 lalu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong berhasil mencetak lulusan terbaik hingga 95 persen masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sebanyak 121 siswa berhasil masuk ke PTN favorit, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, dan banyak lainnya.

BACA JUGA: Saat Anak Remaja Benci Sekolah, Ternyata Ini Alasannya!

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan