banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Penerapan Konsep Ikigai Dalam Dunia Kerja, Bisa Tingkatkan Semangat Kerja

author

Dhevita Wulandari08 Aug 2022

Penerapan Konsep Ikigai Dalam Dunia Kerja, Bisa Tingkatkan Semangat Kerja

Bukan hanya sekedar untuk mendapatkan penghasilan, menerapkan konsep ikigai dalam dunia kerja dapat memberikan banyak efek baik untuk diri.

Pernah dengar kata ‘Ikigai’? Istilah dan konsep ini sangat dikenal di Jepang untuk menjelaskan tentang kesenangan dan makna kehidupan. Secara harfiah ikigai terdiri dari iki yang berarti kehidupan, dan gai yang berarti nilai.

Ikigai merupakan rahasia untuk panjang umur, bahagia, semangat dalam menjalani hidup, dan menemukan tujuan hidup. Ikigai juga sering kali diartikan sebagai “alasan untuk bangun di pagi hari”.

Hal ini dikarenakan orang Jepang terkenal memiliki budaya kerja yang sangat padat dan tidak jarang terjadi menaiki kereta terakhir untuk pulang pada hari kerja sekitar tengah malam. Cara mereka mengelola dan mengatur itu semua mungkin ada hubungannya dengan ikigai. 

Elemen Ikigai

Foto: The Government of Japan

Ada 4 elemen pembentuk konsep ikigai, antara lain:

Passion

Passion adalah apa yang disukai dan dikuasai dengan baik. Berbeda dengan hobi, namun passion bisa timbul dari hobi yang didalami dan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sehingga kemudian hobi tersebut menjadi passion seseorang.

Profession

Profession adalah keahlian seseorang. Dalam melakukan profesi, umumnya seseorang mendapatkan penghasilan dan menghasilan uang dari keahlian yang dimilikinya tersebut.

Vocation

Vocation atau adalah kondisi di mana seseorang melakukan sesuatu untuk kebutuhan banyak orang di dunia.  

Mission

Mission adalah kemampuan yang dimiliki untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan banyak orang. Dan dalam menjalankan, seseorang memang menyukai apa yang ia kerjakan.

BACA JUGA: Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an, Wajib Tahu!

Bagi para pekerja, baik yang memiliki usaha sendiri maupun yang bekerja di kantor, rasa stres hingga penat dan kehilangan semangat pasti sering dirasakan. Tentu saja itu hal yang wajar. Untuk mengatasi segala hal tersebut, menerapkan konsep ikigai dalam dunia kerja dapat berguna untuk menghilangkan stres, mengembalikan semangat dan rasa malas dalam menjalani hari.

Seorang chef sushi terkenal di Jepang yang memiliki restoran sushi terbaik di dunia, Jiro Ono, mengatakan, “Kamu harus jatuh cinta dengan pekerjaanmu, mendedikasikan hidupmu untuk menguasai keterampilan yang kamu miliki.” Ia bahkan tahun ini berusia 96 tahun, membuktikan bahwa konsep ikigai yang diterapkan memiliki dampak dalam hidup dan memberikan umur panjang.

Ikigai banyak memiliki kegunaan untuk kehidupan sehari-hari dan juga memiliki kegunaan yang baik apabila diterapkan dalam dunia kerja. Nah, berikut ini beberapa kegunaan penerapan ikigai dalam dunia kerja.

Meningkatkan motivasi kerja

Jika sudah memahami dan menerapkan konsep dan elemen-elemen ikigai, seseorang pasti sudah mampu mengenali diri sendiri dan menerima keadaan yang dimilikinya saat ini. Sehingga secara nyata hal tersebut akan terus meningkatkan motivasi kerja untuk menghasilkan yang terbaik.

Bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Bekerja sesuai passion tentu menjadi mimpi banyak orang. Jika seseorang sudah cukup beruntung untuk bekerja sesuai apa yang ia sukai dan apa yang mampu ia lakukan, tentu pekerjaan yang dilakukan akan terasa menyenangkan dan memberi rasa bahagia saat dikerjakan. 

Dengan begitu, pekerjaan akan selesai lebih cepat dari deadline yang diberikan. Pekerjaan pun bisa lebih efisien dan waktu yang masih tersisa bisa dipakai untuk mengistirahatkan pikiran sejenak atau digunakan untuk melanjutkan pekerjaan lainnya.

Bisa mengambil keputusan dalam waktu singkat

Memahami konsep ikigai berarti sudah memahami pula apa saja hal yang ingin dicapai dan menjadi tujuan dalam hidup. Sehingga ketika terjadi masalah dalam pekerjaan dan dituntut untuk segera mengambil keputusan, hal ini bukan menjadi sesuatu yang dipusingkan dan bisa mengambil keputusan dengan tenang dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA: Ingin Career Shift? Siapkan 7 Hal Ini

Cover image: Photo created by benzoix on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS