banner-detik
EDUCATION

Daftar SMA Swasta Favorit Se-Jabodetabek

author

dewdew05 Aug 2022

Daftar SMA Swasta Favorit Se-Jabodetabek

Meski tak berstatus negeri, daftar SMA Swasta favorit se-Jabodetabek ini bagus, kok. Bisa jadi pertimbangan buat yang sebentar lagi lulus kelas IX.

Ada yang anaknya sudah duduk di kelas IX dan saat ini lagi memantau SMA mana yang ingin dituju? Daftar SMA Swasta favorit se-Jabodetabek ini bisa dicek. Siapa tahu bisa bantu membuka wawasan dan menambah bahan pertimbangan. Jangan lupa ajak anak cek-cek bareng, karena yang mau sekolah, kan, dia. Bukan kita :)

Jakarta Selatan

SMA Labschool Kebayoran

Masuk ke SMA ini butuh tes akademik terlebih dahulu. Dilansir dari situs Detik terbaru di bulan Juni 2022, SMA Labschool Kebayoran ada di peringkat 12 Nasional berdasarkan nilai UTBK. Ramai banget memang yang mau masuk ke sini :)

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.14,

Kby. Baru- Jakarta Selatan

(021) 47860038

SMA Al Azhar 1

SMA  Islam  Al Azhar  1 ini diklaim oleh kepala sekolahnya sebagai satu – satunya  sekolah  Islam  yang berprestasi di DKI Jakarta.  Visi misinya sendiri adalah menjadikan murid-muridnya berprestasi , unggul, berlandaskan Iman dan Taqwa pada Allah SWT, serta mampu berdaya saing di tingkat global. SMA Al Azhar 1 ada di peringkat 37 nasional berdasarkan nilai UTBK.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja Kebayoran Baru
Selong-Jakarta Selatan
(021)7200159

SMA Gonzaga Jakarta

Meski sekolah Katolik, banyak juga orangtua beragama muslim yang memasukkan anaknya ke sini. Simply mungkin karena cocok dengan visi Gonzaga yang ingin mendorong anak-anak menjadi manusia unggul dalam bidang akademik, mengembangkan kemampuan untuk menumbuhkan hidup rohani, dan memiliki sebuah pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang masyarakat dan segala persoalannya. Gonzaga ada di peringkat 63 nasional berdasarkan nilai UTBK.

Alamat: Jl. Pejaten Barat 10A, Jakarta Selatan
(021)7804986

Sampoerna Academy High School

Kalau mau sekolah di sini anak-anak harus melewati masa observasi dan penilaian. Penilaian masuk meliputi penilaian dalam Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains termasuk wawancara pribadi. 

Alamat:
L’Avenue
Jln. Raya Pasar Minggu,
Pancoran, Jakarta
(021) 5022 22 34

Jakarta Barat

SMA 1 Kristen BPK Penabur

SMA Kristen yang satu ini sepertinya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, ya. Punya peringkat no-6 Nasional, SMA ini dirancang untuk membekali siswa agar menguasai ilmu pengetahuan yang berkualitas, serta memiliki kecakapan hidup. Program pembelajaran SMAK 1 memberi perhatian khusus (ciri khas) pada penguasaan SCIENCE khususnya MIPA dengan menggunakan kurikulum Nasional yang secara inovatif diperkaya oleh lembaga itu sendiri berdasarkan visi dan misinya. Info lebih lanjut termasuk pendaftaran, cek di sini.

Alamat: 12, Jl. Tanjung Duren Raya No.4
Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan-Jakarta Barat
(021) 5666962

SMA Kristen IPEKA Puri Indah

Proses pembelajaran di IPEKA PURI menggunakan Kurikulum Nasional. Pembelajaran disampaikan dengan berbagai metode menarik seperti presentasi, proyek kelompok, drama, roleplay, dan lain-lain, untuk menggali kompetensi diri dari murid. Cek admission-nya di sini, ya. SMA IPEKA Puri Indah ini berada di peringkat 27 nasional berdasarkan nilai UTBK.

Alamat: Perum Puri Indah, Puri Indah Blok I, RT./RW:/RW.3
Kembangan Jakarta Barat
(021)5809003

SMA Katolik Sang Timur

Kegiatan pembelajaran di sekolah swasta ini menerapkan Kurikulum 13. Para siswa baik individu maupun kelompok, akan didorong untuk terlibat aktif, mencari, dan menggali materi pembelajaran dalam suasana belajar yang menyenangkan. SMA yang dikelola oleh Yayasan Karya Sang Timur berada di peringkat 143 nasional berdasarkan nilai UTBK. Mommies bisa cek info lengkap di sini.

Alamat: Jl. Karmel Raya No. 2 Kebon Jeruk
(021)5302256

Jakarta Pusat

SMA Kanisius

SMA yang berdiri sejak tahun 1521 ini punya visi sebagai lembaga pendidikan, memastikan murid-muridnyamenghayati L4Cs, yaitu Leadership, Competence, Conscience, Compassion, dan Commitment dengan penuh suka cita. SMA Kanisius berada di peringkat 16 nasional berdasarkan nilai UTBK. Cek informasi lengkap tentang sekolah yang isinya cowok semua ini, di sini.

Alamat: Jl. Menteng Raya No.64
(021)31936464

SMA Santa Ursula

SMA khusus putri ‘lawannya’ SMA Kanisius ini sejatinya selalu bertujuan untuk mendampingi para siswinya agar menjadi pribadi yang memiliki karakter SERVIAM, berwawasan global dan adaptif pada teknologi. Sejak kelas X, siswa mulai dikenalkan dengan berbagai jurusan di perguruan tinggi, dikenalkan dengan berbagai profesi dalam Pengenalan Dunia Kerja (PDK), dan secara pribadi dibantu mengenal karakter diri dalam Discovery Your Character Strength. SMA Santa Ursula Pusat ini berada di peringkat 24 nasional berdasarkan nilai UTBK. Kalau berminat, bisa cek info detilnya di link ini.

Alamat: Jl. Pos No.2 Jakarta Pusat
(021) 3840915

SMA Sunda Kelapa

SMA swasta yang beralamat di Menteng ini, berdiri pada tanggal 3 Agustus 1964, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Sunda Kelapa yang diketuai oleh Ny. Hj. Tati S. Moerdono dengan pembina ibu Pia Alisyahbana dan Ibu Popy Awaludin. Gratis uang pangkal dan uang sekolah selama 3 tahun untuk penerima KJP dan PIP. Cek info lengkapnya di link ini.

Alamat: Jl. Taman Sunda Kelapa No.16A Menteng Jakarta Pusat
(021)3902839

Jakarta Utara

Don Bosco 1 Kelapa Gading

Di SMA ini pembelajaran mengarah pada keakraban, sesuai dengan akal budi dan norma agama. Guru ingin dianggap oleh siswa sebagai orangtua, kakak, sahabat, pelindung, dan pemandu. Cek info lengkap SMA ini di sini.

Alamat: 12, Jl. Boulevard Timur No.8, RT.12/RW.2, Pegangsaan Dua – Kelapa Gading
(021) 4528509

Tangerang Selatan

Mentari Intercultural School

MIS level HighSchool sendiri memiliki lisensi untuk memberikan International Baccalaureate Diploma Program dan Cambridge International General Certificate for Secondary Education (IGCSE) berdampingan dengan Kurikulum Nasional Indonesia. Harapannya lulusan MIS akan diakui secara global, mandiri, dan mulus menuju kesuksesan. Info admission bisa klik di sini, ya.

Alamat Jl. Perigi Baru No.7A
Parigi Baru, Kec. Pd. Aren-Tangerang Selatan
Telepon: (021) 7458937

Cikal Serpong

Di SMA Cikal, secara umum terdapat 18 Kelompok Program di Sekolah Cikal termasuk program untuk kebutuhan khusus. Setiap kelompok program berfokus pada 3-5 dimensi dari seluruh tujuan pembelajaran. Di sini, setiap siswa harus memilih minimal satu program dari setiap kelompok program, memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan 14 dimensi paparan di setiap tahun akademik. Ada Culminating Projects, Design, Language Studies, Mathematics, hingga Physical & Health Education. Cek lengkapnya di sini.

Alamat: Jl. Ciater Rawa Mekar Jaya, Serpong
+62-8138-63729-559 

MAN Insan Cendekia Serpong

Madrasah Aliyah Insan Cendekia ini menggunakan Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Yang pasti boarding school, ya. Alias anak-anak akan tinggal di asrama selama belajar di sini. Tujuan pendidikannya sendiri memadukan sains – teknologi dan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) yang bertumpu pada tiga peradaban (hadlarah) yaitu peradaban teks atau kitab (hadlaratun-nash), peradaban ilmu (hadlaratun-ilmi), dan peradaban filsafat (hadlaratun-falsafah). Klik jika mommies berminat untuk tahu lebih dalam mengenai MAN Insan Cendekia.

Alamat: Jl. Cendekia, BSD Sektor XI – Serpong Tangerang Selatan
(021) 7563578

Depok

SMA Pribadi

Siswa SMA ini didorong untuk berkompetisi tak hanya di dalam negeri, tapi juga dalam kompetisi internasional. Beberapa prestasi diraih siswa SMA Pribadi di kompetisi internasional seperti American Mathematics Olympiad, International Eduversal Mathematics Competition, hingga World Creativity Festival. Klik jika mommies ingin tahu lebih lanjut mengenai SMA yang berbasis boarding school ini. SMA ini juga menyediakan beasiswa, ya, mommies.

Alamat: Jl. Margonda Raya No.229, Kemiri Muka Beji- Depok
(021)7775620

SMA Avicenna Leadership School

Sekolah yang berlokasi di Cinere Depok ini bertujuan untuk mewujudkan sekolah berkarakter kepemimpinan, berbasis sains & teknologi, peduli pada lingkungan dan berprestasi. Selain menerapkan kurikulum nasional 2013, SMA ini juga menambahkan program Leader in Me untuk mencapai tujuan membentuk karakter pemimpin pada anak-anak.

Alamat: Jl. Flamboyan Blok F, Cinere-Depok
(021) 754-7516

Dian Didaktika Islamic School

SMA ini baru saja menerima plakat sebagai sekolah contoh yang mengupayakan implementasi praktik-praktik baik tentang Gender Equality,Disability & Social Inclusion (GEDSI) di lingkungan sekolah. SMA swasta ini ada di peringkat 5 terbaik di Depok, dan ada di peringkat 298 nasional berdasarkan nilai UTBK.

Alamat: Jl. Rajawali Block F No. 10 & 16, Cinere Estate, Gandul – Depok
Telepon: (021) 7533318

Bogor

Sekolah Global Mandiri Cibubur

Khusus untuk level SMA, program belajar didasarkan pada Project Based Learning yaitu mengarahkan siswa untuk kreatif, inovatif, serta bekerjasama dalam tim project pembelajaran. Ada juga Career Guidance yang meliputi Bimbingan Akademik, Penjurusan, Interview Karir, hingga Edutrip. Di SMA ini juga tersedia slot untuk anak inklusi.

Alamat: Legenda Wisata Cibubur
Jl. Alternatif Transyogi KM 6 Cibubur, 16965
(021)824 96200

SMA Regina Pacis Bogor

Ada serangkaian tes yang harus dilakukan oleh calon siswa SMA ini yang meliputi tes pengetahuan akademik, tes penjurusan, hingga tes narkoba. Meski sekolah Katolik, SMA ini tidak menutup kemungkinan bagi siswa yang beragama non Katolik untuk bersekolah di sini. Fasilitas yang disediakan mulai dari gedung sekolah, lapangan, laboratorium, ruang musik, ruang komputer, perpustakaan, ruang belajar full AC, hingga wifi.

Alamat: Jl. Ir H Juanda no. 2 Bogor
(0251)8321619

SMA Madania

Kurikulum di SMA Madania mengintegrasikan Kurikulum Nasional dan Silabus Internasional Cambridge. Pengayaan melalui silabus Cambridge bertujuan untuk memungkinkan siswa bersaing secara global dan mengembangkan diri sebagai pembelajar yang memiliki kualitas: (Confident); (Responsible); (Reflektif); (Innovative), dan (Engaged).

Alamat: Madania School, Telaga Kahuripan, Bogor
(0251)860 2777

Bekasi

SMA Global Prestasi

SMA swasta di Bekasi ini menerapkan kurikulum 2013 yang menggabungkan pengetahuan, keterampilan, serta karakter (spiritual dan sosial) menjadi satu kompetensi holistik.  SMA ini juga memberikan kurikulum internasional bekerja sama dengan Cambridge Assessment of International Education (CAIE) dalam memberikan beberapa mata pelajaran IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) sebagai program Cambridge Upper Secondary. 

Alamat: Komplek GPS Jl.K.H Noer Alie No.10 B Bekasi
(021)888 52668

SMA Marsudirini

SMA yang berlokasi di Kemang Pratama Bekasi ini, ​​merupakan peserta Program Sekolah Penggerak (PSP) yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. SMA ini berada di peringkat 297 nasional berdasarkan nilai UTBK.

Alamat: Jl. Raya Narogong  202, Kemang Pratama-Bekasi
(021) 824 00084

Photo by Alex Simpson on Unsplash

 

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan