banner-detik
BEAUTY

Cara Samarkan Kerutan di Bawah Mata, Menurut Ahli

author

Dhevita Wulandari01 Aug 2022

Cara Samarkan Kerutan di Bawah Mata, Menurut Ahli

Kerutan pada wajah memang tidak bisa dihilangkan secara permanen, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk samarkan kerutan terutama di area bawah mata.

Seiring bertambahnya usia, kerutan di bawah mata memang tidak bisa dihindarkan. Bukan karena faktor usia saja, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculkan kerutan dibawah mata, seperti sering terkena paparan sinar matahari, kurang minum air putih, merokok, penggunaan produk kosmetik, terlalu banyak gerakan wajah, hingga diet terlalu ketat.

Masih banyak orang yang menggunakan cara tradisional seperti meletakkan timun di bawah  mata untuk meminimalisir kerutan. Melansir dari Medical News Today, hal tersebut memang benar, namun hanya memberi sedikit pengaruh. 

Masih melansir dari laman yang sama, polyphenols, senyawa kimia yang terdapat di makan seperti teh hijau dan delima dapat membantu mencegah kerutan. Studi lain juga menyebutkan vitamin C bisa mengurangi kerutan.

BACA JUGA: 9 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan di Usia 40-an agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Lalu bagaimana cara samarkan kerutan di bawah mata agar tidak semakin parah?

1. Pakai krim bawah mata 

Jangan khawatir Mommies, saat ini sudah banyak produk anti aging dan krim bawah mata yang diklaim bisa mengatasi permasalahan tersebut. American Society for Dermatologic Surgery memperingatkan masyarakat agar cepat dalam memilih produk, terutama wajib hati-hati dengan yang memberikan klaim yang berlebihan, seperti yang hasilnya cepat.

Dilansir dari American Academy for Dermatology (AAD), saat mencari produk anti aging disarankan untuk:

  • Menggunakan pelembap untuk meminimalisir garis halus di area bawah mata.
  • Melihat keutamaan produk yang didesain untuk mengatasi kerutan.
  • Menghindari penggunaan produk anti aging lebih dari satu dalam beberapa hari maupun minggu.
  • Menggunakan produk sesuai jenis kulit.
  • Mencari produk yang hypoallergenic, non comedogenic, dan nonacnegenic.

Perlu diingat, kandungan untuk anti aging adalah SPF sunscreen, retinol, antioksidan, alpha hydroxy acids, dan argan oil. AAD juga menyarankan masyarakat untuk punya ekspektasi yang realistis dari produk skincare, karena produk tersebut memberi hasil yang sederhana.

2. Lakukan perawatan kosmetik dan medis.

Medical News Today mengatakan, cara yang lebih eektif dalam mengatasi kerutan di bawah mata adalah lewat perawatan kosmetik dan medis. Meski begitu, tetap perlu diperhatikan jika ada efek sampingnya.

Beberapa perawatan yang umum ditemui seperti facial rejuvenation yang dilakukan oleh tenaga medis yang menginjeksi botulinum toxin atau botox ke dalam kulit. Cara kerja botos adalah dengan menghentikan otot-otot di bawah kerutan agar tidak bergerak.

Selain itu, ada juga perawatan fillers, yaitu menggunakan injeksi kolagen ata hyaluronic acid ke kulit area bawah mata.

BACA JUGA: Menurut Pakar, Ini Skincare dan Perawatan Wajah Terbaik untuk Usia 50-an

Sumber artikel dari sini.

Cover image: Photo created by freepik on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS