Now Reading
MD Ask The Expert: Dampak Perselingkuhan Orangtua Terhadap Anak, Apa Kata Psikolog Anak?

MD Ask The Expert: Dampak Perselingkuhan Orangtua Terhadap Anak, Apa Kata Psikolog Anak?

Dhevita Wulandari

Perselingkuhan orangtua dapat memberikan dampak yang cukup intens pada anak. Apa saja dampaknya dan apa saja yang bisa orangtua lakukan untuk mencegahnya terjadi pada anak?

Perselingkuhan adalah sebuah masalah serius dalam hubungan suami dan istri yang sulit untuk dikompromi. Tidak hanya serius bagi suami dan istri, tapi juga serius bagi anak.

Perselingkuhan juga masuk ke dalam tiga urutan teratas penyebab perceraian. Para orangtua harus lebih aware mengenai hal ini, terutama jika berurusan dengan emosional dan mental anak. Perselingkuhan yang dilakukan orangtua dapat memberikan berbagai dampak intens pada anak. Mulai dari syok, depresi, marah, kecemasan, gelisah, hingga malu dengan tetangga atau teman sekolahnya.

Mengetahui kondisi orangtua yang berselingkuh juga bisa membuat anak menjadi sulit percaya dengan orang-orang sekitarnya, termasuk dalam hal berteman. Anak juga bisa saja tumbuh dengan pikiran bahwa pernikahan tidak menyenangkan atau malah jadi takut menikah ketika dewasa.

Padahal, segala permasalahan orangtua bukanlah merupakan tanggung jawab anak. Anak berhak mendapat kehidupan yang bahagia dan menyenangkan untuk mendukung masa depan mereka yang sukses dan sehat mental.

Melihat maraknya perselingkuhan dan semakin dianggap “wajar” padahal dampaknya terhadap pasangan yang utamanya sudah memiliki anak juga luar biasa besar, maka kali ini Mommies Daily bersama Psikolog Anak & Keluarga, Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psi atau yang akrab dipanggil mbak Ayank, membahas mengenai “Dampak Perselingkuhan Orangtua terhadap Anak”.

Apakah dengan perselingkuhan orangtua, orangtua harus memberitahu kepada anak atas perbuatan ayah atau ibunya? Usia berapa anak berhak mengetahui apa yang terjadi pada orangtuanya yang menyebabkan kedua orangtuanya tidak akur dan tidak harmonis? Hingga apa yang harus dilakukan orangtua jika anak mengetahui dan melihat dengan sendirinya bahwa salah satu dari orangtuanya berselingkuh?

Tidak hanya itu, dalam video ini ini Mommies Daily juga menanyakan beberapa pertanyaan dari komunitas mengenai pertanyaan yang anak ajukan kepada orangtuanya yang berselingkuh dan bagaimana orangtua harus menjawab dengan bijak mengenai pertanyaan dari anak tersebut.

Untuk mengetahui selengkapnya, tonton videonya di YouTube Channel Mommies Daily berikut ini.

BACA JUGA:

Kenapa Perselingkuhan Susah Diakhiri? Ini 10 Alasannya!

Kenapa, Sih, Kantor Sering Menjadi Tempat Perselingkuhan?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top