banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Ade Andrini: Perempuan Wajib Mandiri Agar Bisa Lebih Maju Tak Hanya Untuk Diri Sendiri Namun Untuk Masyarakat Luas

author

fiaindriokusumo28 Jul 2022

Ade Andrini: Perempuan Wajib Mandiri Agar Bisa Lebih Maju Tak Hanya Untuk Diri Sendiri Namun Untuk Masyarakat Luas

Ade Andrini yakin bahwa perempuan itu harus mandiri agar bisa lebih maju, tak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk memajukan bangsa Indonesia. 

Perempuan bernama lengkap Raden Ayu Andrini Kusumahapsari ini memiliki keprbadian yang sangat bersahaja dan ramah terhadap siapa pun. Tak heran pertemanannya pun sangat luas, mulai dari selebriti hingga tokoh-tokoh politik. Ternyata itu semua karena ada peranan dari pola pengasuhan orang tuanya. Di mana salah satu pola pengasuhan dari orang tuanya, R Nugroho Indrarso bin RM Djokosujono Purbowinoto dan RAy Agustine Dharmayanti Chandra Kirana binti KRMH Jonosoeputro Handajaningrat ini juga akan ia bagikan jika kelak ia memiliki anak.

Simak hasil wawancara kami dengan perempuan dengan segudang keahlian, seperti menyanyi, akting, mengelola bisnis hingga kemampuan berkomunikasinya yang cakap sehingga kerap diminta menjadi MC.

Baca juga: Ini Kesalahan Orang tua yang Membuat Anak Sulit Mandiri

Apa tiga sifat yang paling kamu suka dari seorang Ade Andrini?

Saya adalah orang yang sangat disiplin terutama urusan waktu, mandiri dan tidak suka basa-basi. Bukannya saya menganggap basa-basi adalah hal yang salah, namun saya tipe orang yang senang berbicara ke inti permasalahan dan apa adanya.

Peran orang tua yang membuat kamu memiliki tiga sifat tersebut? 

Sejak kecil saya terbiasa dididik dengan pengasuhan yang penuh disiplin oleh kedua orang tua saya. Selain itu mama dan papa juga mengajarkan anak-anaknya untuk bersikap baik serta sopan terhadap siapa saja, tanpa memandang latar belakang status sosial, ekonomi maupun pendidikan serta usia. Baik terhadap siapa saja itu sudah wajib!

Jika bisa menyampaikan pesan ke seorang Ade yang berusia remaja, apa yang ingin kamu sampaikan?

Jangan pernah berhenti untuk berkarya, dan selalu percaya bahwa kamu mampu menghadapi apa pun yang hadir di dalam hidup kamu.

Mari berandai jika kamu menjadi orang tua, pola pengasuhan seperti apa yang ingin kamu berikan ke anak kamu?

Saya akan melakukan hal yang dulu mama dan papa selalu ajarkan ke saya, yaitu mengingatkan anak-anak untuk selalu menghargai orang lain tanpa memandang siapa orang tersebut. Dan pentingnya disiplin di dalam hidup anak-anak. Karena dengan disiplin saya yakin akan terbentuk pribadi yang baik.

Tantangan perempuan Indonesia, menurut Ade Andrini?

Perempuan Indonesia masih sering dianggap tidak mampu mandiri, padahal faktanya banyak sekali para pemimpin perempuan yang bisa kita temukan di Indonesia. Baik itu di bidang pemerintahan maupun di perusahaan-perusahaan. Ini fakta yang sangat membanggakan, lho!

Dan, salah satu cara yang bisa aku lakukan untuk mendukung perempuan di Indonesia adalah melalui pekerjaan-pekerjaan yang aku pilih. Sebagai MC maupun PR di perusahaan, aku sebisa mungkin untuk berpartisipasi maupun membuat acara-acara yang mendukung kegiatan para perempuan di Indonesia.

Teruskan kalimat ini: Perempuan itu ….

Perempuan itu harus Mandiri dan erba bisa. Perempuan memiliki peranan besar di dalam memajukan bangsanya sendiri, yaitu bangsa Indonesia.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS