banner-detik
PARENTING & KIDS

Sampai Usia Berapa Kakak dan Adik Berbeda Jenis Kelamin Boleh Satu Kamar? Ini Kata Pakar!

author

Katharina Menge06 Jul 2022

Sampai Usia Berapa Kakak dan Adik Berbeda Jenis Kelamin Boleh Satu Kamar? Ini Kata Pakar!

Menurut pakar, kakak dan adik yang berbeda jenis kelamin ternyata boleh tidur satu kamar tapi hanya sampai di usia ini! Intip selengkapnya di sini!

Kakak dan adik yang berbeda jenis kelamin tentu boleh tidur bersama dalam satu kamar, tetapi ternyata ada batasan usianya, lho. Ini dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk kepribadian yang berbeda, selera dan mungkin bertolak belakang, mulai memiliki privasi, hingga perubahan tubuh yang mulai terjadi sehingga mereka bisa merasa risih berada dalam satu kamar yang sama.

Mommies Daily pun bertanya pada Firesta Farizal, M.Psi, Psikolog, Psikolog Klinis Anak dan Remaja, dari Klinik Psikologi Mentari Anakku, tentang kondisi ini dan bagaimana cara yang tepat bagi para orang tua untuk menyiasatinya.

BACA JUGA: Menghadapi Pertengkaran Kakak Adik

Menurut Firesta, jika kakak dan adik punya hubungan yang baik maka tidur satu kamar sebenarnya bisa jadi hal yang seru bagi mereka. “Mereka bisa melakukan hal-hal yang seru di kamar, seperti memilih dekorasi kamar dan menentukan desain masing-masing area mereka,” jelasnya.

Walau pun tidur di kamar yang sama, setiap anak bisa menentukan area atau wilayahnya masing-masing. Kemudian mereka bisa mendekorasi sesuai keinginannya. “Misalnya pojok sebelah kanan untuk kakak warnanya apa, sepreinya apa, dan begitu juga sebaliknya,” tambah Firesta.

Jadi, meski tidur satu kamar tetap ada personalisasi dari setiap anak. Mereka tetap bisa mendapatkan keseruan meski berbagi kamar. Keseruan dan kedekatan antara kakak dan adik juga bisa dibangun.

Kelebihan dan Kekurangan Kakak Adik Tidur Satu Kamar

Kelebihan kakak dan adik tidur satu kamar adalah mereka punya banyak waktu untuk habiskan bersama, yang mungkin bisa membuat bondingnya jadi lebih kuat. Hubungan keduanya pun bisa lebih baik dan jadi lebih banyak interaksi-interaksi bermakna yang bisa mereka lakukan bersama-sama.

Namun menurut Firesta ada juga kekurangan yang dirasakan akibat hal ini. “Karena jadi sering bersama tentu kemungkinan terjadinya konflik juga jadi akan semakin besar. Namun ini kembali lagi bagaimana orang tua bisa mengatasi hal itu,” ujar Firesta.

Menurutnya konflik yang terjadi antara kakak dan adik yang tidur satu kamar bukan hal yang jelek juga. Karena ketika mereka bisa menyelesaikan konflik yang timbul artinya ada kemampuan-kemampuan yang berkembang dari situ. Mereka jadi memiliki kemampuan problem solving, inisiatif, empati.

Bolehkan Kakak dan Adik Berbeda Jenis Kelamin Satu Kamar?

Menurut Firesta, untuk kakak adik yang berbeda jenis kelamin memang sebaiknya tidak di satu kamar. “Terutama kalau sudah besar di atas 7 tahun,” saran Firesta. Di usia 9 tahun anak-anak sudah memasuki masa pra puber, dan kebanyakan di usia 8 tahun para anak perempuan sudah berubah bentuk tubuhnya.

Kalau misalnya kamar mereka dibedakan sejak awal maka lebih baik. “Karena anak harus punya privasi. Kita juga harus mengajarkan terkait seks edukasi ke anak bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh diliat oleh orang lain.” Jadi kakak adik beda jenis kelamin itu sebaiknya memang beda kamar.

Tips untuk Orang Tua Siasati Kakak Adik Tidur Satu Kamar!

Jika kondisi rumah membuat kakak dan adik yang berbeda jenis kelamin harus tinggal bersama dalam satu kamar, maka orang tua perlu menyiasati hal ini. Firesta pun memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para orang tua.

1. Buat tempat tidur terpisah
2. Buat peraturan untuk tidak ganti baju di kamar, tetapi sekalian di kamar mandi usai mandi
3. Boleh ganti pakaian di kamar tapi dengan kondisi saudaranya tidak ada di kamar
4. Menciptakan area khusus untuk masing-masing anak
5. Kalau perlu pakai gorden untuk memisahkan area setiap anak

BACA JUGA: Hindari Mengatakan 5 Hal Ini Pada si Kakak Tentang Adik

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan