Now Reading
8 Ide Menu Olahan Selain Rendang Untuk Idul Adha

8 Ide Menu Olahan Selain Rendang Untuk Idul Adha

dewdew

Banyak, lho, menu olahan sapi, ayam, bahkan non protein yang bisa dihidangkan sebagai sajian di Hari Raya Idul Adha. Simak, yuk!

Yang namanya Hari Raya, nyaris semua meja makan di rumah akan menghidangkan sajian spesial. Nggak terkecuali di Hari Raya Idul Adha nanti. Terutama, nih, yang menjalankan ibadah sunnah Puasa Arafah. Pulang sholat Idul Adha, siap menyantap hidangan yang menggugah selera. Tiap tahun mommies selalu menghidangkan rendang untuk Idul Adha? Bagaimana kalau tahun ini kita coba menu olahan selain rendang? (Meski rendang sudah dinobatkan menjadi salah satu makanan terbaik di dunia versi CNN Travel). Ternyata banyak, lho, menu olahan yang bisa kita siapkan. 

Semur Daging Sapi

idul adha

               Foto: Detikfood

Masakan khas betawi ini punya ciri khas tersendiri memang. Meski sama-sama berpenampilan gelap, semur daging sapi punya citarasa yang lebih ringan namun tetap lezat dan kaya rasa. Soalnya selain kecap, semur juga menggunakan berbagai bumbu rempah seperti bawang putih, merica, bawang bombay, sedikit kayu manis, daun salam, dan lain-lain. Kalau mau coba selain daging sapi, mommies juga bisa pakai lidah sapi, lho.

Rawon Daging Sapi

idul adha

Foto: Detikfood

Nah, ini juga hidangan yang sama-sama gelap seperti rendang dan semur. Rawon juga cenderung mudah membuatnya. Sayur togenya cukup diolah dengan direndam air mendidih sebentar. Nggak usah tambah apa-apa lagi udah enak banget. Sedikit tips untuk mommies supaya dagingnya cepat empuk, dimasak pakai presto, ya. 

Nasi Kebuli

Foto: Detik Food

Bolehlah sekali-kali menghidangkan menu internasional selain menu Nusantara. Hidangan khas Timur Tengah yaitu Nasi Kebuli bisa mommies coba, nih. Di lidah juga pasti kaya rasa karena sama seperti olahan daging asal Indonesia, Timur Tengah suka memasukkan berbagai bumbu rempah ke dalam sajiannya. Plus gurihnya santan nggak ketinggalan. Nggak punya waktu bikinnya? Pesan saja, mommies :))

Iga Kambing Bakar

Idul Adha identik dengan apa hayo? Yes, bener banget. Kambing. Jadi kalau Idul Adha kali ini dirayakan sambil menikmati Iga Kambing Bakar, ya, udah pasti enak banget. Menu olahan bakar sebenarnya nggak susah-susah banget, kok, racikan bumbunya. Cabe merah, bawang merah, bawang putih, merica serta kecap manis adalah bumbu standar menu bakar-bakaran. Pastikan mommies cek di sini untuk mengolah daging kambing supaya empuk dan nggak berbau.

Selat Solo

Foto: Detikfood

Satu lagi hidangan yang nggak rumit pembuatannya. Apalagi ditambah dengan garnish sayur segar. Sudah lezat, enak pula. Sajian yang jadi ikon kuliner Solo ini ternyata punya sejarah unik, lho, mommies karena merupakan perpaduan kuliner Jawa dan Belanda. Daging has sapinya juga diolah mirip-mirip seperti semur dengan beberapa bumbu tambahan seperti kayu manis, daun jeruk purut, dan lengkuas. Cek resep lengkapnya di sini, ya.

Sup Iga Sapi

Bosan makan sajian bersantan dan magtegh? Mommies boleh coba sajian sup iga sapi untuk Idul Adha nanti. Cepat lagi masaknya. Bumbunya hanya perlu bawang putih goreng, merica, kayu manis, pala, peka dan garam. Pastikan mommies memasak terlebih dahulu dagingnya di panci presto, ya. Kalau saya, sih, lebih suka menyajikannya dengan sajian wortel yang dipotong tebal.

Nasi Liwet

Foto: Detik Food

Duh, hidangan yang satu ini bikin saya kangen Solo, deh. Hehehe… Nasi Liwet dan lauknya boleh banget, lho, dijadikan pilihan sajian hari Raya Idul Adha. Opor ayamnya mau diganti kambing juga bisa. Rasanya yang khas, gurih, kaya rasa, bakal memanjakan lidah sekeluarga. By the way, masak nasi liwet di rice cooker sekarang juga bisa mommies. Santan? Banyak santan kemasan ;)

Baca juga: 3 Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha

Kupat Tahu

Foto: Detik Food

Nggak pengen bikin opor, sambal ati, sate, tapiiiiiii mau makan ketupat. Nah, cobain, deh, kupat tahu alias ketupat tahu. Disajikan bersama kol, toge yang digoreng sebentar, lalu disiram bumbu kacang dan/atau kuah kecap yang dicampur asam dan gula jawa. Praktis, ekonomis, namun enak dan segaaaaar. 

Photo by rajat sarki on Unsplash

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top