Now Reading
MD Social Experiment: Tes Pengetahuan Anak dalam Memilah Sampah

MD Social Experiment: Tes Pengetahuan Anak dalam Memilah Sampah

Dhevita Wulandari

Mampukah ketujuh anak ini membedakan dan memilah sampah organik dan anorganik? Tonton selengkapnya di Mommies Daily YouTube channel berikut ini, yuk!

Mengajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya penting dilakukan sejak dini. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesadaran dan kedisiplinan pada anak yang bisa terus diterapkan hingga dewasa, serta agar anak tidak membuang sampah sembarangan.

Tidak hanya mengajarkan membuang sampah pada tempatnya terhadap anak, orang tua juga harus memberi dan menjadi contoh bagi anak. Sebab, anak cenderung merekam dan mencontoh apa yang dilihatnya dan dilakukan orang dewasa. Sehingga, perkataan dan imbauan saja tentu tidak cukup. Butuh contoh visual dan nyata yang dapat anak-anak jadikan panutan.

Membuang sampah juga bukan sekadar membuang pada tempatnya, namun juga harus memahami bagaimana cara memilah sampah tersebut berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, sampah terbagi menjadi sampah organik, anorganik, dan B3 (Bahan Beracun Berbahaya).

Mengutip dari Dinas Lingkungan Hidup KLHK, sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai. Sampah organik kemudian terbagi menjadi dua golongan, yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering.

Sampah organik basah adalah sampah organik yang banyak mengandung air. Contohnya seperti sisa sayur, kulit pisang, buah yang busuk, kulit bawang dan sejenisnya. Sementara, sampah organik kering adalah sampah organik yang sedikit mengandung air, contohnya kayu, ranting pohon, kayu dan daun-daun kering.

Selanjutnya, sampah anorganik adalah sampah yang sudah tidak terpakai lagi dan sulit terurai. Contohnya plastik, botol / kaleng minuman, kresek, ban bekas, besi, kaca, kabel, barang elektronik, bohlam lampu dan plastik.

Sedangkan, sampah B3 adalah sampah limbah yang mengandung zat yang beracun dan berbahaya, sehingga dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, bahkan dapat mengancam kelangsungan hidup manusia dan organisme lainnya. Sampah limbah ini juga terbagi lagi sumber dan sifatnya.

Dalam MD Social Experiment kali ini, Mommies Daily mengajak 7 orang anak untuk memilah jenis sampah organik dan anorganik tanpa rekayasa. Untuk melihat apakah ketujuh anak ini berhasil membedakan dan memilah sampah berdasarkan jenisnya, tonton selengkapnya di Mommies Daily YouTube channel berikut ini, ya!

BACA JUGA:

Kuis: Seberapa Paham Kamu tentang Jenis-Jenis Sampah?

7 Layanan Pengumpulan dan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga

Cover image: Mommies Daily

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top