banner-detik
LIFESTYLE

7 Cara Sederhana Kurangi Sampah di Rumah. Mulai Biasakan, Yuk!

author

Dhevita Wulandari04 Jun 2022

7 Cara Sederhana Kurangi Sampah di Rumah. Mulai Biasakan, Yuk!

Limbah sampah semakin bertambah setiap tahunnya. Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk kurangi sampah di rumah. Yuk, mulai dari diri sendiri. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Untuk mengurangi sampah diperlukan upaya dan kesadaran semua orang dan diri sendiri. Tidak hanya di luar rumah, upaya mengurangi sampah juga bisa dilakukan di rumah dan lingkungan sekitarnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan sumber sampah yang paling dominan berasal dari sampah rumah tangga, yaitu sebesar 48%. Jenis sampah yang paling banyak dihasilkan berasal dari sampah organik, seperti sisa makanan, tumbuhan, kertas, hingga anorganik seperti plastik.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan di rumah untuk membantu mengurangi penambahan dan penumpukan sampah.

Bawa dan gunakan tumblr 

Mulai biasakan untuk bawa tumblr sendiri ketika akan bepergian ke luar rumah. Sehingga ketika ingin jajan minuman di luar, Mommies dan keluarga bisa gunakan tumblr yang sudah dibawa. Tujuannya adalah untuk mengurangi dan menghindari penggunaan gelas atau botol plastik sekali pakai yang malah dapat menambah sampah, serta agar sampah plastik berkurang.

BACA JUGA: Kuis: Seberapa Paham Kamu tentang Jenis-jenis Sampah?

Gunakan piring kaca atau keramik

Seringkali ketika ada tamu atau acara di rumah, piring plastik menjadi alternatif karena bisa dipakai dengan kuantitas yang banyak dan tidak repot mencucinya karena bisa langsung dibuang. Kebiasaan ini tentu dapat memperburuk dan menambah sampah plastik. Sehingga, lebih baik menggunakan piring kaca atau keramik yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

Gunakan kain lap dan handuk bersih

Kita sering menggunakan tisu berlembar-lembar saat wajah basah, tangan basah, atau ada noda tumpahan ketika sedang makan. Hal ini tentu akan menambah penumpukan sampah. Sebaiknya, gunakan kain lap bersih yang dikhususkan untuk mengelap dan membersihkan noda tumpahan makanan, serta gunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah dan tangan yang basah.

Gunakan reusable cotton pad

Foto: Pexels

Belakangan ini, reusable cotton pad sudah semakin gencar digunakan para beauty influencer. Hal ini bertujuan untuk menggantikan dan mengurangi penggunakan kapas sekali pakai. Cotton pad bisa digunakan berkali-kali dan lebih ramah lingkungan. Jika kotor setelah penggunaan, cotton pad hanya tinggal dicuci bersih dengan sabun dan dikeringkan. Tentunya penggunaan cotton pad juga dapat menghemat kantong karena tidak lagi membeli kapas sekali pakai.

Gunakan tote bag atau tas belanja kokoh

Untuk mengurangi penggunaan plastik belanja di supermarket, saat ini sudah banyak disediakan tote bag atau tas belanja kokoh. Penggunaan totebag ini tentu sangat berguna demi mengurangi sampah plastik. Dan tentunya, totebag juga bisa digunakan secara terus menerus saat nantinya akan belanja lagi.

Perbaiki barang yang rusak 

Memperbaiki barang yang rusak juga dapat membantu kurangi sampah di rumah. Padahal, barang yang rusak masih bisa diperbaiki ketimbang harus membeli barang yang baru. Jika tidak ingin dipakai sendiri, barang yang sudah diperbaiki bisa dijual sebagai barang bekas yang masih layak pakai.

Daur ulang barang yang tidak dipakai

Jika sudah berusaha memperbaiki barang yang rusak namun tetap tidak bisa lagi diperbaiki, mungkin ini saatnya untuk mendaur ulang barang-barang tersebut. Mommies dan keluarga bisa mendaur ulang barang tidak dipakai di rumah dengan melihat tutorialnya di media sosial, atau bisa juga diberikan ke lembaga penyedia daur ulang.

BACA JUGA: 7 Layanan Pengumpulan dan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga

Cover: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS