Now Reading
Bolehkah Berhubungan Seks Saat Malam Takbiran Menjelang Idul Fitri? Ini Jawabannya

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Malam Takbiran Menjelang Idul Fitri? Ini Jawabannya

seks saat ramadan

Berhubungan seks saat malam takbiran, boleh nggak sih? Apalagi memang ada waktu-waktu khusus berhubungan seks di bulan puasa. 

Apakah hubungan seks yang dilakukan saat bulan Ramadan bisa dimasukkan dalam kategori ibadah? Ya, bisa, dong. Tentunya sepanjang bulan Ramadan ibadah-ibadah yang diutamakan adalah puasa, mengaji, hingga melaksanakan shalat sunnah Tarawih, sehingga ibadah yang satu ini ada memiliki aturan dan adab-adab yang harus diikuti.  Meski bulan Ramadan adalah bulannya menahan hawa nafsu, melakukan hubungan seks saat Ramadan tetap bisa dilakukan, kok.

seks saat ramadan

Terdapat waktu-waktu tertentu untuk berhubungan seks bagi Anda dan suami selama bulan puasa. Dalam agama Islam, berhubungan seks pada malam hari saat Ramadan memang dianjurkan. Hal ini tertuang dalam Al Quran, sesuai firman Allah SWT lewat surat Al Baqarah ayat 187 yang berbunyi:

“Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.”

Kemudian bagaimana jika berhubungan intim saat malam Ramadan terakhir sebelum Hari Raya? Bolehkan berhubungan intim saat malam takbiran?

Baca juga: Hukum Berhubungan Seks di Bulan Ramadan, Bagaimana Aturannya?

Hukum berhubungan seks saat malam takbiran

Mengutip dari buku Islamic Marriage Handbook karya Sayyid Athar Husayn S.H. Rizvi, berhubungan intim yang dilarang ketika dilakukan saat siang hari saat bulan Ramadan atau ketika dalam keadaan ihram selama haji di Mekkah. Ada pula beberapa kondisi, seperti sedang haid atau nifas yang dilarang berhubungan intim dalam Islam.

Lalu bagaimana berhubungan intim saat malam takbiran? Hukum berhubungan intim saat malam takbiran itu boleh, kok.

Berdasarkan buku Mahkota Pengantin karya Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri’, berhubungan seks pada malam hari justru menjadi waktu terbaik yang disarankan. Anda disarankan berhubungan seks pada malam hari, setelah makanan sudah dicerna, baik saat malam takbiran maupun pada momen lainnya asalkan tidak dalam kondisi yang dilarang.

Lalu, jam berapa sebenarnya  berhubungan seks itu baik dilakukan? Baca penjelasannya di halaman selanjutnya. 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top