10 Tipe Guru Favorit Anak-anak

Sisca Christina
10 Tipe Guru Favorit Anak-anak

Biasanya, tipe guru favorit anak-anak bakalan jadi favorit orang tua juga. Terutama guru yang punya karakter nomor 3 dan 6.

Hari gini anak diajar oleh guru killer? Byeee! Anak-anak bisa menilai guru juga, lho. Mereka tahu guru mana yang menyenangkan dan bisa membuat mereka lebih semangat belajar di sekolah. Menggertak anak dengan mistar atau bicara dengan kalimat memojokkan sudah nggak zamannya. Dari zaman saya sekolah dulu, guru-guru dengan tipe ini biasanya yang disukai anak-anak.

10 Tipe Guru yang Disukai Anak-anak

1. Guru yang humoris
Masih ingat Pak Ribut? Nah, Pak Ribut termasuk kategori guru humoris itu yang bisa menyegarkan suasana belajar. Siswa jadi lebih relaks, nggak tegang dan nggak merasa tertekan ketika belajar. Plus, siswa jadi nggak ngantuk atau ogah-ogahan mendengar paparan teori yang panjang. Guru tipe ini biasanya bisa menyelipkan candaan di sela-sela menerangkan pelajaran sambil memberi contoh-contoh. Namun perlu diingat, hendaknya para guru tetap menjaga norma atau nilai saat bercanda agar tetap wajar dan santun.

Baca juga: Pak Ribut dan Tantangan Pendidikan di Indonesia

2. Guru yang perhatian
Bapak atau ibu guru tipe ini ingat nama-nama anak didiknya. Jika ada murid yang nggak hadir, dia akan mencari tahu penyebabnya. Tak lupa, guru tersebut juga bakal mengimbau pada murid-murid di kelas untuk mendoakan anak tersebut jika sakit. Kalau ada anak yang murung, bapak atau ibu guru tipe ini juga akan menanyakan keadaan anak tersebut. Tipe guru seperti ini bisa merangkul murid-murid.

3. Tipe guru yang sabar
Dari murid playgroup sampai SMU, pasti suka guru yang sabar. Setiap orang tua juga suka banget kalau anak saya diajar oleh guru yang sabar. Bisa mengayomi, mau mendengar cerita atau pendapat anak-anak, dan nggak mudah marah saat anak melakukan kekeliruan. Tipe guru seperti ini membuat siswa merasa aman dan tidak takut mengemukakan pendapatnya saat atau di luar pembelajaran.

4. Guru yang mengajar dengan kreatif
Guru yang mengajar dengan gaya ceramah dan terlalu text book dari dulu nggak pernah masuk ke dalam kategori guru favorit anak-anak. Bikin anak bosan, nggak semangat, dan akhirnya jadi nggak mengerti pelajaran yang diterangkan. Sebaliknya, guru yang membawa bunga ke dalam kelas lalu menunjukkan satu per satu mana kelopak, putik, benang sari, daun hingga batang untuk menerangkan bagian-bagian bunga, akan lebih disenangi siswa.

5. Guru yang helpful
Nggak semua anak punya daya tangkap yang sama dalam menerima pelajaran. Terkadang ada anak yang butuh dibantu atau diterangkan beberapa kali baru mengerti. Guru yang mau membantu anak (tanpa membuat anak ketergantungan akan bantuan tentunya) membuat anak lebih percaya diri.

6. Guru yang tak suka menghakimi
Guru yang suka berkata “Duh, pasti kalian nggak belajar, deh,” atau “Kamu ini bikin onar terus di kelas!” pasti disebelin murid-murid. Sudah dapat nilai kurang, dihakimi pula, siapalah anak yang suka? Sebaliknya, guru yang mampu mencari sebab di balik kekurangan atau kesalahan anak, pasti jadi favorit anak-anak.

7. Tipe guru ramah
Walaupun dari segi usia dan profesi, guru itu jauh lebih senior dibanding anak-anak, tapi jika mau bersikap ramah, murah senyum, dan mau menyapa anak-anak terlebih dahulu, pasti disengangi anak-anak.

8. Guru yang toleran
Mau menerima alasan mengapa siswa terlambat mengumpulkan tugas, misalnya karena sakit atau kondisi di luar dugaan, atau mungkin ternyata tugas tersebut dirasa terlalu sulit, pasti lebih disukai siswa. Ketimbang guru yang menerapkan aturan terlalu ketat dan tidak fleksibel. Bukan berarti guru jadi menanggalkan sikap disiplin dan jadi permisif kepada anak-anak. Namun, jika guru bisa secara seimbang menerapkan disiplin dan toleransi, anak-anak akan jauh lebih respek.

9. Guru yang nggak pilih kasih
Terkadang ada saja guru yang lebih care dengan salah satu atau beberapa anak. Biasanya yang lebih pintar atau rajin. Sedangkan yang kurang taat malah jadi kurang diperhatikan. Atau, terkadang guru memanggil segelintir anak-anak saja saat sekolah online, kurang membagi giliran. Guru yang mampu mengasihi muridnya tanpa pilih-pilih, dan memperlakukan mereka secara setara, akan membuat anak-anak merasa berharga dan sama-sama istimewa.

10. Tipe guru yang kekinian
Anak-anak senang lho, kalau guru ikutan bahas selebgram atau Youtuber yang lagi hype di kalangan anak-anak. Atau guru TK atau SD yang menjadikan lagu D’billions jadi lagu olah raga. Atau, menyebut-nyebut Roblox, Minecraft dan game happening lainnya di sela-sela pelajaran. Bagi mereka, guru seperti itu keren, hehehe.

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top