banner-detik
PARENTING & KIDS

Catat, Ini Daftar Makanan Penting Untuk Sahur dan Berbuka Menurut Dokter Anak

author

fiaindriokusumo05 Apr 2022

Catat, Ini Daftar Makanan Penting Untuk Sahur dan Berbuka Menurut Dokter Anak

Ini dia daftar makanan penting untuk sahur dan berbuka menurut saran dokter anak di Rumah Sakit Hermina Jatinegara. Jangan lupa catat, ya Mommies!

Puasa sebaiknya dilakukan pada anak dengan kondisi yang stabil dan sedang tidak sakit, seperti pada anak dengan diabetes salah satunya. Selain itu, Mommies juga perlu mempertimbangkan puasa pada anak yang harus minum obat rutin setiap hari. Jadwal makan anak dibagi menjadi sahur dan berbuka puasa. Nah pada dua waktu makan ini, maksimalkan kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Secara biologis, tubuh akan bertahan tanpa asupan makanan selama 16 jam. Jika lebih maka tubuh akan mengalami metabolisme yang negatif sehingga waktu berbuka juga tak kalah penting untuk menjaga metabolisme tubuh Si Kecil yang puasa.

Baca juga: 7  Tanda Anak Siap Menjalani Puasa Ramadan

Menu sahur dan berbuka puasa

Untuk mencegah anak lapar saat puasa atau makan secukupnya saat berbuka, Mommies bisa memilih menu makan yang sesuai. Artinya, pilih menu makan yang seimbang untuk anak sahur dan berbuka. Ingat ya, pilih asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tak kalah penting, ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin Si Kecil kenyang lebih lama saat puasa.

Makanan ini bisa diberikan saat sahur, karena anak membutuhkan makanan yang membuatnya kenyang lebih lama. Bagaimana caranya? Siapkan makanan yang mengandung indeks glikemik (IG) rendah atau sedang, seperti beras merah, ubi, kacang hijau, gandum, roti, pisang, atau susu.

Sedangkan saat berbuka puasa, Si Kecil dapat mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti makanan manis, nasi putih, kentang, donat, cokelat, atau es teh. Jenis makanan indeks glikemik tinggi ini akan mengganti kekurangan asupan gula selama anak berpuasa dan cepat membuat kenyang karena cepat dicerna tubuh.

Saat berbuka puasa, anak dapat langsung diberikan makanan manis secara bertahap. Jangan langsung memberikan makanan berat ke anak di awal buka puasa ya.

Seperti apa jenis-jenis makanan dan minuman yang baik bagi anak, di saat sahur dan berbuka puasa? Mommies bisa langsung   baca di halaman ini. 

Photo by Rauf Alvi on Unsplash

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan