Now Reading
5 Rekomendasi Tempat Kursus Musik Anak untuk Kembangkan Bakatnya!

5 Rekomendasi Tempat Kursus Musik Anak untuk Kembangkan Bakatnya!

Kalau anak terlihat memiliki bakat di bidang musik, jangan ragu daftarkan mereka ikut kursus musik supaya bakatnya semakin berkembang!

Kursus musik anak adalah salah satu kegiatan di luar sekolah yang banyak dipilih oleh orang tua untuk buah hatinya. Tidak hanya kurus vokal, tetapi juga kurus berbagai alat musik yang bisa menunjang kemampuan anak di masa depan.

Blessing in disguise, pandemi dua tahun belakangan ini membuat teknologi semakin canggih dan mempermudah banyak kegiatan dari rumah, termasuk belajar mengajar. Jadi, Anda pun bisa semakin mudah membantu anak-anak ikut kursus musik langsung dari rumah.

Kalau Anda yakin anak punya bakat musik, jangan ragu untuk mengambangkan bakatnya!

BACA JUGA: Alasan Saya Tak Ragu Mengenalkan Musik kepada si Kecil Sedari Dini

Tanda Anak Punya Bakat Musik

Ada cara mudah untuk melihat apakah anak memiliki bakal musik dalam dirinya. Dilansir dari Da Capo Academy of Music, ini tanda anak punya bakat musik yang bisa Anda lihat!

1. Anak sering bersenandung atau menyanyikan lagu yang mereka pernah dengan di suatu tempat sebelumnya. Otak anak tampaknya sangat baik dalam menyerap dan mengingat informasi musik dan mereka memperoleh banyak kesenangan dari menciptakansendiri nadanya sesuka hati.

2. Sering mengoreksi ketika ada kesalahan nada atau suara yang didengarnya. Ini adalah contoh kepekaan yang meningkat terhadap suara yang hanya akan diperlihatkan oleh seseorang dengan bakat musik di atas rata-rata.

3. Mengabiskan banyak waktu untuk musik. Bagi anak-anak berbakat musik, alat musik bisa seperti magnet. Mereka bisa menghabiskan waktu ebrlama-lama hanya untuk mengulik nada-nada yang berbeda.

4. Sering bicara tentang musik atau mendengarkan musik. Anak-anak yang punya bakat musik cenderung mendapatkan lebih banyak stimulasi dari musik daripada dari aktivitas lain yang disediakan. Itu merupakan indikasi kuat dari bakat musiknya.

5. Mampu mengenali lagu walau hanya mendengarkan sebentar. Ini mungkin tanda yang umum, tetapi anak-anak dengan kemampuan ini sudah pasti memiliki potensi musik yang kuat dalam dirinya.

6. Mudah mengenali nada dan ketukannya dengan cepat. Anak-anak yang memiliki bakat musik mempunyai rasa ritme yang kuat dan membuat mereka selalu mengikuti irama dan ketukan nada dengan mudah.

BACA JUGA: Ingin si Kecil Mencintai Musik? Coba 5 Hal Ini, Deh!

Rekomendasi Tempat Kursus Musik Anak

Jika yakin si kecil memiliki bakat musik dalam dirinya, sekarang saatnya Anda memilih tempat kursus musik anak yang tepat. Berikut beberapa pilihannya!

1. Modern Kawai Music School

Sekolah Musik Modern Kawai (SMMK) memakai kurikulum Kawai Jepang yang berstandar Internasional. Akan ada ujian kenaikan level yang dilakukan secara berkala, dan siswa yang lulus akan mendapat Sertifikat Internasional Kawai Jepang. Program yang tersedia mulai dari piano klasik, drum, gitar dan bass, biola, keyboard, vokal, dan kelas dasar musik.

2. Yamaha Music School

Nama Yamaha tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Yamaha Music School berada di bawah naungan Yayasan Musik Indonesia (YMI) yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Tersedia kurang lebih 1000 tenaga pengajar untuk mendidik anak-anak yang memiliki minat dan batak di dunia musik. Anak bisa pilih aneka kursus alat musik yang dia sukai di sini!

3. Purwa Caraka Musik Studio (PCMS)

Memiliki 76 cabang di Indonesia dengan siswa kurang lebih 22.000 orang, PCMS telah berpengalaman selama 20 tahun mendidik dan mencetak musisi terbaik Indonesia. Di sini anak bisa mengikuti kursus piano klasik dan pop, keyboard, gitar klasik dan elektrik, gitar bass, drum, violin, dan juga kelas vokal.

4. Erwin Gutawa Music School

Walau masih terbilang baru karena berdiri tahun 2017, tetapi nama Erwin Gutawa tentu tidak perlu lagi diragukan. Tempat kursus musik ini dirancang khusus untuk menghasilkan musisi yang mampu bersaing di ajang musik nasional dan internasional, sekaligus memberi kegiatan untuk pecinta musik.

5. The Resonanz Music Studio

The Resonanz Music Studio dipimpin langsung oleh Avip Priatna, salah satu konduktor terbaik Indonesia. Di tempat kursus musik ini ada beragam pilihan kelas, muali dari instrumen, paduan suara, vokal, conducting hingga masterclass. Fasilitasnya lengkap dan selalu ada konser musik untuk para murid secara berkala.

BACA JUGA: Musik Sebagai Terapi Penyakit, Memang Bisa?

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top