Now Reading
7 Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik dan Tips Mengatasinya untuk Orang Tua

7 Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik dan Tips Mengatasinya untuk Orang Tua

Berat badan anak yang susah naik seringkali jadi hal yang sangat dikhawatirkan orang tua. Apalagi jika berat badannya tidak ideal dengan usia anak.

Mengatasi masalah berat badan anak yang susah naik bukan hal yang mudah. Mommies harus mencari tahu dulu apa penyebab di balik hal tersebut sebelum akhirnya bisa menemukan penanganan yang tepat. Menurut Dr. Christiana R. Setiawan, Sp.A, dari Bethsaida Hospital, dibutuhkan pengetahuan yang benar tentang nutrisi terlebih dahulu oleh para orang tua.

BACA JUGA: 15 Makanan yang Baik dan Buruk untuk Perkembangan Otak Anak

Penyebab Berat Badan Anak susah Naik

berat badan anak

Ini dia 7 penyebab berat badan anak susah naik dan cara mengatasinya!

1. Faktor genetik

Menurut Dr. Christiana, ada banyak factor yang menyebabkan berat badan seorang anak sulit naik, yang secara garis besar dibagi menjadi dua faktor, yaitu genetik dan lingkungan. “Faktor genetik disebut juga faktor keturunan, misalnya seorang anak akan mempunyai kecenderungan untuk mengikuti postur tubuh orangtuanya apakah kurus atau gemuk, tinggi atau pendek,” jelas Dr. Christiana.

Jadi, jika Anda atau keluarga memiliki postur tubuh yang kurus dan kecil, maka kemungkinan anak akan tumbuh dengan postur yang serupa.

2. Kurang asupan nutrisi

Anak usia sekolah biasanya butuh asupan gizi yang lebih banyak dibanding balita sebab mereka sudah lebih aktif berkegiatan. Semua makanan yang disantap perlu mengandung nutrisi lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, air, vitamin, hingga mineral.

Mungkin si kecil kekurangan beberapa nutrisi dalam piring makannya. Anda bisa mencoba mengecek lagi pilihan makanan yang diberikan untuk anak, apakah sudah menenuhi semua asupan nutrisi yang dibutuhkan mereka atau belum. Pastikan juga semuanya seimbang, ya.

3. Kebiasaan makan yang tidak tepat

Apakah si kecil makan tiga kali sehari dengan jadwal yang tepat dan rutin? Jika tidak, makan hal itu bisa jadi salah satu pemicu berat badan anak susah naik. Apalagi jika ditambah dengan kebiasaan ngemil anak yang berdekatan dengan jam makan sehingga membuat perut kenyang dan menunda jam makan.

Sekarang Anda bisa mencoba mengatur ulang jam makan anak dengan teratur. Berikan makan pada jam yang rutin dan atur pemberian camilan beberapa jam sebelum makan untuk menjaga napsu makan anak.

BACA JUGA: 8 Makanan yang Membantu Meningkatkan Konsentrasi Anak

4. Anak tidak selera makan

berat badan anak

Cari tahu alasan kenapa anak tidak selera makan sehingga membuat berat badannya susah naik. Jika penyebabnya karena masakan Anda yang kurang variatif, cobalah sedikit lebih keras untuk membuat anak menyukai makanan yang Anda buat.

Mommies bisa membuat tampilannya menarik atau fokus pada rasanya yang berbeda tapi cocok di lidah anak. Menunya bisa diselang-seling sehingga membuat anak menantikan sajian Anda berikutnya sekaligus tidak terlalu merepotkan Anda.

5. Si kecil picky eater

Masalah picky eater cukup membuat banyak orang tua pusing. Anak enggan menyentuh jenis makanan tertentu tapi kandungan nutrisinya sangat diperlukan tubuh. Anda bisa mencari trik mengolah bahan makanan tersebut hingga tampil beda dan cocok di mulut anak. Mungkin tidak akan berhasil pada percobaan pertama tapi jika terus mencoba dan bersabar, pasti akan ditemukan jalan keluarnya.

Persilahkan juga anak untuk makan sesuai dengan gayanya, asalkan tetap sopan. Anda juga bisa menciptakan suasana makan yang menyenangkan, misalnya dengan makan bersama sambil membicarakan hal-hal yang disukai anak.

6. Punya alergi

Penyebab berat badan anak susah naik berikutnya adalah karena adanya alergi. Alergi anak terhadap satu makanan tertentu tak hanya membuat berat badannya susah naik tapi juga tubuhnya kesakitan akibat efek alergi yang terjadi.

Setelah membawa ke dokter untuk mengetahui alerginya dengan jelas, hindari memberi anak makanan atau minuman yang bisa memicu reaksi alergi. Jika ada sumber makanan pengganti, maka carilah.

7. Memiliki masalah kesehatan

Apabila semua tips diatas sudah dicoba tapi berat badan anak tetap susah naik, mungkin ada baiknya Anda periksakan kondisi si kecil ke dokter. Mungkin saja dia memiliki penyakit dalam yang memengaruhi kemampuan tubuhnya untuk menyerap nutrisi yang masuk. Dokter pasti akan membantu memberikan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: 7 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Makan Sehat

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top