banner-detik
PARENTING & KIDS

Sifat Anak Sulung yang Umum Dimiliki dan Cara Terbaik Orang Tua Memahami Mereka

author

Katharina Menge21 Feb 2022

Sifat Anak Sulung yang Umum Dimiliki dan Cara Terbaik Orang Tua Memahami Mereka

Jika dilihat ternyata sifat anak sulung punya banyak kesamaan satu sama lain. Ini persamaan sifat mereka dan tips untuk orang tua agar lebih memahami mereka.

Membahas sifat anak sulung dan urutan anak lainnya dalam keluarga adalah hal yang cukup menarik. Walau setiap anak, apa pun urutannya, punya sifat dan kepribadian yang berbeda-beda, tetapi menurut Alfred Adler, seorang psikiater Austria, hampir semuanya memiliki beberapa persamaan yang umum.

Hal itu karena menurut Alfred urutan kelahiran dalam sebuah keluarga memiliki efek mendalam pada kepribadian seseorang, dan dapat memengaruhi segalanya, mulai dari pilihan karier hingga siapa sosok orang yang akan dicintai.

Para peneliti di University of Illinois, Amerika Serikat, melakukan survei terhadap 377.000 anak sekolah dan menemukan adanya kesamaan pada sifat anak sulung. Ternyata ditemukan beberapa sifat dan kepribadian yang umum dimiliki anak sulung dan perlu diperhatiaj oleh para orang tua untuk lebih memahami mereka demi tumbuh kembang yang maksimal.

BACA JUGA: Menghadapi Pertengkaran Kakak Adik

Sifat Anak Sulung yang Banyak Ditemui

sifat anak sulung

Ini lima deretan sifat anak sulung yang pasti banyak dimiliki dan cara bagi para orang tua untuk lebih memahami serta memaksimalkan potensi baik dalam diri mereka.

1. Lebih Mandiri

Anak sulung cenderung lebih mandiri. Sifat ini terbentuk karena mereka terbiasa dilepas oleh orang tua saat mereka tengah sibuk mengurus adik-adiknya. Orang tua menganggap anak sudah ‘dewasa’ sehingga tak masalah jika ditinggal, yang kemudian membuat anak sulung terbiasa mencari cara untuk menghibur serta memenuhi kebutuhannya sendiri.

Dalam hal ini orang tua harus paham meski lebih besar, tetapi anak pertama tetaplah anak-anak. Melatih anak mandiri adalah hal yang baik tapi jangan sampai membuat mereka merasa dinomorduakan dan kebutuhannya tidak dipenuhi karena Anda terlalu sibuk mengurus sang adik.

2. Mudah Peduli pada Orang Lain

Anak tertua bisa mengasuh dan merawat orang lain dengan lebih telaten saat dibutuhkan. Tumbuh dengan satu atau lebih saudara kandung membuat anak pertama menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengurus adik-adiknya. Jadi, sifat kepedulian anak pertama sangat mudah terlihat dalam kesehariannya.

Sifat ini baik dan perlu dipupuk untuk masa depan anak. Namun, ingatkan si kecil bahwa dia juga harus peduli pada kebutuhan dirinya sendiri. Jangan sampai demi orang lain dia rela mengalah dan melepaskan hal-hal yang penting baginya.

3. Punya Standar yang Tinggi

Anak sulung adalah yang pertama dari segalanya. Karena baru memiliki anak, orang tua pertama kali sering terlalu khawatir anaknya terluka atau mengalami masalah. Hal ini membuat orang tua menjadi lebih ketat dalam mengasuh anak pertama, sebelum kelahiran anak berikutnya.

Orang tua yang tidak berpengalaman sering kali memiliki harapan yang cukup tinggi untuk anak pertamanya dan ingin mereka sukses. Itulah yang membuat anak pertama seringkali memiliki standar yang tinggi akan segala hal di sekitarnya. Jika tidak dituntun, anak bisa tumbuh jadi pribadi yang perfeksionis dan mudah cemas sehingga bisa memberi tekanan pada dirinya sendiri untuk berhasil.

4. Bossy

Terbiasa dituntut untuk menjadi contoh yang baik dan menjaga adik-adiknya, anak sulung cenderung bersikap sebagi pemimpin yang perkataannya harus dituruti oleh sang adik. Mereka akhirnya cenderung jadi suka memerintah dan ingin segala sesuatunya dilakukan dengan caranya.

Anak sulung biasanya melontarkan perintah yang sama seperti yang dia dengar dari mulut orang tua. Jadi, jika orang tua terlalu sering mengeluarkan kalimat perintah, maka mereka akan terbiasa juga melakukannya, tak hanya di rumah tapi juga dengan teman-temannya. Sebisa mungkin kurangi kebiasaan ini.

5. Cenderung Lebih Pintar

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Human Resources ditemukan fakta bahwa anak sulung memiliki kepintaran di atas adik-adik mereka dalam hal kognitif, bahkan sejak bayi. Anak pertama juga lebih mudah untuk sukses dalam bidang akademis dan intelektual berkat jenis pengasuhan maksimal yang di alami saat kecil.

Sifat ini tumbuh karena sebagai anak pertama, orang tua selalu memberikan semua yang terbaik, termasuk dalam hal pendidikan. Maksimalkan pendampingan dalam pendidikan tapi ingatkan mereka untuk tidak memandang rendah adik-adiknya dan mau mengajari mereka di kemudian hari.

BACA JUGA: 4 Kesalahan yang Dilakukan Ibu Baru Saat Memiliki Anak Pertama

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS