banner-detik
EDUCATION

Rekomendasi SD Montessori di Jabodetabek dan Jawa

author

Dhevita Wulandari16 Feb 2022

Rekomendasi SD Montessori di Jabodetabek dan Jawa

Tertarik menyekolahkan anak dengan metode Montessori? Berikut beberapa SD Montessori di Jabodetabek dan Jawa yang bisa Mommies pilih.

Sering mendengar Montessori untuk anak? Montessori sendiri adalah sebuah metode belajar yang membantu anak untuk mencapai potensinya dan mengajarkan anak cara hidup dengan kemandirian dan keaktifan anak. Sehingga, Montessori berbeda dengan kurikulum sekolah pada umumnya. Cara Montessori ini lebih melibatkan anak dalam belajar secara keseluruhan dengan praktik langsung dan permainan kolaboratif, serta melibatkan kegiatan sehari-hari anak dan bukan hanya di ruangan kelas saja.

Jika Mommies tertarik memasukkan anak ke SD Montessori untuk lebih mengembangkan potensi dalam diri anak, berikut ini beberapa daftar SD Montessori di Jabodetabek dan sekitar Jawa yang bisa Mommies pilih.

Jakarta Montessori School

Alamat: Jl. Durian No.10, RT.8/RW.5, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jakarta 12620

Telepon: (021) 7272162

Website: www.jakartamontessori.sch.id

Di Jakarta Montessori School, anak bertanggung jawab atas pembelajaran dan perawatan kelas mereka.Para guru tentunya akan membimbing dan memfasilitasi para murid dengan cara yang menarik. Pada keterampilan Matematika dan Bahasa, anak akan menggunakan materi Montessori untuk memperkenalkan berbagai konsep. Guru juga akan menceritakan narasi tentang bagaimana alam semesta, kehidupan, dan peradaban muncul. Melalui metode narasi inilah, topik mulai dari Sains, Sejarah, Geografi, Geologi, Biologi, Zoologi, Astronomi, Arkeologi, Botani, Fisika, Kimia, dan banyak lainnya diajarkan pada anak yang kemudian anak akan mempelajari lebih dalam secara individu atau kelompok.

Jayakarta Montessori School

Alamat: Jl. Kemang Selatan I Blok L-1, RT.5/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730

Telepon: (021) 7194908

Website: www.jktmontessori.com

Jayakarta Montessori School memiliki kurikulum yang merupakan gabungan dari beberapa standar tertinggi yang tersedia di dunia akademis Indonesia dan Internasional, termasuk sistem Matematika Singapura, Bahasa, Membaca dan Menulis dari sistem Amerika, dan sistem Ilmu Sosial yang berbasis di seluruh dunia. Ada juga pelajaran Sains dan mata pelajaran khusus untuk melengkapi pengalaman pendidikan anak secara menyeluruh,serta proyek seni dan pertunjukkan musik untuk memastikan kreativitas mereka tetap terstimulasi.

BACA JUGA: Tertarik pada SD Montessori? Ini Tips Memilih dan Informasi Biayanya

Green Montessori School

Alamat: Jl. Duren Tiga Raya No.133, RT.6/RW.6, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan 12760

Telepon: (021) 7984851

Website: www.greenmontessori.sch.id

Green Montessori adalah sekolah Montessori otentik pertama dengan nilai-nilai Islam di Indonesia. Program Montessori dari sekolah ini dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan perkembangan usia sekolah dasar, sekaligus untuk mempersiapkan anak menjadi khalifah Muslim di masa depan. Kegiatan yang dilakukan di kelas menekankan pada kemandirian, nilai-nilai Islam, pengembangan holistik, proyek kolaboratif, pengabdian masyarakat, pembelajaran reflektif dan aktif, sementara pada saat yang sama mencakup kurikulum nasional Montessori dan Indonesia. Mata pelajaran yang ada mulai dari Studi Islam, Kehidupan Praktis, Bahasa, Matematika, Geografi, Botani, Zoologi, Sains, Sejarah, Pendidikan Jasmani, Musik, Tari, hingga Seni dan Kerajinan.

Depok Montessori School

Alamat: Depok Maharaja D7-1, Jalan Sawangan Raya, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16435

Telepon: (021) 77885753

Website: www.depokmontessori.org

Depok Montessori School memiliki kurikulum Montessori untuk anak sekolah dasar usia 6-12 tahun yang disusun untuk membantu para siswa menjadi orang yang berpikir independen. Tentunya para guru juga akan terus mendukung siswa untuk berkontribusi dalam kelompok sebaik-baiknya. Pendekatan pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk mempunyai tanggung jawab pribadi, tanpa membandingkan dengan siswa lainnya. SD Montessori ini memiliki kurikulum yang mencakup 11 area topik penting, yaitu Agama, Bahasa, Geografi, Musik, Sejarah, Biologi, Pendidikan Kosmik, Matematika, Seni, Pendidikan Jasmani, dan Pendidikan Karakter.

Pascal Montessori

Alamat: Jl. Guntur No.14, Malabar, Kec. Lengkong, Bandung, Jawa Barat 40262

Telepon: (022) 7321244

Website: www.pascalmontessori.com

Instagram: @pascalmontessori

Pascal Montessori menggunakan program Montessori lengkap yang mencakup lima bidang pembelajaran, yaitu Bahasa, Sensori, Matematika, Kehidupan Praktis, dan Budaya. Kurikulum untuk sekolah dasar pada usia 6-9 tahun dirancang untuk mengikuti semangat alami anak-anak untuk belajar dengan Lima Pelajaran Besar, seperti Datangnya Alam Semesta dan Bumi, Datangnya Kehidupan, Yang Kedatangan Manusia, Kisah Bilangan, dan Sejarah Manusia. Kemudian, pada usia 9-12 tahun, anak akan mendalami kurikulum sebelumnya dengan jurnal dan penelitian lebih lanjut. Tugas-tugas ini didasarkan pada kebebasan belajar, namun berfungsi juga untuk meningkatkan kemandirian anak.

Jogjakarta Montessori School

Alamat: Jl. Lempongsari Sari No.136b, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Telepon: (0274) 885888

Website: www.bambini.sch.id/elementary

Jogjakarta Montessori School menyediakan kurikulum yang dirancang dengan cermat untuk mengintegrasikan milestone dari kurikulum Montessori dan kurikulum nasional Indonesia yang diterapkan pemerintah saat ini. Para siswa menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar yang bertujuan untuk memupuk rasa memiliki rasa kemanusiaan yang lebih luas dan untuk menghargai budaya mereka sendiri. Kurikulum Montessori ini dapat memberikan para siswa berbagai pembelajaran dan eksplorasi melalui mata pelajaran yang dipelajari, seperti Matematika (Aritmatika, Geometri, dan Pra-Aljabar), Seni Bahasa, dan Studi Budaya (Sains, Sejarah, dan Geografi).

Surabaya Montessori School

Alamat: Jl. Manyar Kartika Timur No.1, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60118

Telepon: (031) 5965791

Website: https://surabayamontessori.business.site/

Instagram: @sby_montessori

Surabaya Montessori School adalah sekolah berbasis kurikulum nasional yang dikombinasikan dengan metode dan alat Montessori yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Pembelajaran yang disediakan seperti kehidupan praktis, sensorik, matematika, kegiatan multi-bahasa (Bahasa, Inggris, dan Mandarin), dan budaya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sekolah Montessori di Tangerang Selatan

Palm Trees Montessori School

Alamat: Jl. Pesantren No.35, RT.02/RW.01, Jelupang, Kec. Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15323

Telepon: (021) 53153658

Website: www.palmtreesmontessori.com

Instagram: @palmtreesmontessori

Palm Trees Montessori School memiliki program Montessori yang menawarkan instruksi dan evaluasi individual. Siswa akan dikelompokkan dalam pengaturan multi-usia, yaitu usia 6-9 atau 9-12 tahun, untuk memungkinkn perkembangan kognitif tanpa persaingan.

Program dasar Montessori menawarkan instruksi dan evaluasi individual. Siswa dikelompokkan dalam pengaturan multi-usia, usia 6-9 atau 9-12. Para siswa juga akan diajarkan akademik yang lebih mendalam dengan mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa, Metode Penelitian, Seni, Musik, Ilmu Kesehatan Teater, Botani, Zoologi, Astronomi, Ekologi, Energi, Sejarah, Budaya/Geografi Fisik, dan Pendidikan Jasmani. Ruang kelas juga terbagi sesuai multi-usia agar dapat memunculkan semangat kerjasama daripada persaingan. Sehingga, hal ini memungkinkan anak-anak tumbuh secara emosional dan intelektual dengan kecepatan mereka sendiri.

Cherry Montessori School

Alamat: Boulevard Harapan Indah 2 Blok RV 2 No.10, RT.10/RW.8, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi 17214

Telepon: 08119983788

Website: www.cherrymontessori.sch.id/curriculum/elementary/

Cherry Montessori School menerapkan kurikulum berbasis metode Montessori. Untuk anak sekolah dasar, pelajaran yang ditawarkan sekolah ini yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Sains, Komputer, Bahasa Mandarin, PKn/IPS, dan IPA.

Prime Smart Islamic Montessori

Alamat: Jl. Kuningan Raya No.7, Antapani Tengah, Kec. Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat 40291

Telepon: (022) 7202096

Website: www.primesmart.co.id

Instagram: @primesmartschool

Prime Smart Islamic Montessori menerapkan program Montessori yang berdasarkan pengarahan diri sendiri, kegiatan non-kompetitif, dan membantu anak mengembangkan citra diri dan kepercayaan diri yang kuat untuk menghadapi perubahan dan tantangan dengan optimis. Pelajaran terdiri dari Agama, Matematika, Bahasa, Latihan Hidup Praktis, Sensorik dan Budaya. Di samping metode Montessori, program tematik dimasukkan ke dalam kurikulum harian, seperti memasak, mendongeng, tamasya, sains, seni dan kerajinan, musik dan gerakan, senam, hingga perayaan budaya.

Cover image: Photo by Yan Krukov on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan