banner-detik
NEW PARENTS

MD Review Head to Head: Breast Pump Medela Swing VS Opia Pearl

author

retinaputri13 Feb 2022

MD Review Head to Head: Breast Pump Medela Swing VS Opia Pearl

Setelah menggunakan dua breast pump ini, saya jadi ingin melakukan review head to head. Kira-kira mana yang jadi juaranya?

Review Breast Pump Medela Swing

Waktu pemakaian: 12 bulan

Harga: 2.200.000 – 2.690.000 (official store)

Detail produk:

Ketika membeli produk ini berikut adalah kelengkapan yang Mommies dapatkan:

1 Unit Motor

1 Personal Fit Breast shield Uk. M (24mm)

1 Konektor Swing

1 Botol 150 ml

1 Tutup botol dan Stand (untuk meletakkan botol)

1 Adaptor listrik

Selang Swing

Review:

Medela Swing merupakan single elektrik pumping yang memiliki 2 mode, yaitu mode massage untuk stimulasi awal dan mode expression untuk memerah. Mode Medela Swing ini akan otomatis berpindah dari massage ke mode memerah dalam 2 menit.  Baik mode massage maupun expression memiliki 10 tingkat kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna.

Suara yang dikeluarkan ketika mesin pumping menyala cukup keras dan sesuai dengan tingkat mode yang sedang digunakan. Medela swing bisa digunakan dengan colokan langsung ke listrik atau menggunakan baterai (yang tidak rechargeable).

Baca juga: 25 Rekomendasi Produk Untuk Ibu Menyusui

OPIA PEARL

Durasi pemakaian: 10 bulan

Harga:1.690.000

Detail produk:

Ketika membeli produk ini berikut adalah kelengkapan yang Mommies bisa dapatkan:

1 Mesin Adaptor

2 Corong

2 Selang

2 Valve

2 Botol ASI 150 ml lengkap dengan tutup

1 USB Adapter

1 USB Cable (1.2meter)

2 Tatakan Botol

2 Silicone Massager

Review:

Opia Pearl adalah double pump yang rechargeable dan sudah dilengkapi dengan metode Closed System, artinya ASI perah tidak akan masuk ke dalam mesin melalui selang. Pearl juga memiliki 2 mode yaitu mode Massage dan mode Expression /Memerah. Untuk mode Massage memiliki 7 level di mana masing-masing level memiliki gerakan sedot yang berbeda, sedangkan mode expression terdiri dari 9 level yang dibedakan oleh tingkat kekencangan sedotannya.

Baca juga: Manajemen ASIP Untuk Ibu Bekerja

Head to Head:

Untuk medela keunggulannya adalah part-nya tidak terlalu banyak, sehingga proses penyuciannya simple. Sedotannya juga relatif lebih halus. Namun sayangnya medela belum closed system, sehingga beberapa kali ketika sudah terlalu penuh asi masuk keselang bahkan hampir masuk ke mesin.

Sedangkan untuk opia, hal yang paling saya sukai adalah bentuknya yang kecil dan bisa di-charge. Sehingga memungkinkan saya untuk bisa pumping di mana pun. Dalam 1 kali charge full biasanya bisa saya gunakan untuk 2-3x siklus pumping.

Namun sayangnya parts dari opia ini cukup banyak, sehingga setiap akan pumping cukup banyak printilan yang harus dirakit, selain itu walaupun dual pumping menurut saya ketika digunakan keduanya kekuatan isapannya akan terbagi sehingga tidak sekuat ketika hanya digunakan 1 pumping saja.

Jika dilihat dari ukurannya, keduanya memiliki ukuran yang cukup kecil untuk dibawa berpergian. Suara yang dikeluarkan oleh keduanya juga cukup aman tidak mengganggu baby yang sedang tidur.

My choice:

Berdasarkan perbandingan di atas, jika saya harus pilih satu saya akan memilih Opia Pearl. Karena memudahkan saya yang bekerja dan tidak selalu ketika pumping ada colokan yang bisa digunakan. Selain itu bentuknya juga lebih kecil sehingga lebih simple untuk dibawa-bawa.

Kalau Mommies ada model breast pump lain yang jadi favorit, boleh sharing di kolom komen ya.  Atau agar #bebasnyesel nggak salah beli barang, ikutan review di MD Reviews  

Photo by Nikolai Chernichenko on Unsplash

Share Article

author

retinaputri

-

banner-detik

POPULAR ARTICLE

banner-detik
banner-detik

COMMENTS