Now Reading
4 Hal yang Perlu disiapkan Sebelum Menjadi Orang tua

4 Hal yang Perlu disiapkan Sebelum Menjadi Orang tua

Walau banyak yang harus disiapkan sebelum menjadi orang tua, namun empat hal ini penting banget disiapkan, agar kita bisa membesarkan anak yang bahagia.

Zaman saya dulu mau menikah kemudian hamil, mama hanya mengingatkan mengenai proses melahirkan yang tidak mudah. Tidak ada penjelasan atau obrolan mengenai betapa beratnya menjadi orang tua.

Waktu berjalan, kemudian saya memiliki dua orang anak, dan di usia anak-anak saya yang “baru” menginjak usia 13 dan 15 tahun, entah sudah berapa kali saya berdiskusi dengan mereka mengenai pentingnya persiapan sebelum menikah dan sebelum menjadi orang tua.

Perubahan pola asuh membuat kelompok orang tua seumuran saya rasa-rasanya jadi lebih aware dan lebih mempersiapkan generasi anak-anak kami untuk bisa menjadi orang tua yang bertanggung jawab.  Memang, kira-kira, apa saja sih yang perlu kita siapkan sebelum kita memutuskan untuk hamil dan menjadi orang tua?

Berdasarkan pengalaman saya dan banyak orang tua lainnya, berikut lima hal yang penting untuk kita bahas sebelum menjadi orang tua:

  1. Siapkan mental

Ini saya taruh di posisi nomor satu karena bagi saya, mental yang sehat adalah pondasi utama untuk menjadi orang tua. Mau kita berpendidikan tinggi, uang di rekening tidak terbatas, pekerjaan mapan, namun ketika secara mental kita belum siap, akan percuma.

Mental yang masih penuh luka masa lalu

Mental yang masih penuh dengan amarah

Mental yang masih penuh dengan dendam

Tidak akan membuat kita menjadi orang tua yang bahagia, tidak akan membuat anak-anak kita tumbuh menjadi sosok yang bahagia. Maka, pastikan, kita sudah berdamai dengan segala luka, kita sudah tenang dan stabil sebelum kita membesarkan sosok manusia lain dalam hidup kita.  Tak hanya kita, namun juga kenali kondisi kesehatan mental pasangan.

 

2. Siapkan finansial

Ketika kita memiliki kondisi finansial yang baik, kita jadi bisa membuat perencanaan jangka panjang, tak hanya untuk Si Kecil, tapi juga untuk diri kita seperti persiapan dana pensiun. Jangan hanya memikirkan biaya konsultasi ke dokter dan biaya persalinan, tapi masih banyak biaya-biaya lain yang mengikuti ketika kita memiliki anak. Biaya vaksin, biaya pendidikan, biaya les ini itu, biaya kesehatan, biaya sandang, pangan, papan. Itu baru bicara mengenai kebutuhan anak. Belum lagi kebutuhan kita sendiri sebagai orang tua. Kebutuhan gaya hidup, asuransi kesehatan, belum segala macam cicilan plus masa pensiun.  Maka, pastikan kita memulai perjalanan sebagai orang tua tanpa beban yang terlalu besar di dalam hal finansial.

 

3.  Jangan lupakan pasangan

Menjadi orang tua membuat fokus kita berpusat pada Si Kecil. Apakah salah? Nggak juga, namanya insting orang tua, tentu saja ingin melindungi anak dan tidak mau lepas sedikit pun menyaksikan tumbuh kembangnya. Namun, jangan lupa, bahwa di dalam keluarga, tak hanya tentang kita dan Si Kecil, namun juga ada pasangan kita. Pasangan yang seharusnya menjadi tempat kita bercerita, berbagi tanggung jawab, berbagi kebahagiaan. Jangan sampai, kehadiran Si Kecil membuat kita abai dengan kebutuhan pasangan. Ini berlaku dua arah, baik dari istri maupun suami. Pahami kebutuhan pasangan kita. Bahkan tentang urusan ranjang. Ketika kita dan pasangan bahagia, anak juga merasakannya, lho!

 

4.  Peduli dengan kesehatan fisik kita

Bicara kesehatan mental jangan lantas mengabaikan kesehatan fisik. Bagaimana pun kita tentu ingin si tubuh ini berada di dalam kondisi prima ketika menjalani kehamilan, persalinan hingga proses menyusui kelak. agar kita tetap bisa memberikan nutrisi yang terbaik untuk dikonsumsi Si Kecil sambil menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Jangan sampai, kesehatan buat Si Kecil kita maksimal banget, tapi kesehatan diri sendiri terlupakan begitu saja. Maka, ayo pahami nutrisi yang baik untuk diri kita sendiri terlebih dulu, supaya kita bisa melakukan hal yang sama pada Si Kecil.

Nah, mulai hari Jumat, 21 Januari 2022 besok, kembali hadir rangkaian Power Hour by Mommies Daily, di mana akan berlangsung selama 3 hari secara virtual, untuk membahas beragam topik yang sangat sangat dibutuhkan oleh para calon orang tua maupun orang tua baru.

Jangan sampai ketinggalan dan catat tanggal serta waktunya ya :).

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top