Dari Para Selebritis Ini Kita Belajar Sebagai Orang tua

Pak Doddy, ibunda Gaga dan Ivan Gunawan mengajarkan kita hal-hal yang harus dihindari sebagai orang tua. Namun ada yang bisa kita contoh dari papa Gabor, Larissa Chou hingga pak Faisal.

Tak seorang pun bisa menghakimi apakah seseorang sudah menjadi orang tua yang baik bagi anaknya. Namun demikian, ada hal-hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan para public figure yang belakangan tengah menjadi sorotan ini.

Ketulusan memang hal yang sangat personal, akan tetapi, kontroversi dan sensasi adalah fakta yang tak bisa dipungkiri. Kalau saja anak atau sosok mereka bukan selebritas, barangkali nama mereka juga tidak akan pernah kita kenali. Bagaimana pola asuh mereka, juga tidak akan menjadi urusan kita-kita. Dari sensasi yang mereka buat, kita jadi bisa mengambil beberapa pelajaran hidup.

Yang dihindari:

Pak Doddy, Hobi Cari Sensasi

Belum juga tiga tahun usia Gala, ia sudah menjadi bahan rebutan dua keluarga kakeknya, dari pihak ibu dan ayah. Doddy, ayah dari pihak Vanessa Angel, yang sejak awal kematian anaknya, tak pernah sepi bikin heboh. Banyak yang menganggap niatan Doddy tidak tulus. Cari sensasi. Misalnya, ia menuntut hak perwalian Gala sampai ke pengadilan. Doddy juga sibuk memperlihatkan perannya sebagai sosok ayah yang penuh perhatian dan sangat mengasihi anaknya dengan melakukan tabur bunga di jalan tol, tempat terjadinya kecelakaan yang merenggut maut Vanessa, melapor ke Komnas Anak dan KPAI mengaku dihalangi untuk menengok cucu, rencana memindahkan makam Vanessa agar berdampingan dengan makam ibundanya, dan banyak lagi lainnya. Sepak terjang yang justru semakin meningkatkan kecurigaan publik: demi apa?

Janariyah, Ibunda Gaga Muhammad – Melempar Tanggung Jawab

Sejak mengalami kecelakaan dalam mobil yang dikemudikan Gaga tahun 2019, Laura mengalami kelumpuhan hingga akhir hayatnya. Semua mata pun tertuju pada Gaga, sejauh mana ia mau bertanggung jawab. Kabar yang terdengar, hubungan asmara keduanya putus dan keluarga Laura membawa perkara ini ke pengadilan. Apa yang terjadi antara keluarga Gaga dan keluarga Laura, kita tidak pernah tahu pasti. Sampai kemudian, ibunda Gaga akhirnya muncul ke publik dalam wawancara dengan Nikita Mirzani. Dengan tegas, ia membela Gaga. Tentu wajar, orang tua mana yang tidak cinta anaknya.

Namun, yang disayangkan, pernyataannya justru tidak menunjukkan empati pada Laura dan tidak ada itikad pihak keluarga mau menunjukkan tanggung jawab. Di antaranya, Janariyah meragukan kematian akibat lumpuh setelah kecelakaan bersama Gaga. Untuk memastikan, Janariyah menyebut, perlu ada pemeriksaan dulu sebelumnya jenazah dikremasi. Janariyah meminta publik untuk tidak langsung percaya pada segala hal yang pernah dikatakan Laura. Saat menjadi saksi di sidang Gaga, Janariyah juga menyebut Laura pernah menyebar fitnah soal dirinya pernah menggesek kartu ATM miliknya saat Laura sedang tak sadarkan diri.

Terungkap, kan, bagaimana sikap dan perlakuan keluarga Gaga selama ini pada Laura.

Ivan Gunawan – ‘Halu’ Culture

Sukses bikin gempar media sosial saat ia memperkenalkan dua bonekanya yang diberi nama Miracle dan Marvelous sebagai anak, seperti layaknya bayi sungguhan. Ia bahkan mendedikasikan akun IG khusus kedua ‘bayi’nya, @anakputramahkota, yang sempat mencapai 37 ribu follower. Ia dianggap halu tingkat dewa. Biasanya, boneka akrab dimiliki anak-anak, dan bukan hal aneh jika anak mengajak bonekanya ngobrol. Jadi aneh jika ini dilakukan orang dewasa, terhormat, sukses, dan dianggap punya intelejensi pula. Meski sejak minggu kedua Januari lalu ia sudah ‘insaf’ main boneka, namun tren spirit doll dan ‘halu’ culture di kalangan seleb masih berlanjut. Nah, lho! Coba kalau urus anak beneran, mungkin nggak akan sempat halu-haluan.

Yang perlu dicontoh

Haji Faisal – Sabar, sabar, sabar

Belum habis digelayuti duka, ayah almarhum Bibi Andriansyah, Faisal, masih harus menghadapi kontroversi tiada henti dari pihak besannya. Pasalnya, Doddy mempermasalahkan hak perwalian atas Gala, cucunya. Anehnya, yang dituntut Doddy hanyalah hak perwalian, sedangkan hak pengasuhan akan tetap di tangan keluarga Faisal. Faisal merasa heran, menurutnya, perwalian dan pengasuhan menjadi satu paket. Doddy juga berkali-kali mengusiknya, melaporkannya ke Komnas Anak dan KPAI, sampai mempermasalahkan penggalangan dana untuk Gala. Dalam setiap jumpa pers di media, Faisal tak pernah sampai berapi-api menanggapinya.

Papa Gabor – Menurunkan Ketegaran

Pria bernama asli Gabor Edelenyi, ayah almarhumah Laura Anna, sering menunjukkan kedekatannya dengan putrinya. Ia juga kerap disebut dalam status IG Laura (@edlnlaura), yang menunjukkan rasa cintanya pada sang ayah. Semasa sehat, Laura kerap memamerkan foto bersama ayahnya saat traveling. Di akhir masa hidupnya, Laura dan Papa Gabor sama-sama menghadapi sakit. Laura dengan spinal cord injury dan Papa Gabor dengan kondisi kanker luring. Saat prosesi, Papa Gabor menunjukkan ekspresi kesedihanya yang teramat mendalam. Ia menyentuh wajah dan menciumi jenazah Laura yang terbaring di peti. Dalam salah satu statusnya, Laura juga pernah menyebut bahwa kekuatan dan ketegarannya menjalani kehidupan menurun dari sang ayah.

Larissa Chou- Kesampingkan Ego

Apa pun yang terjadi dalam hubungan dengan pasangan, tanggung jawab dan relasi sebagai orang tua tidak akan pernah putus. Setelah berpisah dari Alvin Faiz, Larissa tampak bahagia menjalani hidup sendiri. Ia tak pernah menanggapi berbagai gosip miring yang menerpa mantan suaminya. Larissa juga tak pernah menjelek-jelekkan Alvin. Sejak Alvin menikah lagi, baru kemarin (13/1) Alvin memamerkan kebersamaannya dengan Yusuf, anak kandungnya dengan Larissa, di IG story-nya. Larissa pun mengomentari, “Enjoy your time, nak. Yang baik-baik sama Abi, ya. Titip si gemas, ya, Vin,” tulis Larissa. Sudah saatnya hidup harus move on, namun anak tetap membutuhkan sosok ayah kandungnya.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top