banner-detik
KIDS

15 SD Swasta Favorit di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Para Orang Tua

author

Katharina Menge07 Jan 2022

15 SD Swasta Favorit di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Para Orang Tua

Jika berencana memilih SD swasta favorit di Jakarta untuk anak, maka Anda wajib membaca daftar yang dirangkum Mommies Daily berikut ini!

SD swasta favorit pasti akan banyak dicari oleh para orang tua jelang tahun ajaran baru. Semua dibandingkan untuk mendapatkan tempat mengenyam pendidikan terbaik bagi si kecil. Melihat kebutuhan itu, berikut rangkuman daftar 15 SD swasta favorit di Jakarta yang bisa jadi pertimbangan Anda. Lihat daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 SD Negeri Favorit Di Jakarta

Daftar SD Swasta Favorit di Jakarta

1. SD Cikal

Nama SD Cikal sering jadi salah satu pilihan sekolah swasta untuk anak-anak. Selain terletak di Cilandak, SD Cikal juga ada di Serpong, Tangerang Selatan, dan beberapa daerah di Indonesia lainnya. SD Cikal banyak difavoritkan karena menekankan pendidikan karakter pada anak dan punya fasilitas teacher support. Setiap awal tahun ajaran, para guru dan orang tua bersama-sama menentukan target dan pencapaian anak dalam satu semester.

2. SD Kupu-Kupu

SD Kupu-Kupu masuk ke dalam daftar SD swasta favorit di Jakarta karena memiliki concern terhadap kebudayaan Indonesia. Selain itu, ada ruang terbuka dan kebun yang cukup luas untuk anak-anak aktif bergerak. Ada juga guru penunjang belajar yang akan mendampingi siswa yang kesulitan secara akademik atau non-akademik.

3.SD Al-Azhar Pusat

Untuk orang tua yang menginginkan pendidikan agama Islam terbaik untuk si kecil, Al-Azhar Pusat jadi salah satu pilihan SD swasta favorit mereka. Selain fokus pembelajaran agamanya kuat, sekolah ini juga sudah menggunakan kurikulum cambrigde dan menawarkan jenjang pendidikan yang berkelanjutan. Jadi, tidak perlu bingung lagi memilih sekolah berikutnya.

4. SD Kembang

Para pendidik di SD Kembang fokus mendampingi murid-muridnya belajar, menjadi rekan diskusi dan teman bertanya. Kelebihan lainnya, Setiap tema, sumber belajar, dan pilihan kegiatan disiapkan berdasarkan kebutuhan murid. Sosok guru di sini tidak hanya sumber ilmu pengetahuan, tetapi juga mendorong setiap anak berkembang menjadi pembelajar mandiri.

5. SDK 6 BPK Penabur

Jika Anda mencari sekolah kristen untuk anak, SDK 6 BPK Penabur adalah salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Sekolah ini mengutamakan pembentukan karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab. SDK BPK 6 Penabur juga rutin mengadakan deretan kegiatan tahunan yang mendukung pendidikan si kecil.

6. SD Bina Gita Gemilang

Selain menerapkan kurikulum internasional Cambridge, SD Bina Gita Gemilang juga menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar mata pelajaran Math, Science, dan English, serta untuk percakapan sehari-hari. Salah satu fasilitas andalannya adalah Perpustakaan. Ada pula ruang musik dan area terbuka di atap untuk praktik menanam tumbuhan yang mungkin akan disukai anak.

7. HighScope Indonesia

Di tengah pandemi, sekolah HighScope Indonesia menerapkan sistem Home-Based Interactive Learning (HBIL) untuk memastikan kondisi siswa kondusif dan aman selama proses belajar. Siswa juga dibekali dengan take home kit atau alat-alat pembelajaran dari sekolah. Ada juga sesi privat antara guru dengan orangtua untuk memaksimalkan penggunaan sumber, baik digital dan juga teknologi.

BACA JUGA: Biaya Masuk Sekolah Dasar Tahun 2022 di Bogor

8. SD Global Islamic School

Menerapkan sistem Student Centered Oriented, salah satu SD swasta favorit di Jakarta ini percaya bahwa guru bukan hanya sumber pengetahuan, tetapi juga berperan sebagai fasilitator, edukator, dinamisator, motivator, dan evaluator. SD Global Islamic School juga menerapkan Kurikulum Nasional Plus bermuatan Islam yang nilai-nilainya diterapkan dalam semua aspek pembelajaran.

9. SD Gemala Ananda

Kalau mencari SD swasta favorit di Jakarta dengan pengantar bahasa Indonesia, maka Anda bisa memasukkan SD Gemala Ananda ke dalam daftar. Sekolah ini juga menerapkan metode Brain-based learning, yaitu cara belajar yang selaras (compatible) dengan cara kerja otak, serta sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

10. SD Pelita

Membentuk karakter peserta didik jadi berprestasi dan memiliki akhlak baik serta rasa peduli terhadap lingkungan melalui perbuatan yang mulia adalah visi misi utama dari SD Pelita. Tentu saja metode pembelajaran agama Islam jadi dikemas lebih banyak dan mendalam dengan menerapkan teknik pembelajaran yang mengutamakan efektifitas, proses kreatif, dan daya mandiri si kecil.

11. SD Perguruan Cikini

SD Perguruan Cikini menerapkan metode pembelajaran Active Learning dan telah menggunakan multimedia sebagai kegiatan belajar. Di kelas, siswa akan diajar oleh dua orang guru dengan metode bilingual. Satu guru sebagai ahli, satu lagi sebagai pendamping dan menyampaikan pengajaran dalam bahasa Inggris.

12. Sekolah Citra Alam

SD swasta favorit di Jakarta ini menerapkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan beberapa kegiatan dari berbagai kurikulum internasional. Sekolah Citra Alam juga menerapkan kurikulum karakter yang berlandaskankan Asmaul Husna serta kurikulum alam yang mengajak siswa mengikuti proses pembelajaran program dengan memanfaatkan alam sebagai tempat dan media belajar.

13. SD Don Bosco

Dengan menekankan semangat Bosconian untuk seluruh civitas akademik, Sekolah Don Bosco mengajarkan lima karakter utama kepada murid-muridnya, yaitu integritas, kreativitas, kepemimpinan, kasih sayang, dan rasa syukur. Pembelajaran juga mengarah pada keakraban, sesuai dengan akal budi dan norma agama yang dilakukan secara bebas tapi terarah, dengan guru menempatkan diri sebagai teman dan motivator.

14. Green Montessori School

Metode montessori mendukung anak untuk belajar dengan ritmenya sendiri, mengutamakan pemikiran independen, rasa percaya diri, dan cara berpikir kritis anak. Metode inilah yang diterapkan di Green Montesorri School dalam metode pembelajaran mereka. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, bahkan tahun 2019 lalu, SD swasta favorit di Jakarta ini dinominasikan sebagai sekolah sehat dan bersih oleh pemerintah DKI Jakarta.

15. Gandhi Memorial International School

Sebagai salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia, Gandhi Memorial International School masuk dalam daftar SD swasta favorit di Jakarta. Dengan mengadopsi kurikulum International Baccalaureate (IB), sekolah ini fokus pada pertumbuhan anak dengan mengembangkan berbagai kemampuan anak, mulai dari akademik, fisik, sosial, emosional, dan budaya.

BACA JUGA: 4 Masalah Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan