Now Reading
Buku “Guidance for Pandemic Generation” untuk Bantu Orang Tua di Masa Pandemi

Buku “Guidance for Pandemic Generation” untuk Bantu Orang Tua di Masa Pandemi

Dhevita Wulandari
guidance for pandemic

Dalam membantu orang tua di masa pandemi, buku “Guidance for Pandemic Generation” oleh Popmama hadir dalam bentuk e-book.

Pada Senin, 27 Desember 2021, Popmama.com menyelenggarakan sesi berjudul “Bedah Buku Guidance for Pandemic Generation by Popmama.com” pada sesi terakhir dari rangkaian acara Popmama.com Parenting Academy 2021. Buku panduan parenting yang secara khusus disusun oleh tim Popmama.com ini berisi tips untuk para orang tua dalam mendampingi pertumbuhan anak mereka di masa pandemi.

Pembuatan buku ini pun dilatarbelakangi oleh kondisi anak-anak yang lahir dan tumbuh besar di masa pandemi, di mana mereka mengalami hal-hal yang berbeda dengan anak pada umumnya sebelum masa pandemi. Sehingga, muncul banyak pertanyaan dan kekhawatiran dari para orang tua tentang dampak pandemi bagi tumbuh kembang anak.

BACA JUGA: 8 Perubahan Mental Anak Setelah Melalui Pandemi yang Panjang

Lalu, apa saja hal yang memengaruhi tumbuh kembang anak di masa pandemi saat ini? Berikut ulasannya dari bedah buku Guidance for Pandemic Generation by Popmama.com.

Popmama Parenting Academy

1. Pengaruh pandemi pada tumbuh kembang anak

Pola interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya banyak berubah saat pandemi yang telah berlangsung hampir 2 tahun ini. Jika sebelumnya anak-anak bisa bebas bermain di luar dan bertemu dengan orang banyak, bagi anak-anak yang lahir dan tumbuh di masa pandemi tidak punya kesempatan yang sama.

Kegiatan sekolah juga harus dilakukan secara daring dan kegiatan bermain di luar rumah harus dibatasi, sehingga kebanyakan waktu anak banyak habis di rumah saja. Padahal banyak sekali hal yang perlu dipelajari anak-anak di luar rumah, seperti kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, mengenal alam, hingga melakukan aktivitas fisik.

2. Pembuatan buku melibatkan narasumber ahli

Proses pembuatan buku berlangsung sejak Agustus 2021. Sandra Ratnasari, Pemimpin Redaksi Popmama.com menjelaskan bahwa pengumpulan data dimulai dengan melakukan focus group discussion (FGD) bersama komunitas. Kemudian, proses melengkapi data juga dilakukan dengan riset internal dan dengan pendapat para narasumber ahli yang turut terlibat, seperti Vera Itabiliana (Psikolog Tiga Generasi), Rosdiana Setyaningrum (Psikolog), dr. Cynthia Rindang K., Sp.A (Dokter Spesialis Anak RSPI Puri Indah), Rista Zwestika, CFPR (Head Advisory & Financial Planning Finansialku.com), dan Ni Luh Putu Maitra Agastya (Peneliti Senior Pusat Kajian & Advokasi Perlindungan & Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia).

3. Mengulas empat pilar

Buku yang akan diluncurkan dalam bentuk e-book di website Popmama.com ini akan difokuskan pada empat pilar utama, yaitu kesehatan anak, pendidikan anak, kekerasan pada anak, dan ekonomi keluarga. Bukan cuma berfokus pada masalah yang dihadapi anak, buku ini juga dapat membantu para orang tua dalam mempersiapkan diri mereka menjadi pendamping yang baik bagi anak.

Misalnya seperti tentang kesehatan mental. Ketika orang tua mengalami kelelahan atau stres akibat pandemi, maka orang tua diharapkan harus bisa menangani hal tersebut dengan tepat agar tidak berdampak pada perkembangan mental anak.

Selain tiga poin di atas, hadirnya buku Guidance for Pandemic Generation by Popmama.com ini diharapkan dapat membantu para orang tua dalam menghadapi tantangan-tantangan dengan anak.

BACA JUGA: Kesehatan Mental Anak-anak dan Remaja Selama Pandemi COVID-19

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top