Now Reading
Kenali Gejala dan Jenis Buta Warna pada Anak

Kenali Gejala dan Jenis Buta Warna pada Anak

Dhevita Wulandari
buta warna pada anak

Ada berbagai gangguan mata yang dapat terjadi pada anak, salah satunya adalah buta warna. Mari kenali tanda dan gejalanya di sini.

Meski selalu bersama anak setiap hari, orang tua tidak akan tahu apa yang dilihat oleh si kecil. Tidak hanya orang dewasa, bayi dan anak juga berisiko mengalami gangguan penglihatan. Dari berbagai gangguan mata yang dapat terjadi, buta warna menjadi salah satu yang mungkin terjadi pada anak.

Ketika anak mengalami buta warna, anak sebenarnya tetap dapat melihat warna. Hanya saja, ia tidak tahu warna yang ia lihat berbeda dengan yang dilihat oleh orang lain.

Ada bermacam-macam penyebab buta warna yang dapat terjadi pada Si Kecil. Dilansir dari Mayo Clinic, salah satu penyebabnya adalah keturunan genetik. Namun, Mommies tidak perlu khawatir berlebihan. Sebaiknya kenali terlebih dulu 5 tanda dan gejala buta warna pada anak agar dapat ditangani lebih awal dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

BACA JUGA: Kesehatan Mata Anak: Mengenal Miopi atau Rabun Jauh pada Anak

1. Ada dua warna yang sama

Jika Mommies bertanya pada anak tentang sebuah warna, lalu anak menjawab samar atau seperti ada dua warna yang sama, ini dapat menjadi tanda bahwa anak mengalami buta warna. Namun, gejala ini bukan semata-mata menunjukkan anak memang buta warna.

2. Peka terhadap cahaya

Apabila Si Kecil mengalami terlalu peka terhadap cahaya, ini juga merupakan salah satu tanda buta warna. Terutama, pada saat ia sedang mengerjakan suatu pekerjaan atau kegiatan.

3. Kesulitan membedakan warna

Tanda lainnya Si Kecil mengalami buta warna adalah saat ia sulit membedakan mana warna merah dan hijau, atau biru dan kuning. Situasi ini biasanya terjadi saat ia sedang menggunakan pensil warna, melihat suatu gambar, dan sebagainya.

4. Objek dan warna tidak cocok

Ketika anak mengatakan bunga berwarna ungu di pohon, ini merupakan tanda yang sangat jelas. Biasanya, warna yang dianggap salah adalah warna-warna yang gelap.

5. Lama memilih warna

Mommies dapat mengecek apakah Si Kecil mengalami buta warna atau tidak dengan mewarnai. Mengajak anak untuk mewarnai dan memilih warna, akan membuat Mommies mengenali berbagai gejala yang mungkin dialami anak. Salah satunya adalah lama memilih warna.

Caranya dengan meminta anak untuk memilih warna. Apabila ia sulit menentukan dan memilih warna yang diminta, mungkin itu bisa menjadi tanda yang jelas untuk Mommies mengetahui buta warna pada si Kecil. Selain itu, ada cara lain yang dapat membantu Mommies mengenali gejala yang terjadi pada anak yaitu apabila anak dapat melihat dengan jelas pada malam hari atau jika indra penciuman anak luar biasa bagus.

Jika Mommies masih ragu dan khawatir apakah anak memang benar mengalami gejala buta warna atau tidak, sebaiknya bawa dan periksakan ke rumah sakit atau spesialis untuk diperiksa.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Tentang Strabismus atau Mata Juling pada Anak

Nah, tadi adalah 5 tanda dan gejala buta warna pada anak. Lalu, bagaimana dengan jenis buta warna yang dapat terjadi pada anak? Baca di halaman selanjutnya ya, Mommies.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top