banner-detik
KIDS

Vaksin COVID Anak 6 - 11 Tahun dimulai Besok dengan Menggunakan Sinovac

author

fiaindriokusumo13 Dec 2021

Vaksin COVID Anak 6 - 11 Tahun dimulai Besok dengan Menggunakan Sinovac

Vaksin COVID anak 6 – 11 tahun akan mulai dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2021. Berita menyenangkan di akhir tahun ya :). 

Untuk Mommies yang memiliki anak usia di bawah 12 tahun selama masa pandemi pasti sudah menanti-nanti kapan Si Kecil bisa mulai divaksin. Dan akhirnya penantian panjangnya terjawab sesuai yang disampaikan  oleh Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian RI, dr Maxi Rein Rondonuwu.

Menurut dokter Maxi Rein, vaksinasi COVID-19 dengan jumlah sasaran mencapai 26,8 juta anak akan dilakukan secara bertahap hingga tahun depan, di mana hari selasa besok akan dilakukan kick off di beberapa daerah, dikutip dari situs Kemenkes RI.

Vaksin Covid untuk anak  yang digunakan untuk sementara adalah Sinovac karena sudah mendapatkan Emergency Use Autorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

“Ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang, sehingga ini (vaksinasi untuk anak) tidak akan putus,” tutur Dirjen Maxi.

Penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi, peserta vaksin harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi.

Tempat pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya baik pemerintah maupun swasta termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra vaksinasi.

“Termasuk yang kami harapkan pos pelayanan vaksinasi di sekolah atau satuan pendidikan lainnya, atau lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan,” kata Dirjen Maxi.

Jadi sudah siap mengajak Si Kecil untuk mendapatkan vaksin Covid-19?

Sumber artikel:

Satu

Dua

Baca juga:

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Varian Omicron

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan