Now Reading
7 Impian Saya Sebagai Seorang Ibu

7 Impian Saya Sebagai Seorang Ibu

Sisca Christina
Impian Seorang Ibu

Kalau dibuat list, rasanya nggak bakalan cukup empat halaman buat memaparkan berbagai impian saya sebagai seorang ibu. Setidaknya, ini tujuh di antaranya.

Menjadi ibu adalah perjalanan panjang dan melelahkan, bahkan nggak jarang bikin mabuk perjalanan. Tapi seletih-letihnya menjalani peran ibu, kita nggak pernah berhenti bermimpi dan berharap untuk menjadi ibu terbaik versi masing-masing kita.

Di awal menjadi ibu delapan tahun yang lalu, kebanyakan impian saya bersifat lahiriah. Ingin anak tumbuh sempurna secara fisik, sehat lahir dan batin, tumbuh kembang optimal, anak cerdas dan seterusnya. Seiring anak semakin besar, impian saya tak lagi soal lahiriah. Saya punya impian yang lebih dalam lagi tentang diri saya pribadi dan anak-anak saya. Kebanyakan impian ini belum terwujud, atau masih saya upayakan terus untuk terwujud. Ini tujuh di antaranya.

Menjadi sahabat bagi anak-anak

Ketika anak-anak lahir, kita sudah otomatis jadi orang tua. Tapi otomatis jadi sahabat bagi anak-anak? Nanti dulu. Butuh upaya membangun hubungan hingga kita bisa jadi orang yang anak-anak tuju ketika butuh tempat berbagi. Saya rindu menjadi ibu sekaligus sahabat buat anak-anak. Tempat mereka sharing berbagai hal, hingga dewasa nanti. Nggak mudah, karena dari mereka kecil artinya saya udah harus belajar untuk nggak mengabaikan perasaan dan kebutuhan anak-anak untuk dekat dengan saya, sesibuk dan serepot apapun saya.

Anak-anak tumbuh bijaksana

Nggak sekedar baik dan pintar. Di atas segalanya itu, bijaksana adalah hal pertama yang saya doakan kepada Tuhan agar anak-anak saya memiliki hati yang bijaksana. Buat saya, bijaksana itu jauh melebihi baik. Bijaksana artinya mampu menimbang perkara secara adil, rasional namun tetap rendah hati. Saya rindu anak-anak tumbuh menjadi pribadi dewasa yang bijaksana kelak. Bijak bagi dirinya dan dalam hidup bermasyarakat.

Bisa memberi kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak-anak untuk mengenal dan mengalami banyak hal

Motivasi saya bekerja salah satunya agar saya mampu menyediakan lebih banyak kesempatan kepada anak-anak saya untuk mengalami dan melakukan banyak hal. Bisa melalui les-les yang amat beragam seperti olah raga, musik dan keterampilan lainnya, belajar mengenal dan mencintai lingkungan, dan belajar mengenal kegiatan sosial dan sebagainya. Jadi, nggak melulu soal akademis.

Anak-anak hidup beriman kepada Tuhan

Pasti semua ortu ingin anak-anaknya hidup seturut ajaran agama. Bukan sok rohani, sih, namun dalam hidup, bisa saja nantinya anak berada di titik terendah, bahkan mungkin dalam kebimbangan. Tapi kalau anak-anak hidup beriman, setidaknya mereka nggak akan sampai jatuh.

Anak-anak tumbuh tangguh

Sebagai seorang ibu, saya juga punya impian agar anak-anak saya tumbuh menjadi pribadi yang nggak mudah menyerah, ulet dan tahan banting. Bukan berarti mereka nggak boleh sedih lho ya, atau malah jadi nggak peka dengan keadaan sekitar. Melainkan, saya berharap anak-anak nggak lekas menyerah begitu menemui kesulitan. Sebab, hidup ini keras!

Merdeka secara finansial di masa tua

Kalo ini, pasti impian semua ibu. Semua pasti pengen merdeka secara finansial di usia semuda mungkin. Tapi kalau saat ini belum bisa, minimal nanti di masa tua. Bisa menikmati masa tua tanpa kekhawatiran soal keuangan itu salah satu impian saya sebagai seorang ibu. Bisa tetap rutin piknik bareng keluarga tanpa beban, memiliki passive income, tenang mendampingi anak ke tahapan hidup mereka selanjutnya. Semoga saya bisa mewujudkan impian saya ini, demi masa tua yang tenang dan indah.

Tetap aktif berkarya hingga usia menua dan jadi inspirasi bagi ibu lain

Di samping banyak kekurangan saya sebagai seorang ibu, saya punya satu hal yang saya yakini anak-anak akan contoh dari saya, yaitu: mandiri, bertanggung jawab dan seorang pekerja keras. Saya ingin tetap bisa aktif berkegiatan semampu saya di masa tua. Tapi, bukan lagi untuk mengejar kemapanan karir (kan ceritanya udah mapan, hahaha), tapi untuk mengisi masa tua supaya pikiran dan raga tetap aktif, supaya saya bisa jadi inspirasi bagi anak-anak saya, dan bagi ibu-ibu muda nantinya.

Kira-kira, itulah impian saya sebagai seorang ibu. Gimana dengan mommies, samakah impiannya dengan saya, atau ada impian lainnya? Share, yuk!

Baca juga: 7 Kesalahan Orang Tua dalam Mengasuh Strong Willed Child

Foto: Freepik

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top