Now Reading
Begini Cara Atasi Rayap di Rumah Agar Furnitur Kayu Tetap Aman

Begini Cara Atasi Rayap di Rumah Agar Furnitur Kayu Tetap Aman

Bagaimana cara atasi rayap di rumah agar koleksi furnitur kayu Mommies tetap aman? Simak saran berikut ini.

Sering dengar namanya disebut tapi mungkin Mommies nggak tahu persis seperti apa bentuk rayap, bagaimana mereka bekerja, dan kerusakan semacam apa yang bisa mereka sebabkan.

Rayap adalah hama yang berhabitat di furnitur kayu seperti kusen jendela, pintu, lemari, kursi, dan meja. Hewan yang dikenal juga dengan sebutan semut putih ini dapat menggerogoti perabotan kayu di rumah hingga menyebabkan kerusakan. Seperti lebah dan semut, rayap merupakan hewan koloni yang melakukan pekerjaan secara bergotong-royong. Rayap diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok:

  • rayap kayu basah,
  • rayap kayu kering,
  • rayap bawah tanah.

Ketiganya sama-sama dapat menyebabkan kerugian besar. Namun, yang paling merusak dari ketiga jenis tersebut adalah rayap bawah tanah yang mampu merusak kayu di dalam rumah hanya dalam waktu tiga bulan.Rayap bawah tanah membentuk rumah mereka di tanah, tempat mereka terstruktur menjadi koloni yang terdiri dari ratu, pekerja dan tentara. Untuk melancarkan aksinya, rayap membuat terowongan dan mencari sumber makanan.

Rayap pekerja berwarna putih mirip dengan belatung tetapi dengan kaki dan kemampuan untuk berjalan. Jenis ini menyebabkan sebagian besar kerusakan struktural, karena merekalah yang memberi makan pasukan tentara dan ratu.

Rayap tentara tidak terlalu terlihat di luar, mereka memiliki kapsul kepala yang lebih gelap dan mandibula besar yang digunakan untuk mempertahankan koloni. Sementara itu, ratu juga jarang terlihat di tempat terbuka, karena tugasnya adalah bertelur.

Sama seperti kebanyakan hewan lain, rayap juga bisa menggigit dan gigitannya menyebabkan rasa sakit meski tak meninggalkan bekas. Karena sepak terjang rayap bisa merugikan kita, maka membasmi mereka adalah pilihan satu-satunya.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Untuk Usir Rayap di Rumah

Cara atasi rayap di rumah

Agak repot memang, tapi tak ada cara lain untuk mengatasi rayap selain Mommies harus menggunakan jasa profesional. Karena jika Mommies tetap nekat mencoba melakukan sendiri pembasmian rayap, usaha Anda bakal sia-sia. Ini karena rayap memiliki kemampuan untuk berpindah dengan cepat ke bagian lain dari rumah.

Dilansir dari Apartment Theraphy, cara terbaik yang dapat Mommies lakukan hanyalah segera menghubungi pengontrol hama berlisensi dan profesional untuk membasmi rayap. Kerusakan seringkali sangat tersembunyi dan sangat sulit untuk dideteksi oleh mereka yang tak terlatih berurusan dengan rayap.

Seorang profesional dapat mengetahui ruang perayapan dan menilai tingkat masalah serta perawatan yang diperlukan. Setelah mengetahui situasinya, pembasmi rayap biasanya akan menggunakan termitisida cair di sekitar fondasi rumah untuk membuat penghalang atau menempatkan umpan rayap.

Meski tak dapat dibasmi secara tuntas, masih ada cara mencegah rayap masuk rumah dan merusak furnitur Mommies.

Mengutip dari The Hindu, terdapat tiga cara sederhana untuk mencegah rayap di furnitur kayu yaitu:

1. Menghilangkan kelembapan

Rayap amat menyukai kayu yang basah dan lembap. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat Mommies lakukan adalah menghilangkan kelembapannya. Perbaiki pipa yang bocor, ceruk pancuran, atau pipa bawah yang berkarat. Mommies juga dapat melakukan pembersihan dan pemeliharaan talang secara teratur dan memastikan semua talang air berfungsi dengan baik.

2. Memeriksa fondasi bila ada retakan

Jika ingin memeriksa retakan fondasi untuk mengecek adanya rayap, Anda perlu meminta bantuan kontraktor beton profesional dan segera memperbaikinya. Cara yang satu ini terbukti efektif memblokir akses rayap ke rumah Anda.

3. Periksa area furnitur kayu yang paling rentan

Furnitur kayu yang paling rentan terkena rayap adalah sisi yang menempel pada dinding dan tidak terlihat oleh kita setiap hari, misalnya:
• Sisi unit dinding/ lemari pakaian/ lemari/ lemari yang bersentuhan langsung dengan dinding.
• Area bawah lemari/ rak lemari pakaian yang berada tepat di atas lantai.
• Kusen pintu dan jendela kayu yang dipasang di dinding.

Nah, itulah cara yang dapat Mommies lakukan untuk mencegah rayap. Semoga rumah Anda senantiasa aman dan terhindar dari hama yang satu ini.

Baca juga: Tips Bersihkan Kasur dan Rekomendasi Jasa Bersih Kasur

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top