banner-detik
KIDS

Hati-hati! 8 Kesalahan Pakai Masker Ini Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Omicron

author

Fannya Gita Alamanda04 Dec 2021

Hati-hati! 8 Kesalahan Pakai Masker Ini Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Omicron

Pendemi belum usai, kita tak boleh lengah. Salah satu cara lebih waspada adalah dengan menghindari delapan kesalahan pakai masker berikut ini.

Pandemi COVID-19 belum terlihat kapan akan berakhir. Masyarakat dunia kini semakin khawatir dengan munculnya varian baru B.1.1.529 atau Omicron. Terutama mereka yang harus melakukan aktivitas di luar rumah dan melakukan interaksi tatap muka. Salah satu cara menjaga diri dari COVID-19 adalah dengan menggunakan masker secara benar. Ada informasi penting, Mommies.

Beberapa waktu lalu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan, tak semua jenis masker aman digunakan.

Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Selain kesalahan tersebut, ada beberapa kesalahan penggunaan yang membuat fungsi masker terganggu:

1. Memakai Masker Terlalu Longgar
Saat menggunakan masker, hal pertama yang harus diperhatikan yakni ukuran masker. Agar efektif melindungi diri dari virus Corona, ukuran masker harus pas di wajah. Semakin longgar ukuran masker, itu akan memungkinkan banyak udara termasuk airborne masuk ke dalam hidung dan mulut. Jika itu terjadi, masker yang dipakai tidak berfungsi maksimal.

2. Memakai Masker di Bawah Dagu
Kesalah yang paling sering dilakukan. Saat akan berbicara atau menghirup udara sebentar, pasti orang akan menurunkan masker yang dipakai sampai ke dagu.
Jika ini dilakukan, kita tidak pernah tahu virus apa yang menempel pada bagian dagu. Saat masker digantung di dagu dan dipakai kembali, sangat berisiko tinggi menularkan berbagai virus.

3. Menggunakan Masker Berongga
Masker yang paling disarankan untuk mencegah penyebaran virus corona yakni dengan beberapa lapisan dan rapat.
Hindari pemakaian masker yang berbahan tipis dan memiliki banyak rongga. Jenis ini, tidak akan membantu mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

4. Pakai Masker Hanya Menutupi Lubang Hidung
Virus Corona diketahui bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang hidung dan mulut. Namun, bukan berarti masker hanya digunakan untuk menutupi lubang hidung saja.
Masker yang kita gunakan harus menutup seluruh bagian, dari pangkal hidung hingga ke dagu.

Berdasarkan video dalam kanal YouTube Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berjudul ‘How to Wear Medical Mask’, masyarakat disarankan agar memakai masker dari pangkal hidung, mulut, dan dagu, sampai tertutup rapat tanpa celah.

Untuk empat kesalahan pakai masker berikutnya, bisa Mommies baca di halaman ini ya.

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan