Now Reading
Obesitas Hingga Kematian Dini, Waspada Bahaya Tidur Terlalu Lama!

Obesitas Hingga Kematian Dini, Waspada Bahaya Tidur Terlalu Lama!

kebiasaan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya kurang tidur saja yang memberikan masalah kesehatan. Terlalu lama tidur juga berdampak buruk bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian dini.

Selama ini, Mommies mungkin mengetahui bahwa kurang tidur bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Mulai dari fisik hingga mental. Tidur di bawah 7-8 jam per hari diketahui bisa membuat kita rentan terkena beberpa penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke hingga kanker. Selain itu, tak cukup tidur juga berdampak pada suasana hati—memicu kecemasan hingga depresi.

Namun ternyata,  bukan hanya kurang tidur saja yang menyebabkan masalah kesehatan. Waktu tiur yang berlebihan juga berdampak buruk bagi tubuh. Disebut dengan hipersomnia, diketahui ada 2% populasi manusia yang mengalami kondisi ini. Biasanya ditandai dengan tidur lebih dari 9 jam sehari dan terjadi dengan sering.

BACA JUGA: 4 Posisi Tidur Terbaik Agar Terlelap dengan Nyenyak

Apa saja dampak kesehatan dari tidur terlalu lama?

Bahaya tidur terlalu lama

1. Diabetes

Risiko penyakit diabetes dapat meningkat pada orang yang kurang tidur maupun yang berlebihan (hipersomnia). Ini karena tidur berkaitan dengan proses metabolik dan produksi insulin.

2. Obesitas

Tidur terlalu lama bisa membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 9 atau 10 jam setiap hari, berisiko 21 persen mengalami obesitas dalam enam tahun ke depan. Angka risiko ini lebih tinggi dibanding orang-orang yang tidur 7-8 jam per hari. Bahkan, jika pola makan dan olahraga sudah dikontrol, tetapi waktu tidur tetap berlebihan, potensi obesitas masih tetap bisa terjadi.

BACA JUGA: Mengenali Berbagai Masalah Tidur pada Anak

3. Sakit kepala

Pernahkah Mommies merasakan pusing setelah bangun tidur? Nah, kondisinya lebih parah pada mereka yang tidur berlebihan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa banyak orang yang melaporkan mengalami sakit kepala setelah tidur terlalu lama. Para ilmuwan menduga, hal ini terjadi karena tidur berlebihan mengganggu neurotransmitter di otak.

4. Sakit punggung

Masalah kesehatan lain yang muncul akibat waktu tidur yang berlebihan adalah sakit punggung. Kemungkinan besar ini terjadi karena tubuh kurang gerak sehingga tulang, otot, dan sendi menjadi kaku.

Untuk mengetahui bahaya lainnya, silakan klik halaman selanjutnya ya, Mommies!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top