Now Reading
Panu Pada Anak: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Panu Pada Anak: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

panu pada anak

Si Kecil memiliki panu? Jangan panik dan khawatir Mommies, ketahui penyebabnya dan cara apa yang bisa dilakukan untuk mengobati panu pada anak. 

Panu merupakan infeksi kulit yang biasanya disebabkan oleh jamur. Jamur ini mengganggu pigmentasi normal kulit, menghasilkan bercak-bercak kecil yang warnanya tidak beraturan, biasanya lebih teramg dari warna kulit asli. Panu kerap muncul di tubuh, wajah ataupun leher. Penyakit ini juga biasanya menyerang anak-anak dan remaja.

Panu memang tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menular, tetapi itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada Si Kecil dan bisa memengaruhi rasa percaya dirinya. Agar bisa mengatasi panu pada anak, simak penjelasan selanjutnya mengenai penyakit kulit tersebut.

Gejala

Munculnya bercak (biasanya berwarna putih) di kulit merupakan gejala utama dari kondisi ini.  Panu bisa muncul di punggung, dada, leher, lengan bagian atas, hingga wajah. Lebih lanjut, panu biasanya ditandai dengan:

  • Munculnya bercak dengan warna lebih terang pada kulit yang agak gelap
  • Bercak dengan warna yang lebih gelap pada kulit terang
  • Bentuknya bulat tetapi tidak beraturan
  • Agak sedikit bersisik
  • Ada yang mengalami rasa gatal dan tidak
  • Terlihat jelas karena kontras dengan warna asli kulit

ilustrasi panu pada anak

Infeksi bisa terjadi jika suhu di luar ruangan sangat panas atau udara terlalu lembap. Apabila terpapar sinar matahari berlebihan, panu bisa terasa perih dan berkembang di beberapa wilayah tubuh lainnya.

BACA JUGA: Mongolian Spot, Bercak Biru Pada Kulit Bayi, Aman atau Berbahaya?

Penyebab munculnya panu

Panu terjadi ketika jamur menyerang lapisan terluar kulit. Meski begitu, ada beberapa faktor lain yang memicu berkembangnya jamur menjadi semakin parah sehingga menyebabkan panu. Berikut di antaranya:

  • Suhu yang terlalu panas atau lembap
  • Memiliki kulit berminyak
  • Keringat berlebihan
  • Perubahan hormon
  • Sistem kekebalan tubuh terganggu

Cara mengobati panu pada anak

Untuk mengatasi panu pada anak, Mommies sebaiknya langsung berkonsultasi kepada dokter. Apalagi jika bercak-bercaknya banyak muncul di area tubuh Si Kecil. Dokter biasanya akan memberika resep obat oles antijamur oleh dokter. Ya, ada krim dan lotion yang memang berfungsi memusnahkan jamur di kulit, biasanya memiliki kandungan ketoconazole atau clotrimazole.

Namun, perlu diingat bahwa biasanya pengobatan ini ditujukan pada kondisi yang tidak terlalu parah. Mommies bisa mengoleskan krim atau lotion ke atas panu dan tunggu warna kulit normal kembali setelah beberapa minggu.

BACA JUGA: Impetigo: Infeksi Kulit Menular yang Menyerang Anak-anak

Dokter juga biasanya akan menyarankan agar kulit Si Kecil tidak terpapar udara lembap atau sinar matahari yang berlebihan. Hindari anak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Dan jika harus berkegiatan di luar ruangan, kenakan baju panjang yang melindungi kulit.

Selain obat oles, obat minum juga mungkin akan diberikan jika kondisinya memburuk. Oleh sebab itu, penting untuk memantau terus perkembangannya dan jangan berhenti konsultasi dengan dokter ya, Mommies.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top