Now Reading
5 Drakor Yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

5 Drakor Yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

dewdew
drakor kesehatan mental

Banyak juga, lho, drakor yang angkat tentang pentingnya kesehatan mental. Termasuk 5 drakor berikut ini. Mommies sudah nonton yang mana saja?

Hari gini, isu mental health sudah lagi bukan hal yang tabu didiskusikan. Makin banyak individu yang mulai membuka diri dan mengakui kalau dirinya bisa jadi mengalami gangguan mental, lalu mencari bantuan. This is a good thing. Tak lelah berbagai pihak yang berkepentingan mempromosikan mengenai pentingnya isu ini agar bisa disadari oleh semua orang. Salah satu yang getol mempromosikan pentingnya kesehatan mental datang dari dunia hiburan, termasuk drakor. Yes, mommies nggak salah baca, drakor juga banyak, lho, yang mempromosikan pentingnya mental yang sehat. Mau cari drakor yang mengangkat isu kesehatan mental? Coba cek 5 drakor berikut ini, ya.  

Chocolate

drakor kesehatan mental

Drakor yang kelihatannya “delicious” ini ternyata bercerita tentang banyak trauma kehilangan sehingga membuat kedua tokoh utamanya mengalami masalah mental. Moon Cha Young yang diperankan dengan manis oleh Ha Ji Won sampai mengalami serangan panik luar biasa bila dipicu oleh setiap kejadian yang dulu pernah dialaminya. Sayangnya dia sendiri lupa kejadian traumatis itu sampai ia bertemu Lee Kang. Dia pun menyadari peristiwa apa yang telah dia kubur begitu dalam di dalam dirinya. Perjuangan Moon Cha Young untuk mencari cara menerima dan mengatasi trauma hidupnya agar ia bisa menjalani hidupnya dengan bebaslah yang menjadi inti cerita dari drakor ini. 

Sky Castle

Drama Korea ini hits banget di masa penayangannya, sebab alur ceritanya yang sangat relatable dengan kehidupan penuh tekanan para siswa sekolah berbagai level. Yes, di Korea Selatan prestasi akademis sangatlah penting sehingga banyak orangtua yang menuntut anak-anaknya untuk berhasil dalam bidang akademis. Nggak heran kalau tingkat bunuh diri anak-anak di bawah umur sangatlah marak.. Dorongan terus-menerus yang tak kenal lelah membuat anak-anak bekerja terlalu keras, sehingga menyebabkan mereka mengalami gangguan mental, dan berujung depresi. Sedih banget lihat anak-anak di dalam drama ini.  

Baca Juga: 7 Pelajaran Buat Orangtua dari Drama Squid Game

My Ahjussi

Salah satu drama favorit saya, nih, mommies. Bercerita tentang dark side kehidupan di Seoul, Korea Selatan. Yes, salah satu drakor yang menceritakan pahitnya menjadi seorang perempuan miskin di dunia patriarki. Lee Ji An sepanjang hidupnya yang hampir 30 tahun nggak pernah merasakan kebahagiaan, kecuali dari neneknya yang kini jelang menjemput ajal. Ji An nggak pernah beruntung dari kecil, hidup di bawah garis kemiskinan, seakan nggak ada secercah kebahagiaan yang menunggunya di ujung jalan. Ia pun jadi pribadi yang negatif, mencari keuntungan sekecil apapun meski jalannya salah, dan berkutat di lubang depresi. Tapi ini mulai berubah ketika dia bertemu Park Dong Hoon, atasan di kantornya yang pada dasarnya optimis dan penyayang. Dia melihat Ji An berjuang dan mencoba membantunya kapan pun dia bisa, meski Dong Hoon sendiri juga punya masalah hidup yang tak kalah pelik. Sangat menarik melihat kehidupan para losers di sini yang mencoba bertahan hidup.

The Voice I

Kisah pembunuh berantai di drama The Voice selalu menceritakan kalau tokoh antagonisnya rata-rata memiliki gangguan mental. Salah satu yang masih bikin penonton bergidik bila mengingatnya adalah Mo Tae Goo (Kim Jae Wook) yang hobi memecahkan kepala korbannya pakai pemberat. Mo Tae Goo sendiri memiliki gangguan mental NPD atau lebih sering dikenal dengan Narcissistic personality Disorder. Sebenarnya gangguan ini lebih sering ditemukan pada pria dan disebabkan oleh faktor genetik maupun lingkungan. Kalau dalam kasus Mo Tae Goo adalah hubungan yang mengerikan antara dirinya dengan ayahnya. Well, salah satu drama yang bisa ditonton bareng sama pak suami, nih. Salah satu pesan moral yang didapat dari drama ini adalah jika ingin membentuk anak laki-laki yang sehat mental, maka dibutuhkan hubungan yang mesra dan baik dengan sang ayah.  Cus, malam ini nonton bareng.

You Are My Spring

Drama yang belum lama habis masa tayangnya ini menceritakan tentang Kang Da-jeong (Seo Hyun-jin) yang selalu terjebak dalam hubungan yang toxic. Hal ini ada hubungannya dengan masa kecilnya yang selalu melihat ibunya jadi korban KDRT ayahnya. Baik mental maupun fisik. Pertemuannya dengan Joo Young-do (Kim Dong-wook) seorang psikiater cemerlang membawanya dalam perjalanan yang menyembuhkan luka hatinya. Meski Young Do sendiri juga punya luka batin akibat kematian seseorang yang ia sayang. Healing drama yang dibumbui juga dengan misteri kematian bunuh diri dari orang-orang terdekat Da Jeong dan Young Do. Alurnya sendiri berjalan lambat, tapi kalau mommies tipe yang sabar dan suka drama yang manis, ini bisa jadi salah satu drakor tentang kesehatan mental yang bisa dinikmati di akhir pekan.

Ikut quiz: Seberapa Ngefans Mommies Sama Kim Seon Ho?

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top