Now Reading
7 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental: Bisa Redakan Stres

7 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental: Bisa Redakan Stres

Dhevita Wulandari
journaling

Selain seru dan dapat meningkatkan kreativitas, journaling ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Berikut 7 manfaat journaling.

Kegiatan journaling atau menulis jurnal saat ini sedang banyak digemari. Tidak hanya bagi kalangan muda, banyak juga Mommies yang ternyata sudah memulai menulis jurnal, lho. Selain menyenangkan, menulis jurnal ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan mental.

Mengutip dari Web MD, journaling adalah tindakan menyimpan catatan berisi pikiran, perasaan, wawasan pribadi, dan banyak lagi. Menulis jurnal bisa ditulis dan digambar di atas kertas, juga dapat diketik di komputer atau ditulis di tablet. Sehingga penulis jurnal bebas untuk mengeluarkan kreativitasnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

BACA JUGA: Journaling, Kegiatan Nostalgia Sekaligus Menjaga Kesehatan Mental

Bagi sebagian orang, memulai menulis jurnal terasa sulit karena beberapa alasan seperti bingung memulai dari mana, tidak merasa kreatif, dan rasa ingin menulis setiap hari yang terasa berat untuk dilakukan. Namun, jika sudah memulainya pasti akan merasakan perubahan positif dan baik untuk kesehatan mental. Beberapa manfaat journaling juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara psikis, berikut diantaranya.

1. Mengurangi kecemasan

Journaling adalah kegiatan menulis segala sesuatu yang sedang dirasakan, termasuk juga perasaan yang terkait dengan penurunan tekanan mental. Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan berbagai kondisi medis dan kecemasan yang menulis secara online dalam periode 3 kali seminggu dalam 12 pekan dapat mengalami peningkatan rasa bahagia dan mengalami lebih sedikit gejala depresi. Kesehatan mental penulisnya juga akan meningkat secara bertahap selama 12 pekan melakukan journaling.

journaling

2. Melepaskan diri dari overthinking

Overthinking adalah perilaku seseorang yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Jika Mommies termasuk orang yang overthinking dan tanpa sadar terus mengabaikannya, lama-kelamaan perasaan seperti ini bisa membuat sulit fokus dan menimbulkan stres. Mulailah coba menulis tentang perasaan emosional yang dirasakan untuk dapat membantu diri dari pemikiran obsesif dan memikirkan segala hal tanpa henti.

BACA JUGA: Drama Korea yang Mengangkat Tentang Kesehatan Mental

3. Membantu memahami masalah yang ada

Dengan menulis jurnal, seseorang dapat mengungkapkan perasaan yang menyangkut di pikiran dan dapat membantu memahaminya dengan lebih baik. Kegiatan menempatkan pikiran ke dalam kata-kata dan struktur memungkinkan diri kita membentuk persepsi baru mengenai suatu peristiwa yang dialami dalam hidup.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa lagi manfaat menulis jurnal secara rutin yang bermanfaat bagi kesehatan mental yang dapat Mommies baca di halaman selanjutnya.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top